Alhamdulillah, Aqiqah Mandiri Berkah di Berbek

Alhamdulillah, Aqiqah Mandiri Berkah

Assalamu’alaikum wr wb.

Apa kabar sahabat Aqiqah Berkah yang dirahmati Allah ? Semoga kita senantiasa dalam lindungan-Nya dan selalu diberi nikmat sehat. Sholawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Baginda Rasulullah SAW. Semoga kita mendapat syafaat kelak di hari kiamat. Aamiin Ya Robbal ‘Alamin

Sahabat Aqiqah Berkah yang dimuliakan Allah SWT. Alhamdulillah Jasa Layanan Aqiqah Berkah yang terpercaya di Nganjuk dan Jawa Timur telah selesai melaksanakan amanah aqiqah dari para pelanggan kami. Kepercayaan Anda dalam memilih jasa aqiqah menjadi kebanggan Aqiqah Berkah untuk semakin meningkatkan keprofesionalitasan.

Pada bulan Maret, Aqiqah Berkah memperoleh begitu banyak kepercayaan untuk membantu kelancaran aqiqah anak di wilayah Nganjuk dan sekitarnya. banyak diantara pelanggan Aqiqah Berkah yang memilih dengan Paket Aqiqah Mandiri.

Paket Aqiqah Mandiri inilah yang menjadi pilihan utama bagi warga di Nganjuk dan sekitarnya. Salah satu dari sekian pelanggan Aqiqah Berkah di bulan Maret lalu yang dengan sukses dan lancara terlaksana adalah di Kecamatan Berbek Kabupaten Nganjuk Jawa Timur.

Aqiqah Berkah berkesempatan bersilaturahim lagi dengan warga di Kec. Berbek, Nganjuk, Jawa Timur untuk Penyerahan sertifikat Pelaksanaan Aqiqah Mandiri adinda :

IREINA AR ROID
Putri dari Bapak Agus dan Ibu Retno
Dilaksanakan pada hari Senin, 28 Maret 2018
Lokasi : Ds. Tiripan Kec. Berbek Kab. Nganjuk

Pilihan Paket Aqiqah Tipe A 1 ekor kambing betina seharga Rp 1.000.000,-. Alasan pemilihan Paket Aqiqah Mandiri Tipe A dengan Kambing Betina, karena shohibul aqiqah menyesuaikan dengan tamu undangan yang akan hadir yakni sejumlah tetangga dekat dan saudara dengan kuantitas 50 porsi (250 tusuk sate dan gule) dan merasa Paket Aqiqah Mandiri Tipe A cukup untuk pelaksanaan aqiqah putrinya.

Semoga adinda Ireina Ar Roid menjadi putri yang sholehah, berbakti kepada kedua orangtua, mampu menjadi kebanggan keluarga, bangsa dan agama, semoga ilmu yang kelak diperoleh bermanfaat di dunia dan akhirat, selalu diberi nikmat sehat, nikmat iman dan islam. Aamiin Ya Robbal’alamin.

