Hikmah dan Ketentuan Qurban

Berqurban adalah salah satu ibadah yang memberikan hikmah untuk membersihkan hati dengan maksud menjadikan iman dan takwa dapat tumbuh subur dalam jiwa seseorang.

Selain itu berkurban juga merupakan ibadah yang dicintai oleh Allah SWT. Adapun hadits yang menerangkan tentang hal ini adalah :

1. HR. Tirmidzi

Tidak ada suatu amal anak Adam pada hari raya qurban yang lebih dicintai Allah selain menyembelih hewan qurban”.

2. HR. Ahmad, Ibnu Majah, dan At-Tirmidzi

Menyembelih hewan pada hari raya qurban, aqiqah (setelah mendapat anak), dan hadyu (ketika haji), lebih utama daripada shadaqah yang nilainya sama”.

Selain itu ibadah kurban juga banyak memberikan manfaat. Adapun hikmah qurban adalah sebagai berikut :
1. Menghidupkan sunnah Nabi Ibrahim a.s
2. Bertaqarrub kepada Allah SWT
3. Menghilangkan sifat tamak dan mewujudkan sifat murah hati
4. Menghapuskan dosa dan mengharap keridhaan Allah SWT
5. Membangun kepedulian dengan sesama manusia

Selain itu, ada beberapa ketentuan dalam penyembelihan hewan qurban yang harus diperhatikan, diantarnya :

1. Niat berqurban karena Allah semata

Niat merupakan salah satu bagian yang terpenting saat dilakukannya suatu ibadah. Niat dapat menjadikan ibadah kita diterima dan dengan niat pula ibadah seseorang dapat tertolak oleh Allah SWT.

Oleh karena itu, dalam melaksanakan ibadah qurban seyogyanya kita memiliki niat yang tulus untuk beribadah kepada Allah, bukan dengan niat-niat yang lain.

2. Mengucapkan asma Allah saat menyembelih

Dari Anas bin Malik, ia berkata: Bahwasanya Nabi saw menyembelih dua ekor kibasnya yang bagus dan bertanduk. Beliau mengucapkan basmallah dan takbir dan meletakkan kakinya di samping lehernya“(HR. Bukhari, Muslim dan lainnya).

Berkata Rafi bin Khadij, ya Rasulullah bahwa kami besok akan berhadapan dengan musuh dan kami tidak mempunyai pisau (buat menyembelih). Maka Nabi saw, bersabda, “Apa saja yang bisa mengalirkan darah dan disebut dengan nama Allah padanya maka kamu makanlah” (HR. Jama’ah).

3. Menyembelih dengan pisau yang tajam

Telah berkata Ibnu Umar, bahwa Rasulullah SAW, memerintahkan supaya pisau itu ditajamkan dan supaya tidak ditampakkan kepada binatang-binatang dan beliau bersabda, “Apabila seorang daripada kamu menyembelih maka hendaklah ia percepat kematiannya” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

4. Disembelih tepat dikerongkongan/ leher

Ternak disembelih dengan memutus 3 saluran sekaligus yaitu saluran makan (Mar’i), pembuluh darah (Wadajain), dan saluran nafas (Hulqum). Adapun hadits yang menjelaskan adalah sebagai berikut :

Telah berkata Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw pernah mengutus Budail bin Warqa Al-Khuza’i dengan naik unta yang kehijau-hijauan supaya berteriak di jalan-jalan Muna (dengan berkata) : “Ketahuilah  bahwa sembelihan itu tepatnya di kerongkongan/lehernya” (HR.Daruquthni).

5. Disembelih oleh seorang muslim

Ibadah qurban adalah ibadah yang diperintahkan dan disyariahkan oleh Allah kepada kaum muslimin dan tidak dibebankan kepada selain mereka.

Hal ini dikarenakan bahwa perintah berkurban berhubungan dengan masalah keyakinan dan kepercayaan. Sehingga, untuk pelaksanaan qurban dari awal hingga akhir harus dilakukan oleh seorang muslim.

6. Memastikan hewan qurban mati sempurna

Jika hewan qurban telah disembelih, maka biarkanlah hewan tersebut sampai mati sempurna dan jangan dikuliti atau dipotong anggota tubuhnya sebelum benar-benar mati. Karena jika hal ini dilakukan akan menyiksa hewan tersebut, dan hal ini dilarang.

Demikian ulasan mengenai hikmah dan ketentuan qurban yang dapat mimin sajikan. Semoga bermanfaat. Selanjutnya dalam menyambut moment idul qurban 2020.

Bagi sahabat Aqiqah Berkah yang berniat untuk berkurban tahun ini dan sedang mempersiapkan hewan qurban semoga dimudahkan. Adapun jika anda membutuhkan jasa layanan pemesanan hewan qurban, kami aqiqah berkah siap menjadi mitra anda.

Adapun hewan yang kami sediakan merupakan hewan yang sesuai syar’i dan memiliki harga yang kompetitif. Untuk memdapatkan harga yang ekonomis silahkan memesan dari sekarang.

Berikut kontak aqiqah berkah yang dapat anda hubungi.

SMS : 0857 4962 2504

Whatsapp : +6281 335 680 602

Kantor Aqiqah BerkahKantor Pusat Nganjuk
Gedung Pusat Aqiqah & Qurban
Jl. Punto Dewo Baron Timur RT01 / RW01
Baron, Nganjuk, Jawa Timur

KANTOR CABANG
Jombang: Jl. Gubernur Suryo No 32 Jombang
Kediri: Jl DR. Saharjo no 130 Ds. Campurrejo Kec. Mojoroto Kediri
Tulungagung: Jl. Mastrip 44 Beji, Boyolangu – Tulungagung
Madiun: Jl. Sutoyo RT11 / RW02 Kaibon Kec. Geger, Kab. Madiun

Hewan Qurban Aqiqah Berkah

Kambing Qurban Aqiqah Berkah

Sapi Qurban Aqiqah Berkah

Pembagian Daging Qurban Aqiqah Berkah

Pembagian Daging Qurban Aqiqah Berkah

~ aqiqahberkah.com : Kami Hadir Untuk Melayani~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *