Rumah Aqiqah Jember

Rumah Aqiqah Jember

Apa kabar untuk para sahabat Aqiqah Berkah. Nungguin artikel mengenai aqiqah ya…:-) ini kami mau mengulas tentang Rumah Aqiah Jember. Harap tenang ya,…:-). Kami tidak ada bosan-bosannya kok menyuguhkan informasi mengenai aqiqah. Informasi-informasi tentang aqiqah terus update di website ini. Tapi kami akan menceritakan fakta mengenai Kota Jember terlebih dahulu. Yuk d baca…. cekidot bray….;-)

Inilah sejumlah fakta menarik tentang Jember :
1. Kabupaten Jember adalah kabupaten dengan wilayah terluas ketiga di Jawa Timur setelah Kabupaten Banyuwangi (5.783,50 km2) dan Kabupaten Malang (4.576 km2). Luas wilayah Jember sendiri adalah 3.293,34 km2.

2. Kabupaten Jember memiliki populasi/ jumlah penduduk terbesar ketiga di Jawa Timur setelah Kota Surabaya dan Kabupaten Malang.

3. Di Jember terdapat Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, yang merupakan satu-satunya di Indonesia. Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) Indonesa ini telah berdiri sejak 1 Januari 1911 pada zaman penjajahan Belanda dengan nama Besoekisch Proesfstation. Puslitkoka tersebut telah menjalin kerjasama dengan 28 negara. Tugas dan fungsi utama dari Puslitkoka Indonesia ini ada tiga, yakni untuk mendapatkan varietas/ klon bibit unggul baru kopi dan kakao (cokelat), melakukan kegiatan pelayanan kepada petani/ pekebun kopi Indonesia dan membina SDM serta ekosistem industri terkait.

Beberapa infrastruktur yang ada di Puslitkoka Indonesia antara lain adalah kebun (terletak di Jember, Malang dan Bondowoso), laboratorium dan perpustakaan. Untuk perpustakaan meliputi 12 ribu judul buku mengenai dunia kopi dan kakao, mulai dari yang modern sampai ke publikasi dari tahun 1700-an. Lalu untuk produk yang dihasilkan oleh Puslitkoka Jember berupa minuman kopi dan cokelat sachet, cokelat batangan dan lain-lain.

4. Di Jember pulalah tempat JFC (Jember Fashion Carnaval) lahir dan menjadi besar seperti sekarang hingga terkenal di seantero dunia.

Sekali lagi – JFC hanya ada di Jember!!
Awalnya karnaval ini hanya pekan mode sederhana yang diadakan di alun-alun Kota Jember. Akan tetapi, kemudian mucullah gagasan dari Dynand Fariz seorang disainer sekaligus pendidik di bidang fashion yang bermukim di Jember untuk mengubah pekan mode ini menjadi sebuah karnaval besar dan kini dikenal sebagai Jember Fashion Carnaval. Pelaksanaan JFC sendiri pertama kali disandingkan untuk memeriahkan HUT Kota Jember. Temanya pun berbeda tiap tahunnya dan tahun 2013 ini yang sudah diselenggarakan pada pada 23-25 Agustus 2013 mengangkat tema “ArTechsion” Proses persiapan menuju perhelatan spektauler ini kurang lebih memakan waktu satu tahun. Peserta JFC berasal dari berbagai kalangan dan usia dari seluruh Nusantara, mereka umumnya adalah seniman, desainer, pemerhati fashion dunia, pecinta fashion, model, hingga pelajar.

Karnaval ini juga semakin meriah dengan hadirnya Opening Defile berupa Live Performing Art dari JFC Marching Band. Akan ada juga Defile Archipelago dengan tema busana daerah dari masing-masing provinsi di Indonesia antara lain dari Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan lain-lain.

5. Jember Sebagai salah satu penghasil tembakau yang cukup terkenal.

6. Kabupaten Jember juga menyimpan surga wisata yang masih asri dan pastinya sayang banget kalo engga dikunjungi.

7. Jember juga surga makanan dan yang pasti murah meriah. Harga makanan di Jember ga bakal nguras kantong gan jadi yang ada planning mau sekolah atau pindahan ke Jember mangga gan. Salah satu makanan yang lagi hits nih di Jember untuk kalangan mahasiswa yaitu “BEBEK GALAK”. Yupp dari namanya aja udah terlintas Hot2 gimana gitu yaa. Bebek galak menjadi salah satu makanan favorit anak2 jember. Karena memang orang Jember kebanyakkan suka makanan yang bercita rasa “PEDAS”. harga yang dipatok untuk satu porsi bebek galak+nasi murah banget gan Cuma Rp13.000/porsinya.

