Waktu Aqiqah Sesuai Syariat Islam

Waktu Aqiqah Sesuai Syariat Islam

Hai sobat….ketemu lagi dengan kami aqiqahberkah.com.tidak bosan-bosannya kami terus memberikan informasi-informasi mengenai aqiqah. Sobat Aqiqah berkah, untuk materi ini kita bisa memulai dengan membacakan ayat yang berkaitan dengan syukur misalnya ayat: lain syakartum la azidannakum……agar kita bisa memahami dan mengambil apa yang ada dalam artikel ini.

kambing aqiqah
Aqiqah adalah ungkapan syukur dan bukti syukur yang nyata atas dikaruniakannya buah hati bagi orang tua. ada juga pengertian lain dari aqiqah, yakni Ibadah Aqiqah adalah salah satu syariat Islam yang agung yang penting untuk dilaksanakan demi tegaknya syiar Islam ditengah-tengah kehidupan masyarakat.

Disamping sebagai ungkapan syukur kepada Allah disisi lain aqiqah berfungsi sebagai penebus dari ketergadaian sehingga diharapkan sang anak akan dapat memberikan syafaat kepada kedua orang tuanya di akhirat setelah mendapatkan ijin dari Allah SWT. Terlebih lagi bagi orang tua yang memiliki anak yang meninggal dunia sebelum usia baligh, karena anak tersebut merupakan “tabungan” amal sholeh yang Allah jadikan salah satu penghuni surga.

Disisi lain disamping sebagai penebus, aqiqah juga berfungsi sebagai benteng diri bagi anak yang diaqiqah dari gangguan sihir, jin, keserupan dan lain sebagainya.

Saking pentingnya ibadah ini maka para ulamapun menganjurkan agar yang belum mampu melaksanakannya bisa berhutang terlebih dahulu sesuai dengan ketentuan aqiqah untuk mendapatkan keutamaan di atas.

Hukum Aqiqah
1. Mayoritas ulama fiqih menyatakan bahwa hukum aqiqah ini adalah mustahab (sunat).
2. Sebagian ulama mengatakan bahwa ’aqiqah hukumnya wajib bagi mereka yang mempunyai kelapangan.

Menurut kami insyaAllah nomor satu adalah pendapat yang lebih kuat, sehingga kami lebih cenderung memilih pendapat ini. Terlepas dari status hukum sunnah atau pun wajib bahwa para ulama sepakat bahwa aqiqah adalah penting dan sangat baik untuk dilaksanakan.

Waktu Pelaksanaan Aqiqah
1. Sebagian ulama membolehkan pelaksanaan sebelum hari ketujuh. Inilah pendapat mayoritas ’ulama.
2. Sebagian ulama berpendapat bahwa ’aqiqah itu dilaksanakan pada hari ketujuh, namun jika tidak dilakukan (pada hari itu) maka boleh dilakukan pada hari ke-14 (empatbelas) atau ke-21 (duapuluh satu).
3. Sebagian ulama berpendapat bahwa ’aqiqah itu boleh dilakukan setelah dewasa (yaitu ia mengaqiqahi dirinya sendiri) setelah ia mempunyai kemampuan (tidak dibatasi oleh hari-hari tertentu, walau mereka tetap berpendapat tentang sunnahnya hari ketujuh).
4. Sebagian ulama yang lain berpendapat bahwa pelaksanaan ’aqiqah hanyalah pada hari ketujuh kelahiran.

Di antara pendapat-pendapat tersebut di atas, maka yang paling benar adalah pendapat terakhir yang menyatakan bahwa waktu pelaksanaan aqiqah itu hanyalah pada hari ketujuh setelah kelahiran.

Berapakah jumlah kambing untuk aqiqah bayi laki-laki dan wanita?

Aqiqah untuk anak laki-laki adalah dua ekor kambing, sedangkan untuk anak wanita adalah satu ekor kambing. Seperti apa yang di katakan Rasulullah SAW “ dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor kambing untuk anak wanita. Dan tidak ada masalah bagi kalian apakah kambing itu betina atau jantan.” (HR. Tirmidzi).

Bagaimanakah Jika Tidak Mampu Menyembelih Dua Ekor Kambing?
Yang lebih utama adalah menyembelih dua ekor kambing untuk anak lelaki. Namun, jika orang tua tidak mampu menyembelih dua ekor kambing maka dia diperbolehkan untuk menyembelih seekor kambing saja. Seperti yang tertera di surat dalam al qur’an yaitu QS At Taghabun: 16 yang artinya “Bertaqwalah kalian kepada Allah menurut kesanggupan kalian”

Kami layanan Aqiqah Berkah disamping sebagai wahana berbagi ilmu juga menerima pesanan paket aqiqah tanpa bau prengus. Pesan aqiqah di Aqiqah Berkah, Mudah, Praktis dan Nyaman.
hubungi kami di : 085749622504 atau pin BB 7C0B38CE

Tags: , , , , , , , , ,