Penyerahan Sertifikat Pelaksanaan Aqiqah Mandiri

Dokumentasi : Penyerahan Sertifikat Pelaksanaan Aqiqah Mandiri

Doa Aqiqah

بِسْمِ اللهِ الرّحمنِ الرّحِيمِ, وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيّدِناَ محمّدٍ وَعَلَى الِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ, اَللّهُمَّ اُعِيْذُهُ بِالْوَاحِدِ الصَّمَدِ مِنْ شَرِّ كُلِّ ذِيْ حَسَـدٍ. اُعِيْذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْـطَانِ الرَّجِيْمِ. اَللّهُمَّ اجْعَلْ هَذَا اْلوَلَدَ وَلَدًا صَالِحًا. اَللّهُـمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ السَّـلاَمَةَ فِى الدُّنْياَ وَالدِّيْنِ وَنَسْأَلُكَ الزِّيَادَةَ وَالْبَرَكَةَ فِى اْلعِلْـمِ وَارْزُقِ الْمَرْزُوْقِيْنَ. اِلَهِى اِنَّكَ قَدْ عَلَّمْتَ اَدَمَ اْلاَسْمَاءَ كُلَّهَا وَقَدْ اَمَرَنَا نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِإِحْسـَانِهَا فَهَا نَحْنُ نُسَمَّى هَذَا الْوَلَدَ بِاسْمِ يُنَاسِبُ اَهْلَ الْبَيْتِ… اِلَهِى اَصْبَحْنَا عَلَى فِطْرَةِ اْلإِسْلاَمِ وَعَلَى كَلِمَةِ اْلإِخْلاَصِ وَعَلىَ دِيْنِ نَبِيِّناَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى مِلَّةِ اَبِيْنَا اِبْرَاهِيْـمَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. اَللّهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ لِسَاناًذَاكِرًا وَقَلْبًا شَاكِرًا وَبَدَنًاصَابِرًا وَزَوْجَةً تُعِيْنُنَا فِى الدُّيْنَا وَاْلآخِرَةِ. وَنَعُوْذُبِكَ يَا رَبَّنَا مِنْ وَلَدٍ يَكُوْنُ عَلَيْناَ سَيِّدًا وَمِنِ امْرَاَةِ تُشَيِّبُنَا قَبْلَ وَقْتِ الْمَشِيْبِ وَمِنْ مَالٍ يَكُوْنَ عَذَابًا لَّنَا وَوَبَالاً عَلَيْنَا وَمِنْ جَارٍ اِنْ رَّآى مِنَّا حَسَنَةً كَتَمَهَا وَاِنْ رَّآى مِنَّا سَيِّئَةً اَفْشَاهًا. اَللّهُـمَّ تَقَبَّلْ مِنَّا عَقِيْقَتَنَا رَبَّناَ, بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحمَ الرَّاحِمِـيْنَ.
واَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمـِيْنَ.

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga rahmat dan salam tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw, teriring keluarganya, dan sahabatnya. Ya Allah, aku memohon perlindungan untuk anak ini kepada Tuhan yang maha esa lagi Tuhan tempat meminta dan bergantung dari jehatan setiap orang yang dengki. Aku memohon perlindungan untuk ibu anak-anak dan keturunannya dengan Zat Engkau dari syetan yang terkutuk. Ya Allah, hendaklah Engkau menjadikan anak ini menjadi anak yang shaleh.”

“Ya Allah, sungguh kami memohon kepada-Mu keselamatan dunia dan agama, kami memohon kepada-Mu penambahan dan keberkahan dalam ilmu, dan limpahkanlah rizki kepada orang-orang yang berkah mendapatkan rizki. Wahai Tuhanku, sungguh Engkau telah mengajarkan semua nama-nama kepada Adam, dan sungguh Nabi-Mu Muhammad Saw telah memerintahkan kepada kami memberi nama kepada anak ini dengan nama yang layak di negeri ini IREINA AR ROID.”

“Wahai Tuhanku, kami dipagi hari di atas kesucian Islam, di atas kepastian ikhlas, di atas agama Nabi Muhammad Saw, dan di atas agama bapak kami Ibrahim as sebagai orang yang cenderung kepada kebenaran lagi yang tunduk (kepada ajaran) dan tidaklah ia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah. Ya Allah, sungguh kami memohon kepada-Mu lisan yang berzikir, hati yang bersyukur, badan yang bersabar, dan istri yang menolong kami dalam urusan dunia dan urusan akhirat.”

“Dan kami berlindung kepada-Mu, wahai Tuhan kami, dari anak yang kepada kami sebagai tuan, dari istri yang menyebabkan tumbuh uban sebelum usia layak beruban, dari harta yang menjadi siksaan dan bencana bagi kami, dan dari tetangga yang bila melihat kebaikan kami, maka ia menyimpan dan bila ia melihat keburukan kami maka ia menyebarkan. Ya Allah, terimalah aqiqah kami, wahati Tuhan kami, dengan rahmat-Mu wahai Tuhan paling penyayang di antara para penyayang. Dan segala puji hanya untuk Allah, Tuhan semesta alam.”

Semoga do’a aqiqah diatas dikabulkan dan di ijabahi oleh Allah SWT. Aamiin aamiin Ya Robbal’alamin. Semoga putera puteri Sahabat Aqiqah Berkah kelak menjadi putera puteri yang sholeh dan sholehah. Bagi saudara atau kerabat Sahabat Aqiqah Berkah yang belum di aqiqahi, hendaknya segera laksanakan aqiqah agar lebih sempurna ibadah aqiqah saudara muslim kita semua.