8. Jember adalah salah satu kabupaten yang masih berkembang namun sudah memiliki Perguruan Tinggi Negeri yang cukup maju yaitu Universitas Jember. Kampus ane tercinta gan entah kapan lulusnya dari sini kegiatan Wisata Potensi sumber daya alam (pesisir, laut, hutan, dan aktivitas kehidupan masyarakat lokal) di wilayah timur dan selatan Kabupaten Banyuwangi dan Jember cukup potensial sebagai basis pengembangan kegiatan wisata bahari dan wisata alam. Pengembangan pariwisata di kawasan selatan harus berpijak pada kepentingan masyarakat dan pelestarian lingkungan.

jember-map-high

Kegiatan Wisata
Di pesisir timur-selatan Banyuwangi terdapat Semenanjung Blambangan dengan (kehidupan flora dan fauna) Taman Nasional Alas Purwo, Pantai Pancer, Teluk Grajakan, Pantai Plengkung, Pantai Lampon, Pantai Rajekwesi, Pantai Sukamade, serta Taman Nasional Meru Betiri yang wilayahnya membentang dari bagian barat daya Kabupaten Banyuwangi dan bagian tenggara Kabupaten Jember. Di pesisir selatan Jember terdapat pantai Bande Alit, Pantai Watu Ulo dan Tanjung Papuma, Pantai Puger, Pantai Paseban, dan Pantai Rowo Congak. Potensi sumber daya alam ini belum dikelola dengan baik.

Aktivitas sehari-hari masyarakat nelayan, pekerjaan melaut, dan aktivitas masyarakat di sekitar hutan alam merupakan objek wisata yang menarik. Kehidupan mereka belum menjadi bahan pemikiran untuk dikembangkan sebagai objek wisata. Nelayan-nelayan yang sedang berangkat melaut, menurunkan hasil tangkapan dari melaut, kegiatan transaksi hasil tangkapan yang secara dominan melibatkan kaum perempuan pesisir, perbaikan peralatan tangkap dan perahu, dan pembuatan perahu merupakan objek wisata yang menarik bagi masyarakat lain untuk memahami kehidupan nelayan.

Jumlah keseluruhan wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Banyuwangi dan bermalam di hotel di wilayah kerja Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kabupaten Banyuwangi pada tahun 2001 sebanyak 154.408 orang. Jumlah tersebut berbagi menjadi 140.745 orang wisatawan dalam negeri dan 13.663 orang wisatawan asing. Sementara itu, menurut data statistik tahun 2001 untuk kabupaten Jember, jumlah tamu asing yang menginap di hotel berbintang sebanyak 84 orang, tamu asing yang menginap di hotel melati 33 orang, jumlah tamu domestik yang menginap di hotel berbintang sebanyak 7.165 orang dan yang menginap di hotel melati sebanyak81.688 orang. Jika saja tamu-tamu dari luar daerah Jember tersebut diarahkan untuk mengunjungi objek-objek wisata bahari di Kabupaten Jember, niscaya hal ini bisa memberikan kontribusi untuk menggerakkan perekonomian masyarakat lokal. Jumlah kunjungan wisata masih berpeluang ditingkatkan sepanjang kegiatan wisata tersebut dikelola secara profesional.

Selain itu, kecenderungan yang terus meningkat pada dunia pariwisata adalah hasrat para wisatawan, khususnya wisatawan asing, untuk menikmati suasana kehidupan masyarakat kita yang masih alamiah dan tradisional, yang penuh kedamaian. Suasana kehidupan demikian dapat ditemukan di daerah pedesaan, baik di desa-desa pertanian dataran rendah dan pegunungan maupun desa-desa pesisir. Suasana kehidupan tradisional telah menjadi daya tarik pariwisata dan menjadi potensi sosial ekonomi yang bisa dikembangkan untuk kegiatan wisata berbasis komunitas dan bertumpu pada sumber daya (alam dan sosial) lokal.

Paradigma pembangunan pariwisata berbasis komunitas harus menggantikan paradigma yang bertumpu pada kekuatan modal besar, seperti selama ini dipraktikan. Paradigma terakhir ini lebih mengabdi pada kepentingan pemilik modal. Sebaliknya, paradigma pertama akan lebih menguntungkan komunitas. Untuk mengembangkan pariwisata pantai (bahari), penerapan paradigma pertama lebih tepat dan kontekstual dengan kepentingan kehidupan masyarakat pesisir atau masyarakat nelayan. Paradigma kedua justru akan menyingkirkan masyarakat nelayan karena mereka dianggap bukan potensi sosial dan bisa menganggu pembangunan pariwisata.

