Aqiqah dan Qurban

Aqiqah dan Qurban

Hello…sahabat-sahabat..aqiqah berkah. Bagaimana keadaannya?baik kan pastinya. Kami kali ini mau mengulas mengenai Aqiqah dan Qurban. Apakah Qurban itu?Apa perbedaan Qurban dan Aqiqah?. Yukkk di baca untuk lebih jelasnya…..

Apakah Qurban itu?adakah Qurban yang dicontohkan sebelum Nabi Ibrahim/ ismail A.s?
Menurut bahasa Qurban berasal dari akar kata Qaruba, Yaqrubu, Qurbanan yang artinya dekat atau hampir. Dan terpakai juga Qurban itu untuksesuatu yang dijadikan sebagai penghampiran diri kepada Allah, sebagaimana tersebut dalm al-Qamus al-Muhit.
“sesuatu yang dijadikan sebagai pendekatan diri kepada Allah”

Qurban yang dikenal bagi ummat Nabi Muhammaad Saw adalah al-udhiyyah, yaitu
Nama bagi sesuatu yang disembelih seperti unta, sapi dan kambing pada tanggal bulan Hajji dan pada hari-hari 11, 12, dan 13 bulan haji (Dzulhijjah), sebagai pendekatan diri kepada Allah.

Contoh Qurban yang terdahulu, sebelum Nabi Ibrahim A.s dan Ismail A.s adalah pengorbanan dua orang anak Adam A.s yaitu Qabil dan Habil, di mana keduanya pernah mengadakan Qurban kepada Allah dihikayatkan dalam kitab suci al-Qur’an pada surat al-Madinah ayat 27 sebagai berikut,
“Ceritakanlah kepada mereka kisah kedua putra Adam (Habil dan Qabil)menurut yang sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan qurban, maka diterima dari salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Qabil). Ia berkata (Qabil), “Aku pasti membunuhmu!”. Berkata Habil, “Sesungguhnya Allah hanya menerima (qorban) dari orang-orang yang bertaqwa”.

Tersebut dalam Tafsir Jami’u al-Bayan, karya Ibnu Jarir at-Tabari, Juz ke-VI halaman 187 sebagai berikut,
“telah bercerita kepadaku oleh Muhammad bin A’mr ia berkata, telah bercerita kepadaku oleh Abu ‘Asim, ia berkata, telah bercerita kepadaku oleh Ibnu Abi Nujaib dari Mujahid tentang firman Allah, “Idza Qarraba Qurbanan.” Ia berkata, “Dua orang anak adam bernama Habil dan Qabil, bagi sulbi adam. Maka berqurbanlah salah satu seorang dari keduanya itu seekor kambing, dan berqurban yang lainnya dengan sayuran. Maka diterima dari yang mempunyai kambing, maka dia dibunuh oleh saudaranya.

Manakah yang lebih afdhal antara qurban dan aqiqah, dan bagaimana cara pelaksanaannya, dan apa kegunaannya dan apa kegunaanya dan apa pula sangsinya?
Nama rambut yang ada pada kepala anak-anak yang dilahirkan. Di jakarta, disebut rambut sawan.
Sedangkan makna aqiqah menurut istilah adalah,
“Hewan yang disembelih untuk anak, pada hari ketujuh dari kelahirannya”

Sebagian ulama ada yang berpendapat, lebih utama menamakan penyembelihan ini dengan nasikah atau dzabihah, dan makrub menamakannya dengan aqiqah, karena menghindarkan diri dari kata ‘uquq yang berarti durhaka, agar anak itu tidak mendurhakai kedua orangtuanya.

Boleh jadi pendapat ini berlandaskan hadist yang diriwayatkan daari ‘Amr bin Syu’aib dari ayahnya dari kakeknya, ia berkata,
“Rasulullah SAW pernah ditanya tentang aqiqah, maka ia bersabda, “Aku tidak menyukai ‘uquq, kedurhakaan, di mana seolah-olah beliau memberi nama itu. “Maka mereka berkata, “Ya Rasulullah, sesungguhnya kami bertanya kepada tuan tentang salah seorang kami yang di karunia anak.” Sabdanya, “Barang siaap yang suka pada kamu bahwa engkau mengadakan nasikah untuk anaknya, hendaklah dilakukannya untuk anak laki-laki dua ekor kambing yang sebaya keduanya, dan untuk anak perempuan seekor kambing.” (HR Ahmad, Abu Dawud dan an-Nisa’i)

Beberapa perbedaan qurban dan aqiqah :
1. Waktu Aqiqah sesuai syariat islam tidak tertentu, sedang waktu qurban hanya pada hari Nahar dan hari-hari Tasyriq.
2. Aqiqah untuk anak-anak yang dilahirkan, sedang qurban untuk satu keluarga rumah.
3. Aqiqah tidak wajib menyedekahkan dagingnya yang mentah, sedangkan qurban wajib menyedekahinya sebagian dagingnya yang mentah.
4. Aqiqah satu kali saja, sedangkan qurban tiap tahun bagi yang mampu.

Nah mungkin itulah yang bisa kami sampaikan mengenai Aqiqah dan Qurban. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Kurang lebihnya kami mohon maaf…..

Tags: , , , , , ,