Berdoa untuk Anak Ketika Melaksanakan Aqiqah serta Dampaknya terhadap Akhlak, Perilaku Anak

Imam Bukhari meriwayatkan dari Muawiyah bin Qurah, ia berkata, “Ketika Iyas dilahirkan, maka saya mengundang beberapa sahabat Nabi Muhammad SAW lalu saya menyuguhi mereka makan dan mereka membalasnya dengan memanjatkan doa. Lalu aku berkata kepada mereka, “kalian telah mendoakan kami, maka semoga Allah SWT memberi keberkahan terhadap kalian atas doa yang telah kalian panjatkan.Sekarang aku ingin berdoa dan aku berharap kalian mau mengamininya.”Muawiyah bin Qurrah berkata, “ Lalu aku mengucapkan doa yang banyak sekali untuk kebaikan agama dan akal si bayi (Iyas). “Ia berkata lagi,” Sungguh, aku melihat dampak dan pengaruh doa waktu itu.”

Maksudnya doa yang diucapkan ketika itu benar-benar memberikan dampak positif yang sangat besar terhadap diri Iyas. Iyas seperti yang telah masyhur adalah sosok ulama yang memiliki otak sangat cerdas, memiliki penglihatan yang sangat kuat, memiliki firasat yang sangat tajam, memiliki kebijaksanaan yang tinggi dalam memutuskan setiap perkara dan kelebihan-kelebihan lain yang dimilikinya.

Barokah Melaksanakan Aqiqah, sebagai berikut ini :

  1. Memelihara atau melindungi anak dari segala bahaya yang menimpanya dengan aqiqah yang telah diberikan untuk anak. Sebagaimana kita ketahui, bahwa pada usia bayi, sangat rentan dengan bahaya yang menimpanya, karena pada saat itu daya tahan tubuhnya belum stabil.
  2. Memberi nama dan bercukur rambut. Pada saat aqiqah, orangtua memberikan nama kepada anaknya. Memberikan nama adalah salah satu kewajiban orangtua terhadap anaknya. Sebaiknya anak diberi nama-nama yang baik sesuai ketentuan aqiqah. Contoh untuk nama-nama yang baik adalah Abdullah, Abdurrahman,juga dibolehkan dengan memberi nama Malaikat, Nabi dan nama-nama dari al-Qur’an.
  3. Tidak dibolehkan untuk memberi nama yang disembah selain Allah, seperti Abdul Uzza, Abdul Hubal, Abdul Umar, Abdul Ka’bah, dan Hasya Abdul Muthallib. Juga di makruhkan memberikan memberikan nama seperti Yasar, Rabah, Nujaih, Aflah karena nama-nama tersebut terkadang sebagai sarana mendatangkan kesialan.
  4. Sebagaimana riwayat dari samurahbahwa Nabi SAW bersabda, “Janganlah engkau memberi nama anakmu itu dengan Yasar, Rabbah, Nujaih, dan Aflah. Karena sesungguhnya jika engkau menanyakannya, Apakah ia memang demikian?Jangan sampai ada yang menjawab “Tidak”. (HR. Muslim).
  5. Orangtua hendaklah mencari nama-nama yang terbaik untuk anak-anak mereka, karena nama adalah do’a atau cermin kepribadian anak di masa mendatang. Jika nama tersebut baik, insyaallah pertumbuhan dan perkembangan anak pun menjadi baik, tetapi jika nama anak buruk, maka keburukanlah yang akan menimpa anak dan keluargannya.
  6. Berbagi dengan orang lain. Pertama, membagikan daging kambing aqiqah. Kedua, dalam aqiqah rambut bayi dicukur, rambut hasil cukurannya ditimbang dan dihargai dengan emas atau perak sesuai jumlah timbangannya, kemudian hasilnya disedekahkan. Dua ritual aqiqah ini mengajarkan kepada kita agar mau membagi dengan orang lain, dan juga memupuk kebiasaan bersedekah kepada anak sejak usia dini.