Nah mungkin itulah yang dapat kami sampaikan mengenai fakta kota Jember dan kegiatan wisata. Semoga bermanfaat. Selanjutnya kami akan mengulas mengenai aqiqah. Yukkkk lanjut lagi…

Pengertian Aqiqah
Kata Aqiqah berasal dari kata Al-Aqqu yang berarti memotong (Al-Qoth’u). Al-Ashmu’i berpendapat aqiqah asalnya adalah rambut di kepala anak yang baru lahir. Kambing yang dipotong disebut aqiqah karena rambut anak tersebut dipotong ketika kambing itu disembelih.

Aqiqah adalah sembelihan untuk anak-anak yang baru lahir sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Dengan niat dan syarat-syarat tertentu. Dalam aqiqah ini yang disembelih adalah kambing, bukan ayam atau sapi atau unta dan lain sebagainya. Bagi bayi laki-laki aqiqahnya dua ekor kambing yang seimbang atau setara dan bagi bayi perempuan seekor kambing. Oleh sebagian ulama ia disebut dengan nasikah atau dzabihah (sembelihan).

Hal ini berdasarkan keterangan Aisyah yang artinya,”Rasulullah SAW memerintahkan kepada kami supaya menyembelih aqiqah untuk anak laki-laki kami dua ekor dan untuk wanita seekor.” (HR. At-Tirmidzi).

Hukum di Syariatkan Aqiqah
Hukum Aqiqah menurut syariat itu sendiri menurut kalangan Syafi’i dan Hambali adalah sunnah muakkadah. Dasar yang dipakai oleh kalangan Syafi’i dan Hambali dengan mengatakan sebagai sesuatu yang sunnah muakkad adalah hadist nabi Muhammad SAW yang artinya, “Anak-anak tergadai (tertahan) pada aqiqahnya, disembelih pada hari ketujuh, dan pada hari itu pula dicukurlah ia dan diberi nama.” (HR. Al-Tirmidzi, Nasa’i dan Ibnu Madjah, dari Hasan).

Dari Ummu Kurzin Al-Ka’biyah r.a.., ia berkata Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda,”Bagi anak laki-laki dua ekor kambing yang sama, sedangkan bagi anak perempuan satu ekor kambing.” (HR. Al-Tirmidzi dan Ahmad)

Hewan Untuk Aqiqah
Di dalam riwayat imam Ahmad HR. At-Tirmidzi disebutkan :
Dari Ummu Kurzin Al Ka’biyah, bahwa ia pernah bertanya kepada Rasulullah SAW tentang Aqiqah. Beliau bersabda :
“Untuk bayi laki-laki dua ekor kambing kibas dan untuk bayi perempuan seekor kambing kibas dan tidaklah merugikan kamu yang jantan atau yang betina.”

Hadist diatas menyatakan secara jelas bahwa hewan aqiqah boleh jantan boleh juga betina. Tentang berapa umur binatang tersebut, tidak ada perinciannya lebih lanjut dari binatang tersebut, tidak ada perincian lebih lanjut dari rasulullah SAW. Hal ini berbeda dengan kambing yang disembelih untuk Idul Qurban, umurnya jelas, ciri dan keadaannya pun jelas, yaitu kambing harus berumur satu tahun keatas, tidak kurus, tidak pincang, tidak cacat mata. Tapi harus sehat dan gemuk. Untuk aqiqah ini disunnahkan dimasak terlebih dahulu sebelum dibagi.

Penyaluran Aqiqah
Mereka yang paling layak menerima sedekah adalah orang fakir dan miskin dari kalangan umat Islam, begitu juga dengan aqiqah, mereka yang paling layak menerima adalah orang miskin dikalangan umat Islam. Daging selain disedekahkan juga bisa dimakan oleh keluarga yang melakukan aqiqah. Hal ini berdasarkan hadist Aisyah r.a. :
“Sunnahnya dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan, ia dimasak tanpa mematahkan tulangnya. Lalu dimakan (oleh keluarganya), dan disedekahkan pada hari ketujuh.” (HR. Al-Baihaqi)

Hikmah Aqiqah

  1. Wujud rasa syukur seorang hamba kepada Allah SWT.
  2. Mewujudkan rasa saling berbagi dengan orang-orang yang kurang mampu (dhuafa).
  3. Mempererat ukhuwah sesama kaum muslimin.
  4. Membebaskan anak dari ketergadaian.
  5. Pembelaan orang tua di hari kemudian.
  6. Menghindari anak dari musibah dan kehancuran, sebagaimana pengorbanan Nabi Ismaila a.s dan Ibrahima a.s.
  7. Pembayaran hutang orang tua kepada anaknya.
  8. Pengungkapan rasa gembira demi tegaknya islam dan keluarganya keturunan yang di kemudian hari akan memperbanyak ummat Muhammad SAW.
  9. Memperkuat tali silaturrahmi di antara anggota masyarakat dalam menyambut kedatangan anak.
  10. Sumber jaminan sosial dan menghapus kemiskinan di masyarakat.
  11. Melepaskan bayi dari godaan setan dalam urusan dunia dan akhirat.

