Harga Hewan

HARGA HEWAN

Kapan Idul Adha tahun 2018 ? Kapan aqiqah dilaksanakan ? Bagaimana memilih hewan qurban yang baik menurut syariat agama ? Apa saja hewan qurban yang dianjurkan agama ? Apa saja hewan aqiqah yang paling utama ? Berapa harga hewan tahun ini ?

Banyak pertanyaan yang muncul ketika mendekati musim qurban tiba, baik itu sekedar untuk mengetahui hari libur atau mengetahui harga hewan qurban paling update. Untuk itu Aqiqah Berkah menyampaikan artikel yang relevan dengan hal-hal diatas. Semoga artikel berikut ini bermanfaat dan mampu menjawab tanya para sahabat Aqiqah Berkah sekalian.

Harga hewan qurban dapat dipastikan akan mengalami kenaikan ketika menjelang musim qurban. Kesempatan ini akan dijadikan peluang terbesar bagi para peternak dan pebisnis untuk meraup keuntungan yang berlipat ganda. Sebagai calon pembeli haruslah pandai dan teliti dalam memilih kambing yang akan dipersembahkan untuk ibadah qurban. Kambing yang dipilih haruslah sesuai dengan tuntunan dan syariat agama Islam.

Selain memilih hewan untuk tujuan qurban, calon pembeli juga harus teliti memilih hewan aqiqah baik dari segi harga hewan, hingga usia kambing aqiqah yang dipilih. Untuk mengetahui kambing yang dipilih sempurna/ tidak cacat maka periksalahh tanduk, gigi serta bulu kambing. Periksa apakah giginya lepas atau tidak, atau tanduknya patah atau tidak. Perhatikan pula penyakit yang sering menyerang kambing, karena jika yang disembelih ternyata kambing berpenyakit maka akan membahayakan kehidupan masyarakat yang memakan daging tersebut.

Jangan asal harga hewan yang dipilih murah namun kualitas rendah. Perhatikan dengan detil hewan yang anda pilih telah sesuai dengan anjuran agama Islam. Berikut ini adalah ketentuan hewan yang diperbolehkan untuk aqiqah maupun qurban :

  1. Jenis kambing untuk aqiqah boleh berjenis kelamin jantan atau betina.
  2. Mengenai usia kambing aqiqah mengkiaskan dengan umur dhahaayaa (kambing qurban), yaitu untuk domba atau biri-biri cukup satu tahun atau kurang sedikit. Untuk kambing biasa umurnya cukup dua tahun dan masuk di tahun ketiga.
  3. Sifat kambing atau hewan sembelihan dikiaskan dengan dhahaayaa yaitu kambing yang sehat dan bagus, bukan kambing yang cacat dan sakit sebagaimana yang telah diterangkan oleh Imam Malik.

Setelah menemukan kambing yang sesuai baik dari segi fisik hewan atau harga hewan, maka segera tunaikan ibadah agar ibadah lebih sempurna. Adapun untuk syarat hewan yang disembelih dalam aqiqah adalah sebagai berikut :

  1. Kambing yang sempurna (tidak cacat) dan berusia satu tahun masuk dua tahun
  2. Domba yang sempurna (tidak cacat) yang berusia enam bulan dan masuk bulan ke tujuh
  3. Tidak boleh ada anggota badan hewan yang cacat
  4. Dagingnya tidak boleh dijual

Begitu pula dengan hewan atau kambing untuk qurban yang dianjurkan harus sempurna dan usia yang telah memenuhi syarat. Berikut ini beberapa syarat hewan untuk qurban :

  1. Hewan qurbannya berupa hewan ternak yaitu onta, sapi dan kambing, baik domba atau jenis kambing biasa.
    Telah sampai usia yang dituntut syariat berupa jaza’ah (berusia setengah tahun) dari domba atau tsaniyyah (berusia setahun penuh) dari yang lainnya.
  2. Bebas dari aib (cacat) yang mencegah keabsahannya, yaitu apa yang telah dijelaskan dalam hadits Nabi SAW.
  3. Hewan qurban tersebut milik orang yang berqurban atau diperbolehkan (di izinkan) baginya untuk berqurban dengannya. Maka tidak sah berqurban dari hasil merampok atau mencuri.
  4. Tidak ada hubungan dengan hak orang lian.
  5. Penyembelihan qurbannya harus dilaksanakan pada waktu yang ditentukan syariat.

Diatas tadi merupakan informasi mengenai harga hewan qurban maupun aqiqah. Sering-sering update informasi harga hewan qurban karena harga hewan akan menaik ketika menjelang Idul Adha.

Tags: , , , , , , , ,