Manfaat Melaksanakan Aqiqah

Manfaat aqiqah bagi anak, menurut Ibnu Qayyim, adalah sarana pendekatan diri kepada Allah. Aqiqah mengandung sifat murah hati dan sifat mengalahkan kikir dalam jiwa. Di dalamnya juga ada unsur memberi makanan kepada sanak keluarga. Aqiqah juga berfungsi melepaskan tanggungan anak yang tergadaikan sehingga ada peluang antara anak dan orang tua untuk saling memberi syafaat. Selain itu, aqiqah bermanfaat melestarikan ajaran islam yang menggantikan kebiasaan jahiliyah dan berfungsi mengagungkan kedudukan nasab dengan cara mengumumkan atau mempermaklumkan.

Aqiqah merupakan bukti rasa syukur yang ditampakkan ketika menerima nikmat. Rasa syukur ini dinyatakan dalam bentuk memberi makanan kepada orang banyak, sebagaimana sitiran Al-Quran, “Dan terhadap nikmat Tuhanmu, maka hendaklah engkau nyatakan (dengan bersyukur).” (QS Adh-Dhuha : 11)

Faedah dan Manfaat Aqiqah antara lain :

  1. Menyampaikan berita tentang kehadiran anak serta tidak langsung mengabarkan tentang posisi nasab anak agar tidak ada persangkaan buruk terhadap status anak.
  2. Mengikuti panggilan sifat murah hati dan dermawan dan menjauhi panggilan sifat kikir dan pelit.
  3. Aqiqah adalah kelanjutan kebaikan dan ketundukan sebab melakukan hal ini semenjak masa bayi menunjukkan kemauan orang tua untuk berkorban dijalan Allah seperti yang dilakukan Nabi Ibrahim.
  4. Melepas status anak yang masih tergadai karena anak tergadai dengan aqiqahnya.

Imam Ahmad berkata bahwa syafaat anak kepada orang tua tergadai oleh aqiqahnya. Begitu juga Atha` bin Abi Rabah berkata bahwa yang dimaksud dengan tergadai adalah bahwa orang tua akan terhalang dari syafaat anaknya.

Waktu Pelaksanaan Aqiqah

  1. Sebagian ulama membolehkan pelaksanaan sebelum hari ketujuh. Inilah pendapat mayoritas ’ulama.
  2. Sebagian ulama berpendapat bahwa ’aqiqah itu dilaksanakan pada hari ketujuh, namun jika tidak dilakukan (pada hari itu) maka boleh dilakukan pada hari ke-14 (empatbelas) atau ke-21 (duapuluh satu).
  3. Sebagian ulama berpendapat bahwa ’aqiqah itu boleh dilakukan setelah dewasa (yaitu ia mengaqiqahi dirinya sendiri) setelah ia mempunyai kemampuan (tidak dibatasi oleh hari-hari tertentu, walau mereka tetap berpendapat tentang sunnahnya hari ketujuh).
  4. Sebagian ulama yang lain berpendapat bahwa pelaksanaan ’aqiqah hanyalah pada hari ketujuh kelahiran.

Di antara pendapat-pendapat tersebut di atas, maka yang paling benar adalah pendapat terakhir yang menyatakan bahwa waktu pelaksanaan aqiqah itu hanyalah pada hari ketujuh setelah kelahiran.

Berikut ini Aqiqah Berkah menyajikan informasi pengetahuan mengenai Aqiqah dan Qurban Bagi Orangtua Yang Telah Wafat. Pengetahuan ini disadurkan dari buku Bahsul Masail terbitan Lirboyo, Kediri. Semoga bermanfaat dan menjadi pengetahuan agama saudara muslim lainnya.

Ada sebuah pertanyaan dari seseorang yang telah sukses menjadi pengusaha, sebut saja Pak Adam namanya. Pak Adam adalah seorang pengusaha kaya yang sukses. Ketekunan yang tertanama dalam jiwa pak Adam dan kepatuhan terhadap kedua orang tuanya telah mengantarkan pak Adam menjadi orang yang sukses di masa tuanya.

Suatu ketika pak Idam mendengar dan mengetahui bahwa kedua orangtuanya belum si aqiqahi. Sebagai putra yang berbakti, pak Adam segera membeli kambing untuk mengaqiqahi kedua orangtuanya.

