Jenis Sapi Potong Unggul Lokal

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Selamat siang sahabat AB, bagaimana kabarnya ?? semoga dalam keadaan sehat lahir dan batinnya.. Amiin ya Rabb… Iya sobat, kali ini mimin ingin mengulas tentang salah satu hewan ternak yang ada di Indonesia yakni sapi potong atau sapi pedaging. Sapi merupakan salah satu hewan ternak yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, dikarenakan pasarnya yang besar di Indonesia serta kondisi alam Indonesia yang banyak menyuguhkan pakan yang cukup untuk jenis ternak ini. Adapun dalam pembahasan kali ini, mimin akan berfokus pada jenis sapi potong lokal (asli Indonesia). Berikut ulasan selengkapnya.

1. Sapi Bali
Jenis Sapi Bali merupakan sapi asli Indonesia. Sapi Bali merupakan hasil dari domestikasi dari Banteng (Bibos Banteng). Sapi ini termasuk jenis sapi potong. Pada perkembangannya saat ini, jenis sapi baliSapi Bali telah tersebar di seluruh Indonesia dan ada pula yang diliarkan di Taman Nasional Baluran, Taman Nasional Bali Barat, dan Taman Nasional Ujung kulon. Adapun karakteristik dari Sapi Bali yaitu sapi jenis betina dan anak sapi (pedhet) berwarna merah keemasan. Sedangkan pada jantan dewasa memiliki warna kulit hitam. Selain itu, memiliki warna putih pada bagian lutut hingga ujung kaki dan bentuk oval pada bagian pantat belakang. Adapun pada bagian kepala memiliki ukuran lebar, pendek, dahi dengan bentuk datar dan telingan berukuran sedang dan berdiri. Pada bagian tanduk berukuran besar dan panjang serta mengarah ke samping atas depan. Pada bagian dada dalam memiliki kaki yang kuat.
Fisik sapi bali : bentuk tubuh berukuran sedang, bagian dadanya dalam, tidak memiliki punuk, kaki yang ramping, kulit berwarna merah bata, bagian hidung, kuku, punggung dan bulu ujung ekornya berwarna hitam, kaki dibawah persendian karpal, pantan, paha dalam dan tarsal berwarna putih. Sapi jantan lebih gelap daripada sapi betina. Sapi jantan akan berubah warna dari merah bata ke coklat tua hingga hitam legam.

2. Sapi Ongole
Cirinya berwarna putih dengan warna hitam di beberapa bagian tubuh, bergelambir dan berpunuk, dan daya adaptasinya baik. Jenis ini telah disilangkan dengan sapi Madura, keturunannya disebut Peranakan Ongole (PO) cirinya sama dengan sapi Ongole tetapi kemampuan produksinya lebih rendah.
Fisik sapi ongole : memiliki gelambir yang longgar dan menggantung, badannya berukuran sedang, bagian leher relatif pendek, kepala bagian depan lebar diantara kedua mata, tanduk pendek dan tumpul, tanduk tebal. Sapi jantan pada kepala berwarna abu-abu tua, bagian leher dan kakai terkadang berwarna hitam.

3. Sapi PO (Peranakan Ongole)
Sapi peranakan ongole diperoleh dari hasil persilangan antara sapi sumba ongole dengan sapi jawa yang berfungsi untuk memperbaiki ukuran dan bobot badan induknya.
Fisik sapi PO : memiliki warna putih dan kelabu pada bulunya, kepala berbentuk melengkung, ukuran telinga panjang dan menggantung, punuk diatas gumba, kaki panjang berurat kuat dan bagian perut yang relatif besar. Pada jenis jantan terdapat warna bercak hitam pada lututnya.

4. Sapi Madura
Sapi madura merupakan jenis sapi potong lokal asli Indonesia yang diperoleh dari hasil persilangan antaran banteng dengan Bos Indicus atau sapi Zebu. Sapi madura memiliki sifat genetik yang toleran terhadap iklim tropis (panas) dan memiliki ketahanan terhadap serangan caplak.
Fisik sapi madura : Bentuk tubuhnya yang kecil, kaki relatif lebih pendek dan kuat, memiliki bulu berwarna merah bata agak kekuningan, bagian perut dan paha dalam berwarna putih buram, bertanduk pendek beragam, dan pada jenis jantan memiliki gumba.

Demikianlah sahabat AB, ulasan ringkas mengenai jenis sapi potong unggul lokal yang dapat mimin sajikan, semoga bermanfaat. Adapun bagi sahabat AB dan saudara muslim lainnya, yang saat ini sedang membutuhkan jasa pemesanan hewan qurban untuk Idul Adha 2016, Aqiqah Berkah telah menyediakan hewan qurban 2016.Adapun hewan yang tersedia adalah :
1) Sapi Jawa
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
2) Sapi Bali
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
3) Kambing Gibas
– Berat : Mulai dari 24-29 kg
– Umur : -+ 1 tahun
– Harga : Mulai dari Rp.1.850.000,-
(Untuk jenis lebih lengkap dan terupdate bisa menghubungi kontak kami)

Sapi dan Kambing qurban di atas dapat Anda pesan melalui beberapa Paket Qurban 2016 Aqiqah Berkah yakni sebagai berikut :
1. Paket Qurban Peduli Syar’i
Pada paket qurban peduli syar’i, kami menyediakan pemesanan hewan qurban sekaligus jasa pemotongan hewan qurban secara syar’i. Untuk penyaluran daging qurban, Anda dapat memesan tempat yang dikehendaki atau yang diamanahkan seperti panti asuhan, pondok pesantren, dll sebagai tempat pembagian daging qurban. Kami menerima jasa pemesanan paket qurban dari kota Anda (Jawa dan Luar Jawa).
2. Paket Qurban Mandiri Syar’i
Pada paket ini kami menyediakan jasa pemesanan hewan qurban syar’i dan untuk penyembelihannya dilakukan mandiri oleh orang yang akan berqurban. Selanjutnya kami siap mengantar hewan qurban yang telah Anda pesan. Adapun kota yang kami sediakan untuk layanan paket qurban mandiri adalah
(a) Jombang
(b) Mojokerto
(c) Nganjuk
(d) Kediri
(e) Tulungagung
(f)  Ngawi
(g) Magetan
(h) Ponorogo
(i)  Madiun

Silahkan bagi sahabat AB yang ingin memesan penawaran paket qurban 2016 dari kami. Karena kami Aqiqah Berkah siap menjadi mitra anda yang beramanah untuk membantu kelancaran ibadah qurban anda. Pesan paket qurban yang anda kehendaki mulai dari sekarang, untuk mendapatkan harga yang ekonomis. Berikut kontak kami yang dapat anda hubungi.

aqiqah berkah dan qurban 2016

SMS : 0857 4962 2504
Whatsapp : +6281 335 680 602
Pin BB : 7C0B38CE

~ aqiqahberkah.com : Kami Hadir Untuk Melayani~

Tags: , , , , , , ,