Jenis Sapi Potong (pedaging) Impor

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Selamat sore sahabat AB, bagaimana kabarnya ?? semoga dalam keadaan sehat lahir dan batinnya.. Amiin ya Rabb… Iya sobat, kali ini mimin ingin mengulas tentang salah satu hewan ternak yakni sapi potong atau sapi pedaging. Adapun dalam pembahasan kali ini, mimin akan berfokus untuk mengulas jenis sapi potong (pedaging) import. Pada jenis sapi import ada yang bisa dikembangbiakkan di Indonesia dan ada pula yang tidak bisa dikembangbiakkan karena iklim yang kurang mendukung. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Sapi Brahman
Jenis Sapi Brahman merupakan keturunan dari sapi Zebu (Boss Indiscuss). Aslinya dari India dan kemudian masuk ke Amerika pada tahun 1849. Adapun sapi ini masuk di Indonesia pada tahun 1974. Karakteristik dari Sapi Brahman adalah memiliki punuk yang besar dan berkulit longgar, memiliki gelambir dibawah leher hingga perut dengan ukuran yang lebar disertai banyaknya lipatan-lipatan. Selain itu, juga memiliki telinga panjang yang posisinya menggantung dan memiliki ujung yang runcing.

2. Sapi Shortorn
Sapi shortorn banyak dikembangbiakkan di Inggris. Sapi ini memiliki bentuk punggung yang relatif lurus, memiliki bulu warna merah bata dengan campuran putih, memiliki tanduk pendek (namun banyak yang tidak bertanduk). Pada jenis jantan bobot sapi ini berkisar 1100 kg, sedangkan pada jenis betina mencapai 850 kg.

3. Sapi Hereford
Sapi hereford masih memiliki kesamaan dengan sapi jenis shortorn, yakni sapi yang dikembangbiakkan di Inggris. Pada sapi hereford memiliki bulu merah bata hingga coklat gelap di seluruh tubuh (kecuali bagian muka, dada, perut bagian dalam, dan ujung ekor yang berwarna putih. Sapi ini ada yang bertanduk dan ada pula yang tidak. Untuk jenis jantan bobot berkisar 900 kg dan jenis betina mencapai 725 kg.

4. Sapi Simmental
Sapi Simmental merupakan sapi dari bangsa Bos taurus (Talib dan Siregar, 1999). Sapi Simmental berasal dari daerah Simme yang berada di negara Switzerland. Sapi Simmental memiliki tubuh yang besar. Adapun bulu sapi ini berwarna kuning, merah bata, putih, dan hitam. Sapi Simmental juga termasuk jenis sapi yang jinak. Bobot sapi jantan mencapai 1000-1400 kg dan sapi betina mencapai 600-850 kg.

5. Sapi Limousin
Sapi limosin merupakan jenis sapi yang awal mulanya dibudidayakan di Eropa yakni di negara Perancis yang memiliki iklim dingin. Sapi ini termasuk jenis pedaging. Sapi limousin memiliki tubuh yang besar dan panjang serta bagian dada yang lebar dan berdaging tebal (volume rumen yang besar) serta mampu menambah konsumsi lebih besar di luar kebutuhan makannya. Adapun bobot sapi jantan mencapai 850 kg dan betina 650 kg.

Dari jenis sapi potong (pedaging) impor di atas, yang saat ini telah sukses dikembangbiakkan di Indonesia adalah sapi brahman, sapi limousin dan sapi simmental. Sedangkan untuk jenis yang lain, saat ini masih belum ada informasi pengembangannya. Demikianlah sahabat AB, ulasan ringkas mengenai jenis sapi potong (pedaging) unggul impor yang dapat mimin sajikan, semoga bermanfaat.

Adapun bagi sahabat AB dan saudara muslim lainnya, yang saat ini sedang membutuhkan jasa pemesanan hewan qurban untuk Idul Adha 2016, Aqiqah Berkah telah menyediakan hewan qurban 2016. Adapun hewan yang tersedia adalah :
1) Sapi Jawa
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
2) Sapi Bali
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
3) Kambing Gibas
– Berat : Mulai dari 24-29 kg
– Umur : -+ 1 tahun
– Harga : Mulai dari Rp.1.850.000,-
(Untuk jenis lebih lengkap dan terupdate bisa menghubungi kontak kami)

Sapi dan Kambing qurban di atas dapat Anda pesan melalui beberapa Paket Qurban 2016 Aqiqah Berkah yakni sebagai berikut :
1. Paket Qurban Peduli Syar’i
Pada paket qurban peduli syar’i, kami menyediakan pemesanan hewan qurban sekaligus jasa pemotongan hewan qurban secara syar’i. Untuk penyaluran daging qurban, Anda dapat memesan tempat yang dikehendaki atau yang diamanahkan seperti panti asuhan, pondok pesantren, dll sebagai tempat pembagian daging qurban. Kami menerima jasa pemesanan paket qurban dari kota Anda (Jawa dan Luar Jawa).
2. Paket Qurban Mandiri Syar’i
Pada paket ini kami menyediakan jasa pemesanan hewan qurban syar’i dan untuk penyembelihannya dilakukan mandiri oleh orang yang akan berqurban. Selanjutnya kami siap mengantar hewan qurban yang telah Anda pesan. Adapun kota yang kami sediakan untuk layanan paket qurban mandiri adalah
(a) Jombang
(b) Mojokerto
(c) Nganjuk
(d) Kediri
(e) Tulungagung
(f)  Ngawi
(g) Magetan
(h) Ponorogo
(i)  Madiun

Silahkan bagi sahabat AB yang ingin memesan penawaran paketaqiqah berkah dan qurban 2016 qurban 2016 dari kami. Karena kami Aqiqah Berkah siap menjadi mitra anda yang beramanah untuk membantu kelancaran ibadah qurban anda. Pesan paket qurban yang anda kehendaki mulai dari sekarang, untuk mendapatkan harga yang ekonomis. Berikut kontak kami yang dapat anda hubungi.

SMS : 0857 4962 2504
Whatsapp : +6281 335 680 602
Pin BB : 7C0B38CE

~ aqiqahberkah.com : Kami Hadir Untuk Melayani~

Tags: , , , , , ,