Sebagaiamana yang diketahui bersama, aqiqah adalah sunnah Rasul yang didevinisikan sebagai penyembelihan hewan dalam rangka penebusan seorang anak. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, tubuh seorang anak itu tergadaikan sampai ia di aqiqahi :

كل غلام مرتهن بعقيقته تذبح عنه يوم سابعه ويحلق ويتصدق بوزن شعره فضة أو ما يعادلها ويسمى

“Setiap anak tergadaikan dengan (tebusan) aqiqah yang disembelih untuknya di hari yang ke tujuh, dicukur rambut kepalanya dan diberi nama” (HR Turmudzi)

Berdasarkan hadits diatas, Imam Ahmad bin Hanbal berkomentar bahwa anak yang tidak di aqiqahi oleh orang tuanya (padahal orangtua mampu) kelak di hari kiamat tidak akan mampu memberikan syafaat kepadanya. Untuk aqiqah agar sempurna, dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan seekor kambing saja untuk anak perempuan yang telah berumur satu tahun.

Diperbolehkan pula untuk aqiqah anak laki-laki seekor kambing , namun hal ini dianggap kurang sempurna. Bahkan menurut Ibn ‘Abbas ra, aqiqah bisa terlaksana dengan menyembelih hewan apapun yang terpenting halal seperti ayam, bebek dan angsa.

Waktu disunnahkannya aqiqah adalah sejak kelahiran sang buah hati sampai sang anak menginjak baligh. Namun sangat utama jika aqiqah dilakukan pada hari ke tujuh sejak kelahiran bayi.

Jika anak telah menginjak baligh sebelum sempat di aqiqahi, maka orangtua tak lagi menanggung beban aqiqah. Sebaliknya, beban kesunnahan aqiqah menjadi tanggungan anak tersebut. Sebab setelah manusia menginjak usia baligh maka seluruh beban ibadah akan dibebankan dipundaknya sendiri, bukan kepada orang lain. Pernyataan tersebut berlandaskan firman Allah dalam surat Al-Najm ayat 39 yang artinya :

“Dan bahwasannya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah disusakannya.”

Namun, ayat tersebut tidak dapat membatasi sesorang untuk bisa ikut berpartisipasi dalam kelancaran ibadah orang lain. Bukan berarti sesorang tidak dapat ikut berperan dalam mensukseskan pendapatan pahala bagi orang lain.

Sahabat Aqiqah Berkah yang dirahmati Allah, dapat kita ambil sedikit pengetahuan bahwa bila Anda ingin melaksanakan aqiqah untuk orangtua yang telah dipanggil oleh-Nya dalam keadaan belum di aqiqahi maka itu tetap diperbolehkan saja. Tidak ada ayat yang mengharamkan ataupun mewajibkannya. Dan niat tulus untuk memperoleh pahala tersebut dikembalikan kepada Anda yang dengan ikhlas ingin bersedekah melalui aqiqah.

Untuk kebutuhan aqiqah Anda dan putera puteri Anda, percayakan pada Jasa Layanan Aqiqah Berkah. Seperti yang dilaksanakan oleh keluarga Bapak Agus dan Ibu Retno ketika melaksanakan aqiqah anak bernama Iriena Ar Roid merupakan suatu tindakan nyata bukt cinta kasih kedua orangtua atas kelahiran sang buah hati mereka. Semoga contoh diatas bermanfaat untuk saudara muslim dimanapun berada.

Informasi Pemesanan Paket Aqiqah

Pict : Informasi Pemesanan Paket Aqiqah

Apabila sahabat Aqiqah Berkah mempercayakan pemesanan aqiqah pada Aqiqah Berkah, berikut ini keuntungan yang akan Anda dapatkan, antara lain :

1. Kambing berkualitas tinggi dan telah memenuhi syarat untuk aqiqah
2. Kambing disembelih oleh ahlinya sesuai syariat Islam (wajib dan sunnah)
3. Kambing dapat dilihat dan dipilih langsung di kandang
4. Kami melayani Jasa Aqiqah untuk daerah Sekarisidenan Kediri
5. GRATIS biaya pemotongan
6. Kambing potong sehat, baik/sesuai syariah
7. Menu bervariatif: Sate, Gulai, Sop, Tongseng, Semur dll.
8. Pembayaran setelah barang sampai / transfer.
9. Siap menyalurkan kepada yang berhak: pondok pesantren, panti asuhan dan fakir miskin.

Head Office : Jl. Raya Baron Timur No. 1 Baron Nganjuk

Call / SMS : 0857 4962 2504

Whatsapp : +6281 335 680 602

BBM :D801E13D

ID Line : aqiqahberkah

Tags: , , , , , , , , , , , ,