Ketentuan Hewan Qurban yang Diajarkan Islam

Ketentuan Hewan Qurban yang Diajarkan Islam

Hasil gambar untuk qurban

Assalamu’alaikum WR.WB.

Sahabat Aqiqah Berkah Semoga di siang yang menyala ini kita senantiasa dalam lindungan Allah SWT, Amiin ya Rabb. Bagi sahabat Aqiqah Berkah yang saat ini tengah mempersiapkan hewan qurban untuk idul adha 2019, ada baiknya merefresh kembali pengetahuan yang diajarkan Rosulullah SAW terkait ketentuan hewan qurban.

Supaya hewan yang diperoleh dari hasil pembelian merupakan hewan yang sah digunakan untuk berkurban. Adapun informasi berkaitan dengan ketentuan hewan qurban yang diajarkan Islam telah mimin rangkum dalam ulasan berikut ini.

a) Jenis hewan qurban berdasarkan spesies

Dalam islam telah diatur jenis hewan yang diperbolehkan untuk disembelih dalam pelaksanaan qurban. Adapun jenis hewan itu adalah Bahimatul An’am yakni hewan ternak.

Hewan ternak yang dimaksud adalah hewan ternak yang sejenis kambing, sejenis sapi, dan sejenis unta (jantan atau betina). Hal tersebut sebagaimana firman Allah SWT yang artinya :

Dan bagi tiap-tiap ummat telah Kami syariatkan penyembelihan (qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah dirizqikan Allah kepada mereka” (QS. Al-Hajj: 34). Adapun hewan ternak adalah hewan yang sengaja dipelihara oleh manusia dan dikembangbiakkan, bukan hewan liar.

b) Jenis hewan qurban berdasarkan kelamin

Dalam penyembelihan hewan qurban diutamakan hewan jantan daripada betina. Hal ini sebagaimana hadits Rosulullah SAW dalam hadits Aisyah mengatakan bahwa, “Hewan kurban yang afdhal (lebih utama) berupa domba jantan (gemuk) bertanduk yang berwarna putih bercampur hitam di sekitar kedua matanya dan di kaki-kakinya, karena demikian sifat hewan kurban yang disukai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam(HR.Muslim (1967) dan Abu Daud (2792).

Selain itu dalam penjelasan lebih lanjut dikemukakan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rohimahulloh : “Karena yang dimaksudkan dari binatang qurban adalah dagingnya, maka jantan lebih utama daripada betina(Majmu’ Fatawa:25/75).

Pengutamaan pada hewan jantan didasarkan pada alasan karena jenis hewan betina merupakan indukan yang bertugas untuk proses perkembangbiakkan. Selain itu juga, secara umum daging hewan jantan lebih banyak dan tebal.

c) Jenis hewan qurban berdasarkan umur

Dalam riwayat suatu hadits menyebutkan tentang umur kambing dan ketentuannya, berikut artinya :
Dari Jabir, Rosulullah SAW bersabda : Janganlah kamu menyembelih untuk kurban kecuali yang musinnah (telah berganti gigi). Jika sukar didapati, maka boleh jaz’ah (yang baru berumur 1 tahun lebih) dari biri-biri(HR. Muslim).

Adapun keterangan dari ulama’ lainnya yang juga menjelaskan tentang umur kambing qurban adalah sebagai beriktu :

Nabi Muhammad SAW memerintahkan kepada para sahabatnya agar mereka menyembelih jadza’ dari domba, dan tsaniyya dari yang selain domba. Mujasyi bin Mas’ud Radhiyallahu ‘anhu mengabarkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Sesungguhnya jadza’ dari domba memenuhi apa yang memenuhi tsaniyya dari kambing”.

Jadi dapat diringkas bahwa umur hewan qurban adalah :
a. Domba : minimal umur 6 bulan
b. Kambing : minimal umur 1 tahun
c. Sapi : minimal umur 2 tahun
d. Unta : minimal umur 5 tahun

Demikianlah sahabat Aqiqah Berkah rangkuman singkat yang dapat mimin sajikan tentang ketentuan hewan qurban yang diajarkan islam, semoga bermanfaat.

Selanjutnya bagi sahabat Aqiqah Berkah yang tahun ini berkesempatan untuk melaksanakan ibadah qurban dan sekarang membutuhkan informasi terkait harga hewan qurban 2019, berikut Aqiqah Berkah menyajikannya untuk saudara :

1) Sapi Jawa
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.22.750.000,-

2) Sapi Bali
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.22.750.000,-

3) Kambing Gibas
– Berat : Mulai dari 24-29 kg
– Umur : -+ 1 tahun
– Harga : Mulai dari Rp.1.900.000,-
(Untuk jenis lebih lengkap dan terupdate bisa menghubungi kontak kami)

Harga Sapi dan Kambing qurban di atas dapat Anda pesan pada Aqiqah Berkah, melalui beberapa Paket Qurban 2019 yang kami sediakan yakni sebagai berikut :

1. Paket Qurban Peduli Syar’i

Pada paket qurban peduli syar’i, kami menyediakan pemesanan hewan qurban sekaligus jasa pemotongan hewan qurban secara syar’i. Untuk penyaluran daging qurban, Anda dapat memesan tempat yang dikehendaki atau yang diamanahkan seperti panti asuhan, pondok pesantren, dll sebagai tempat pembagian daging qurban. Kami menerima jasa pemesanan paket qurban dari kota Anda (Jawa dan Luar Jawa).

2. Paket Qurban Mandiri Syar’i

Pada paket ini kami menyediakan jasa pemesanan hewan qurban syar’i dan untuk penyembelihannya dilakukan mandiri oleh orang yang akan berqurban. Adapun kota yang kami sediakan untuk layanan paket qurban mandiri adalah :
(a) Jombang
(b) Mojokerto
(c) Nganjuk
(d) Kediri
(e) Tulungagung
(f)  Trenggalek
(g) Blitar
(h) Ponorogo
(i)  Madiun

Silahkan bagi sahabat Aqiqah Berkah yang ingin memesan penawaran paket qurban 2019 dari kami. Karena kami Aqiqah Berkah siap menjadi mitra anda yang beramanah untuk membantu kelancaran ibadah qurban anda.

Pesan paket qurban yang anda kehendaki mulai dari sekarang, untuk mendapatkan harga yang ekonomis. Berikut kontak kami yang dapat anda hubungi.

Telp: 0857-4962-2504

HP/WA: 0813-3568-0602

This image has an empty alt attribute; its file name is Desain-203-5-1006x1024.jpg

~ aqiqahberkah.com : Kami Hadir Untuk Melayani~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *