Tips Ternak Kambing Yang Baik

Assalamu’alaikum Wr.Wb
Sahabat AB yang dirahmati Allah, Bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga senantiasa dalam keadaan yang sehat lahir dan batin. Amiin ya Rabb 🙂 Sahabat AB kali ini mimin, akan mengulas tentang tips ternak kambing yang baik. Adapun rangkuman selengkapnya adalah sebagai berikut.

Usaha ternak merupakan salah satu usaha yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan iklim yang bagus dan ketercukupan di bidang pertanian menjadi beberapa pendukung usaha ternak kian banyak. Sebelum memulai usaha ternak, salah satu hal dasar yang harus diperhatikan adalah pemilihan lokasi ternak. Adapun untuk memilih lokasi peternakan diperlukan banyak pertimbangan, terutama untuk usaha ternak dalam skala besar. Hal tersebut dibutuhkan agar ternak dapat tumbuh secara optimal. Berikut faktor yang patut diperhatikan dalam pemilihan lokasi ternak yaitu :

1. Lingkungan
a. Kontur Tanah
Upayakan memilih tanah yang datar serta lokasi berdekatan dengan sumber air. Hal ini untuk pembiayaan yang lebih murah dan menjamin kebersihan ternak.
b. Curah Hujan
Curah hujan yang tinggi dapat menyebabkan ketersediaan pangan namun juga dapat memicu tumbuhnya penyakit akibat kelembaban yang tinggi terutama pada kandang yang tidak berbentu panggung. Adapun curah hujan yang ideal untuk beternak kambing berkisar antara 1.500 – 3.000 mm/tahun.
c. Kelembaban Udara
Kelembaban udara akan semakin tinggi seiring tingginya curah hujan. Adapun kelembaban udara yang ideal untuk ternak kambing berkisar antara 60 – 80%.
d. Suhu
Nafsu makan kambing dipengaruhi oleh perubahan suhu udara, semakin tinggi suhu udara, semakin turun nafsu makan. Sehingga akan menghambat pertumbuhan kambing. Sebaiknya untuk bakalan yang akan digemukkan harus berasal dari lokasi yang sama.
e. Arah Angin
Melalui angin terkadang penyakit pada kambing akan dapat saling menular. Selain itu tiupan angin yang besar juga dapat mengganggu kesehatan ternak. Oleh karenanya disarankan untuk menanam pohon di sekitar kandang ternak yang berfungsi sebagai pelindung atau dapat pula digunakan pembangunan dinding.

2. Sumber daya alam
a. Air
Ketersediaan air menjadi faktor yang amat penting dalam usaha ternak kambing. Karena, air dibutuhkan sehari-hari oleh ternak baik dari segi pakan maupun untuk kebersihan kandang. Sumber air dapat berupa sungai, kolam atau air tanah(sumur).
b. Tanah
Tanah yang subur menjadi salah satu aset utama beternak. Karena tanah subur akan menghasilkan pakan hijauan yang melimpah. Menanam pakan hijau di areal  kandang akan mampu menghemat biaya pakan jika memungkinkan.

3. Sumber daya manusia
Tenaga kerja sebaiknya berasal dari sekitar peternakan. Hal ini sebagai upaya untuk memberdayakan masyarakat sekitar dan sebagai bentuk tanggung jawab sosial usaha peternakan. Selain itu juga diupayakan tenaga kerja adalah orang yang menyukai dunia peternakan dan memiliki ilmu yang cukup untuk usaha ternak.

4. Kultur sosial masyarakat
Menentukan lokasi ternak perlu melihat kultur sosial masyarakat yang ada. Hal ini penting, karena dukungan masyarakat sekitar akan sangat membantu usaha ternak kita. Masyarakat petani memiliki kultur sosial yang cocok untuk pengembangan usaha ternak kambing. Karena hal tersebut dapat memberikan pengaruh mutualisme yakni petani menyediakan pakan hijau sedangkan peternak menyiapkan pupuk organik dari kotoran kambing.

5. Sarana dan prasarana
Sarana yang utama untuk usaha ternak adalah kandang ternak. Pada umumnya terdapat 2 jenis kandang ternak yaitu :
a. Kandang non panggung
Lantai dasar terbuat dari tanah atau lantai yang disemen. Kandang jenis ini telah lama digunakan utamanya pada ternak yang jumlahnya sedikit. Kandang biasanya dibangun berdekatan dengan rumah peternaknya.
b. Kandang panggung
Kandang panggung memiliki jarak antara tanah dengan lantai kandang. Hal tersebut berfungsi menyalurkan kotoran kambing. Adapun lantai di bawah kandang  dibuat agak miring ke arah saluran pembuangan sehingga kotoran kambing tidak tercecer.

Demikianlah tips beternak kambing yang baik yang dapat mimin sajikan, semoga bermanfaat. Adapun bagi sahabat AB dan saudara muslim lainnya, yang saat ini sedang membutuhkan jasa pemesanan hewan qurban untuk Idul Adha 2018, Aqiqah Berkah telah menyediakan hewan qurban 2018.Adapun hewan yang tersedia adalah :
1) Sapi Jawa
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
2) Sapi Bali
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
3) Kambing Gibas
– Berat : Mulai dari 24-29 kg
– Umur : -+ 1 tahun
– Harga : Mulai dari Rp.1.850.000,-
(Untuk jenis lebih lengkap dan terupdate bisa menghubungi kontak kami)

Sapi dan Kambing qurban di atas dapat Anda pesan melalui beberapa Paket Qurban 2018 Aqiqah Berkah yakni sebagai berikut :
1. Paket Qurban Peduli Syar’i
Pada paket qurban peduli syar’i, kami menyediakan pemesanan hewan qurban sekaligus jasa pemotongan hewan qurban secara syar’i. Untuk penyaluran daging qurban, Anda dapat memesan tempat yang dikehendaki atau yang diamanahkan seperti panti asuhan, pondok pesantren, dll sebagai tempat pembagian daging qurban. Kami menerima jasa pemesanan paket qurban dari kota Anda (Jawa dan Luar Jawa).
2. Paket Qurban Mandiri Syar’i
Pada paket ini kami menyediakan jasa pemesanan hewan qurban syar’i dan untuk penyembelihannya dilakukan mandiri oleh orang yang akan berqurban. Selanjutnya kami siap mengantar hewan qurban yang telah Anda pesan.

aqiqahberkah.com

Silahkan bagi sahabat AB yang ingin memesan penawaran paket qurban 2018 dari kami. Karena kami Aqiqah Berkah siap menjadi mitra anda yang beramanah untuk membantu kelancaran ibadah qurban anda. Pesan paket qurban yang anda kehendaki mulai dari sekarang, untuk mendapatkan harga yang ekonomis. Berikut kontak kami yang dapat anda hubungi.

SMS : 0857 4962 2504
Whatsapp : +6281 335 680 602
Pin BB : D801E13D

~ aqiqahberkah.com : Kami Hadir Untuk Melayani~

Tags: , , , , , , ,