Anjuran Bagi Orang yang Akan Berqurban

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Selamat siang sahabat AB yang dirahmati Allah dimanapun anda berada sekarang. Apakah saudara sudah menikmati makan siang ? Jika belum, silahkan istirahat untuk makan siang, sembari membaca artikel yang mimin sediakan untuk sahabat ini. Ok, sahabat AB, kali ini mimin ingin mengulas tentang anjuran yang diajarkan islam bagi orang yang akan berqurban. Berikut selengkapnya.

Qurban berasal dari kata udhiyah, idhhiyyah, dhihiyyah, Adhhat, Idhhat, danaqiqahberkah.com dhahiyyah yang memiliki arti hewan yang disembelih dengan tujuan ibadah kepada Allah yakni untuk mendekatkan diri (taqarrub) yang dilakukan pada Idul Adha sampai akhir hari tasyriq (11, 12, 13 dzulhijjah). Selanjutnya dalam melaksanakan ibadah qurban, seseorang yang berqurban memiliki beberapa anjuran yaitu :

Sejak awal datangnya bulan Dzulhijjah, orang yang akan berqurban agar tidak :
a. Memotong kuku
b. Memotong rambut
Hal tersebut, sebagaimana sabda Rosulullah SAW yang artinya :
Dari Umi Salamah ra. Bahwasanya Rasulullah bersabda : “Apabila kamu sekalian melihat bulan, pada bulan dzulhijjah dan salah satu dari kamu akan berqurban, maka hendaklah ia menahan (tidak memotong) rambut dan kuku(HR Jama’ah kecuali Bukhari). Adapun dalam riwayat lain, “Maka janganlah ia mengambil sesuatu dari rambut atau kukunya hingga ia berqurban“.
Larangan ini menurut zhahirnya, hanya dikhususkan bagi orang yang diqurbankan saja, hal tersebut tidak termasuk istri dan anak-anaknya, kecuali jika masing-masing dari mereka berqurban. Meskipun begitu, ada beberapa ulama’ yang memperbolehkan membasahi rambut serta menggosoknya, meskipun terdapat beberapa rambutnya yang rontok. Sehingga anggota keluarga orang yang akan berqurban tersebut dibolehkan memotong rambut dari tubuh, kuku, dan kulit mereka.

Demikianlah sahabat AB, rangkuman singkat mengenai anjuran bagi orang yang akan berqurban. Semoga ulasan tersebut bermanfaat untuk sahabat AB yang akan melaksanakan qurban tahun ini. Dalam kesempatan ini, Aqiqah Berkah menawarkan jasa pemesanan hewan qurban untuk Idul Adha 2018. Sehingga bagi sahabat AB yang tengah membutuhkannya dapat menhubungi kontak kami. Adapun hewan yang kami sediakan diantaranya adalah :
1) Sapi Jawa
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
2) Sapi Bali
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
3) Kambing Gibas
– Berat : Mulai dari 24-29 kg
– Umur : -+ 1 tahun
– Harga : Mulai dari Rp.1.850.000,-
(Untuk jenis lebih lengkap dan terupdate bisa menghubungi kontak kami)

Sapi dan Kambing qurban di atas dapat Anda pesan melalui beberapa Paket Qurban 2018 Aqiqah Berkah yakni sebagai berikut :
1. Paket Qurban Peduli Syar’i
Pada paket qurban peduli syar’i, kami menyediakan pemesanan hewan qurban sekaligus jasa pemotongan hewan qurban secara syar’i. Untuk penyaluran daging qurban, Anda dapat memesan tempat yang dikehendaki atau yang diamanahkan seperti panti asuhan, pondok pesantren, dll sebagai tempat pembagian daging qurban. Kami menerima jasa pemesanan paket qurban dari kota Anda (Jawa dan Luar Jawa).
2. Paket Qurban Mandiri Syar’i
Pada paket ini kami menyediakan jasa pemesanan hewan qurban syar’i dan untuk penyembelihannya dilakukan mandiri oleh orang yang akan berqurban. Selanjutnya kami siap mengantar hewan qurban yang telah Anda pesan.

Silahkan bagi sahabat AB yang ingin memesan penawaran paket qurban 2018 dari kami. Karena kami Aqiqah Berkah siap menjadi mitra anda yang beramanah untuk membantu kelancaran ibadah qurban anda. Pesan paket qurban yang anda kehendaki mulai dari sekarang, untuk mendapatkan harga yang ekonomis. Berikut kontak kami yang dapat anda hubungi.

SMS : 0857 4962 2504
Whatsapp : +6281 335 680 602
Pin BB : D801E13D

~ aqiqahberkah.com : Kami Hadir Untuk Melayani~

Tags: , , , , , ,