Langkah Beternak Hewan Kambing Yang Baik

Hewan kambing merupakan jenis ternak ruminansia kecil yang banyak dikembangkan dan dibudidayakan di Indonesia. Kebanyakan masyarakat yang mengembangkan ternak hewan kambing adalah masyarakat petani yang bermukim dekat areal pertanian atau perkebunan. Untuk melakukan ternak kambing salah satu hal yang harus diperhatikan adalah asupan makanan yang digemari oleh si Kambing. Karena dengan begitu, akan memberikan efek yang maksimal dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Adapun beberapa langkah beternak hewan kambing yang baik yaitu ebagai berikut :

1. Memilih bibit atau peranakan yang baik
Ciri hewan kambing jantan yang sehat
– Memiliki tubuh yang sehat
– Kulit bersih dan mengkilat
– Tidak memiliki cacat
– Tumit tinggi
– Aktif dan lincah
Ciri hewan kambing betina yang sehat
– Memiliki tubuh yang sehat
– Kulit bersih dan mengkilat
– Tidak cacat
– Ambing normal

2. Memenuhi asupan pakan yang baik
Pakan kambing secara umum terdiri dari 2 jenis yaitu :
a. Pakan hijauan
Yaitu terdiri dari rumput alam, rumput budidaya (rumput setaria, brachiaria, dan clitoria ternatea), daun kacang-kacangan (kacang tanah, daun kacang panjang, daun kedelai, daun gamal, daun turi, daun lamtoro, dan daun kaliandra).
b. Pakan konsentrat
Yaitu dedak padi.

3. Menyiapkan kandang yang memadai
Dalam pembangunan kandang kambing sebaiknya diletakkan pada tempat yang banyak mendapatkan sinar matahari. Banyaknya sinar matahari yang masuk dalam kandang kambing akan menjadikan kandang tidak lembab.  Kandang yang baik digunakana adalah kandang model panggung, karena dengan moel ini kandang akan lebih terjaga kebersihannya. Adapun tembok untuk kandang harus cukup ventilasi namun tetap harus melindungi kambing dari terpaan angin. Hal ini untuk mencegah penyebaran penyakit melalui udara.
Fungis pemeliharaan kambing dalam kandang adalah :
a. Memudahkan pengawasan terhadap kesehatan kambing
b. Memudahkan pemberian pakan
c. Menjaga keamanan ternak
Adapun ukuran kandang yang dapat direferensikan adalah :
–    Anak: 1 X 1,2 m /2 ekor (lepas sapih)
–    Jantan dewasa: 1,2 X 1,2 m/ ekor
–    Dara/ Betina dewasa:1 X 1,2 m /ekor
–    Induk dan anak: 1,5 X 1,5 m/induk + 2 anak

4. Mengatahui penyakit dan penanganannya
Sebagai peternak sudah seyogyanya harus mengetahui penyakit yang menyerang ternaknya. Adapun beberapa penyakit yang biasa menyerang ternak hewan kambing adalah :
1. Penyakit cacingan
2. Penyakit kudis (scabies/kurap)
3. Diare
4. Keracunan
5. Kembung perut

5. Memahami fase perkembangbiakkan
Fase perkembangbiakkan merupakan hal yang penting untuk dipahami bagi para peternak. Melalui fase ini, peternak akan memperoleh peranakan yang dapat digunakan untuk modal bibit kedepannya. Adapun beberapa fase yang harus diperhatikan oleh para peternak adalah :
a. Mengatur perkawinan kambing
b. Mengetahui waktu untuk mengawinkan
c. Menangani kelahiran dengan benar
d. Memahami perawatan anak kambing
e. Memahami waktu penyusuan
f. Mengetahui perkiraan umur dengan tumbuhnya gigi

aqiqah berkah dan qurban 2018

Demikianlah sahabat AB rangkuman singkat yang dapat mimin sajikan tentang tlangkah beternak hewan kambing yang baik, semoga bermanfaat. Selanjutnya bagi sahabat AB yang tahun ini berkesempatan untuk melaksanakan ibadah qurban dan sekarang membutuhkan informasi terkait harga hewan qurban 2018, berikut Aqiqah Berkah menyajikannya untuk saudara :
1) Sapi Jawa
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
2) Sapi Bali
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
3) Kambing Gibas
– Berat : Mulai dari 24-29 kg
– Umur : -+ 1 tahun
– Harga : Mulai dari Rp.1.850.000,-
(Untuk jenis lebih lengkap dan terupdate bisa menghubungi kontak kami)

Harga Sapi dan Kambing qurban di atas dapat Anda pesan pada Aqiqah Berkah, melalui beberapa Paket Qurban 2018 yang kami sediakan yakni sebagai berikut :
1. Paket Qurban Peduli Syar’i
Pada paket qurban peduli syar’i, kami menyediakan pemesanan hewan qurban sekaligus jasa pemotongan hewan qurban secara syar’i. Untuk penyaluran daging qurban, Anda dapat memesan tempat yang dikehendaki atau yang diamanahkan seperti panti asuhan, pondok pesantren, dll sebagai tempat pembagian daging qurban. Kami menerima jasa pemesanan paket qurban dari kota Anda (Jawa dan Luar Jawa).
2. Paket Qurban Mandiri Syar’i
Pada paket ini kami menyediakan jasa pemesanan hewan qurban syar’i dan untuk penyembelihannya dilakukan mandiri oleh orang yang akan berqurban. Adapun kota yang kami sediakan untuk layanan paket qurban mandiri adalah :
(a) Jombang
(b) Mojokerto
(c) Nganjuk
(d) Kediri
(e) Tulungagung
(f)  Ngawi
(g) Magetan
(h) Ponorogo
(i)  Madiun

Silahkan bagi sahabat AB yang ingin memesan penawaran paket qurban 2018 dari kami. Karena kami Aqiqah Berkah siap menjadi mitra anda yang beramanah untuk membantu kelancaran ibadah qurban anda. Pesan paket qurban yang anda kehendaki mulai dari sekarang, untuk mendapatkan harga yang ekonomis. Berikut kontak kami yang dapat anda hubungi.

SMS : 0857 4962 2504
Whatsapp : +6281 335 680 602
Pin BB : D801E13D

~ aqiqahberkah.com : Kami Hadir Untuk Melayani~

Tags: , , , , ,