Aqiqah dan kepedulian
Pada aspek sosial, Ibadah aqiqah dapat menjalin ukhuwah pada sesama tatkala kambing yang disembelih lalu dimasak. Masakan aqiqah tersebut tidak diantar ke shohibul aqiqah tetapi dibagikan kepada masyarakat yang tidak berpunya (dhuafa) baik dari kalangan yatim piatu atau dhuafa pada umumnya, terlebih jika dalam pengadaannya pun melibatkan para peternak kecil yang siap menyediakan hewan aqiqah, belum lagi hasil dari pengelolaan aqiqah dikembalikan kepada orang-orang tak berpunya (dhuafa) dalam bentuk yang lain.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai aqiqah. Semoga apa yang kami sampaikan mengenai aqiqah ini dapat membantu dan memberi pandangan untuk anda yang akan melaksanakan aqiqah. Kali ini mau membahas sedikit mengenai aqiqah yang ada di jember.

Pasti kalian udah taukan.. di indonesia ini banyak sekali layanan aqiqah, jasa aqiqah, dan sejenisnya. Nah.. di Aqiqah jember ini menyediakan paket aqiqah yang murah, praktis dan mudah yang berbeda dengan layanan atau jasa aqiqah lainnya. Kambing aqiqah yang berkualitas di ambil dari peternakan sendiri dan pastinya kambing yang terbaik memenuhi syar’i.

Kami Aqiqah Berkah disamping sebagai wahana berbagi ilmu juga menerima pesanan paket aqiqah tanpa bau prengus. Pesan aqiqah di Aqiqah Berkah, Mudah, Murah, Praktis dan Nyaman.

Alasan Aqiqah Lewat Aqiqah jember?
Aqiqah Jember merupakan sebuah unit usaha yang digagas oleh badan wakaf peduli dhuafa. Badan wakaf peduli dhuafa merupakan sebuah lembaga visioner dan inspirator kemandirian, dimana karyawan yang tergabung dalam lembaga ini berkomitmen untuk mentasrufkan dana ZISWAF-nya 100% kepada orang-orang yang membutuhkan. Gaji karyawan akan diambilkan dari unit usaha yang demikiannya, diantaranya peternakan sapi,cetering aqiqah, pengelolaan hewan qurban.

kambing aqiqah
Berikut keuntungan yang anda dapatkan :
1. Kambing berkualitas tinggi dan telah memenuhi syarat untuk aqiqah
2. Kambing disembelih oleh ahlinya sesuai syariat Islam (wajib dan sunnah)
3. Kambing dapat dilihat dan dipilih langsung di kandang
4. Kami melayani Jasa Aqiqah untuk daerah Jember
5. GRATIS biaya pemotongan
6. Kambing potong sehat, baik/sesuai syariah
7. Menu bervariatif: Sate, Gulai, Sop, Tongseng, Semur dll.
8. Pembayaran setelah barang sampai / transfer.
9. Siap menyalurkan kepada yang berhak: pondok pesantren, panti asuhan dan fakir miskin.

Di Layanan Aqiqah Lamongan ini hanya disediakan paket Aqiqah Peduli saja.
Aqiqah Peduli (Tebar Aqiqah Berkah)

  1. Dikemas dalam benttuk walimatul aqiqah.
  2. Masakan di antar ke panti asuhan, masyarakat yang membutuhkan, pondok pesantren, desa binaan lengkap dengan nasi, kerupuk, buah dan air mineral.
  3. Shohibul aqiqah akan mendapatkan foto hewan aqiqah. Ucapan terima kasih dari wakil penerima aqiqah, laporan dan dokumentasi pelaksanaan aqiqah.

Aqiqah Peduli dengan Kambing Betina

peduli
Aqiqah Peduli dengan Kambing Jantan

peduli1

Jika anda akan melakukan aqiqah, segera hubungi kami. Kami akan membantu pelaksanaan aqiqah anda.

Untuk Informasi dan Pemesanan bisa Menghubungi :

WA : +6281335680602
BBM : D801E13D
TELPON/SMS : 085749622504

_-_Aqiqah Berkah Siap Membantu Pelaksanaan Aqiqah Anda_-_

Tags: , , , , , , ,