Usia Kambing Aqiqah

USIA KAMBING AQIQAH

Assalamu’alaikum sahabat Aqiqah Berkah yang dirahmati Allah SWT. Semoga kita selalu dalam lindungan-Nya. Aamiin Ya Robbal ‘Alamin

Kambing Aqiqah Berkah

Pada kesempatan kali ini Aqiqah Berkah akan menyajikan informasi seputar usia kambing aqiqah. Pengetahuan mengenai pemilihan kambing untuk aqiqah sangatlah penting. Karena makna aqiqah dalam Islam merupakanmengalirkan darah hewan sembelihan, sehingga hewan atau kambing yang disembelih haruslah sesuai ketentuan syariat Islam.

Hewan sembelihan atau yang biasanya disembelih adalah kambing dan tidak dibatasi harus berjenis kelamin jantan atau betina. Tidak disyariatkan pula kambing dengan jenis kelamin tertentu oleh Rasulullah, seperti sabda Rasul sebagai berikut :

عن الغلام شاتان وعن الجارية شاة لايضركم أذكرانا كن أم إناثا

“Untuk anak laki-laki dua kambing, dan untuk anak perempuan satu kambing, dan tidak memudharati kalian apakah kambing-kambing tersebut jantan atau betina.” (HR. Ashhabus Sunan, dan dishahihkan Syeikh Al-Albany).

Makna aqiqah dalam Islam mensyariatkan bahwa hewan yang disembelih untuk aqiqah dengan ketentuan sebagai berikut ini :

  1. Jenis kambing untuk aqiqah boleh menggunakan kambung berjenis kelamin jantan atau kambing berjenis kelamin betina
  2. Usia kambing aqiqah mengkiaskan dengan usia kambing dhahaayaa (kambing qurban), yaitu : untuk domba atau biri-biri cukup satu tahun atau kurang sedikit. Untuk kambing usia biasa umurnya cukup dua tahun masuk tahun ketiga
  3. Adapun tentang sifatnya oun dikiaskan dengan dhaayaa yaitu kambing yang sehat dan bagus bukan kambing yang cacat dan sakit sebagaimana yang telah diterangkan oleh Imam Malik

Dari beberapa syariat tentang usia kambing aqiqah diatas menjadi referensi bagi para shohibul aqiqah maupun peternak kambing. Jadi ketika hendak melaksanakan aqiqah, pilih kambing yang memenuhi ketiga syarat diatas. Bagi para peternak, perawatan kambing khusus untuk aqiqah sangatlah penting sehingga konsumen akan puas terhadap pembelian hewan untuk ibadah.

Makna aqiqah dalam Islam merupakan salah satu syariat berupa pengurbanan untuk menebus anak atau bayi yang dilahairkan. Syarat kambingdan usia kambing aqiqah seperti disebutkan diatas. Untuk jumlah kambing sembeihan aqiqah, Rasul SAW bersabda :

“Bagi anak laki-laki disembelihkan dua ekor kambing dan bagi anak perempuan disembelihkan satu ekor kambing, dan tidak akan membahayakan kamu sekalian, apakah (sembelihan itu) jantan atau betina”. (Riwayat Imam Timrmidzi dan Ahmad).

Berdasarkan hadits diatas, Rasul telah memberi titik terang bahwa kambing aqiqah untuk bayi laki-laki atau bayi perempuan berbeda dalam jumlah yang akan disembelih. Untuk bayi laki-laki disembelih dua ekor kambing, sedangkan untuk bayi perempuan cukup seekor kambing. Tidak dijelaskan secara pasti kambing tersebut berjenis kelamin jantan atau betina. Namun jumhur ulama menganjurkan lebih utama menyembelih kambing jantan dan yang menghasilkan banyak daging.

Kini dengan semakin berkembangnya teknologi yang membuat banyak orang kehilangan waktu atau memiliki waktu yang sempit untuk mengurusi pelaksanaan aqiqah, maka mulai banyak bermunculan jasa layanan aqiqah. Pastikan terlebih dahulu bahwa jasa layanan aqiqah yang ditunjuk menyediakan kambing aqiqah yang telah memenuhi syarat seperti meneliti usia kambing aqiqah telah sesuai dengan syariat Islam atau tidak.

Aqiqah Berkah selalu menyeleksi kambing yang akan disembelih untuk aqiqah, baik dari segi kesempurnaan kambing hinga usia kambing aqiqah yang telah memenuhi syarat. Untuk informasi dan pemesanan kambing aqiqah, paket aqiqah peduli, paket aqiqah mandiri maupun souvenir aqiqah segera hubungi nomor layanan :

SMS 085749622504

Whatsapp +6281335680602

Pin BB D801E13D

Aqiqah Berkah akan dengan senang hati melayani sahabat Aqiqah Berkah untuk kelancaran aqiqah anak, aqiqah mandiri maupun aqiqah peduli. Selain pemesanan paket aqiqah, Aqiqah Berkah juga melayani pemesanan hewan aqiqah dan hewan qurban. Hewan aqiqah yang disediakan Aqiqah Berkah telah diseleksi usia kambing aqiqah agar ibadah aqiqah sah dan sesuai syariat Islam.

Tags: , , , , , , , ,