Jenis Sapi Kurban

Assalamu’alaikum… 🙂
Bagaimana pembaca, apa kabar dengan persiapan idul qurban 2018 esok ? semoga menunjukkan progres yang baik ya .^_^. Dalam kesempatan kali ini mimin akan membagikan sedikit info tentang sapi kurban (qurban) yang dapat dijadikan pilihan ketika anda akan melaksanakan qurban di tahun 2018 ini. Berikut sajiannya 🙂

JENIS SAPI KURBAN

1. Sapi Limousin
a) Karakteristik Sapi Limousin

jenis sapi limousin

Sapi Limousin merupakan sapi dari bangsa Bos turus (Talib dan Siregar, 1999). Sapi ini dikembangkan pertama di Perancis. Sapi Limousin merupakan tipe sapi pedaging dengan perototan yang lebih baik dari Simmental. Sapi Limousin memiliki bulu yang berwarna coklat tua kecuali disekitar bagian ambing berwarna putih serta pada bagian lutut kebawah dan sekitar mata berwarna lebih muda. Pada bentuk tubuh jenis Sapi Limousin ini yaitu besar, panjang, padat dan kompak. Adapun keunggulan dari jenis Sapi Limousin adalah pertumbuhan baanya yang sangat cepat. Secara genetik, Sapi Limousin merupakan sapi potong yang berasal dari daerah yang beriklim dingin. Selain itu Sapi Limousin juga termasuk sapi tipe besar yang mempunyai volume rumen besar, voluntary intake (kemampuan menambah konsumsi diluar kebutuhan yang sebenarnya) yang tinggi, kecepatan dalam membuat metabolic rate. Pada perkembangannya di Indonesia, Sapi Limosin disilangkan dengan berbagai jenis sapi lain, semisal dengan jenis sapi peranakan ongole, sapi brahman, atau sapi hereford.
b) Keistimewaan Sapi Limosin
1. Proses pertumbuhannya lebih cepat
2. Proses penggemukan lebih pendek dan singkat
3. Memiliki daya tahan tubuh yang kuat terhadap serangan penyakit
4. Badan dan ukuran beratnya yang juga lebih tinggi sehingga jumlah dagingnya pasti lebih banyak
5. Termasuk jenis sapi potong

2. Sapi Simmental
a) Karakteristik Sapi Simmental

jenis sapi simentalSapi Simmental merupakan sapi dari bangsa Bos taurus (Talib dan Siregar, 1999). Sapi Simmental berasal dari daerah Simme yang berada di negara Switzerland. Adapun perkembangannya sekarang, lebih cepat di benua Eropa dan Amerika daripada negara asalnya. Sapi Simmental merupakan tipe sapi perah dan pedaging. Sapi ini memiliki warna bulu coklat kemerahan (merah bata). Adapun pada bagian muka dan lutut kebawah serta ujung ekor berwarna putih. Untuk ukuran berat, Sapi Simmental jantan dewasa mampu mencapai berat badan 1150 kg sedangkan pada jenis Sapi Simmental betina dewasa mampu mencapai berat badan 800 kg. Bentuk tubuhnya kekar dan berotot, sapi jenis ini sangat cocok dipelihara di tempat yang iklimnya sedang.
b) Keistimewaan Sapi Simmental
1. Persentase atau kandungan karkas sapi jenis ini tinggi, mengandung sedikit lemak sehingga dapat difungsikan sebagai sapi perah dan potong
2. Waktu pemeliharaan yang relatif singkat

3. Sapi Brahman
a. Karakteristik Sapi Brahman

sapi brahmanJenis Sapi Brahman merupakan keturunan dari sapi Zebu (Boss Indiscuss). Aslinya dari India dan kemudian masuk ke Amerika pada tahun 1849. Adapun sapi ini masuk di Indonesia pada tahun 1974. Karakteristik dari Sapi Brahman adalah memiliki punuk yang besar dan berkulit longgar, memiliki gelambir dibawah leher hingga perut dengan ukuran yang lebar disertai banyaknya lipatan-lipatan. Selain itu, juga memiliki telinga panjang yang posisinya menggantung dan memiliki ujung yang runcing.
b. Keistimewaan Sapi Brahman
1. Termasuk jenis sapi potong
2. Persentase karkasnya 45%
3. Tidak terlalu selektif pada pakan yang diberikan
4. Memiliki daya tahan terhadap gigitan caplak dan nyambuk
5. Tahan terhadap panas
6. Jangka waktu beranak 531,1 hari
7. Kisaran Berat Lahir 26,26 Kg, Berat Sapih 100,1 Kg dan Berat Setahun 289,5 Kg

4. Sapi Bali
a. Karakteristik Sapi Bali

jenis sapi baliJenis Sapi Bali merupakan sapi asli Indonesia. Sapi Bali merupakan hasil dari domestikasi dari Banteng (Bibos Banteng). Sapi ini termasuk jenis sapi potong. Pada perkembangannya saat ini, Sapi Bali telah tersebar di seluruh Indonesia dan ada pula yang diliarkan di Taman Nasional Baluran, Taman Nasional Bali Barat, dan Taman Nasional Ujung kulon. Adapun karakteristik dari Sapi Bali yaitu sapi jenis betina dan anak sapi (pedhet) berwarna merah keemasan. Sedangkan pada jantan dewasa memiliki warna kulit hitam. Selain itu, memiliki warna putih pada bagian lutut hingga ujung kaki dan bentuk oval pada bagian pantat belakang. Adapun pada bagian kepala memiliki ukuran lebar, pendek, dahi dengan bentuk datar dan telingan berukuran sedang dan berdiri. Pada bagian tanduk berukuran besar dan panjang serta mengarah ke samping atas depan. Pada bagian dada dalam memiliki kaki yang kuat.
b. Keistimewaan Sapi Bali
1. Memiliki persentase karkas sebesar 53% – 57%
2. Memiliki daya tahan terhadap serangan penyakit

Setelah mengetahui jenis sapi di atas dan keistemewaan masing-masing sapi, semoga dapat membantu pembaca dan saudara-saudara yang akan mempersiapkan hewan qurban untuk idul adha 2018 ini. Adapun jenis sapi kurban di atas dapat diperoleh dari jasa layanan “aqiqah berkah”. “Aqiqah Berkah” dapat menjadi mitra anda dalam penyediaan hewan qurban 2018 ini. Kami akan memberikan jenis sapi kurban yang berkualitas sesuai dengan kriteria yang saudara harapkan. Mari persiapkan hewan qurban kita sejak awal. Semoga Allah memudahkan ibadah qurban anda di tahun 2018. Amiiiin Ya Rabb.
~ Aqiqah Berkah : Kami siap melayani anda dengan sepenuh hati ~

SMS : 0857 4962 2504

Whatsapp : +6281 335 680 602

Pin BB : D801E13D

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,