Bayi Baru Lahir Sering BAB

BAYI BARU LAHIR SERING BAB

Banyak orangtua yang terlalu menghawatirkan ketika sang bayi baru berusia beberapa hari namun tidak BAB atau malah justru terlalu sering BAB.

WhatsApp-Image-20180520 (1)

Jangan khawatir para orang tua yang memiliki bayi baru beberapa hari dilahirkan dan sang bayi tidak BAB selama 24 jam. Berikut ini akan diuraikan pola-pola buang air besar pada bayi yang berusia beberapa dan sering berubah-ubah. Bahkan ketika sang bayi meminum ASI eksklusif dan tidak BAB selama 7 hari pun termasuk dalam fase normal.

Pola buang air besar bayi tergantung pada usia. Untuk bayi yang baru lahir hingga usia 7 hari, normalnya akan BAB sampai 4 kali setiap harinya. Bayi yang diminumi susu formula maka akan sering BAB dibandingkan bayi yang hanya mengkonsumsi ASI Eksklusif.

Kebiasaan BAB bayi akan berkurang ketika berusia 3-6 minggu. Ini disebabkan karena ASI yangsangat mudah dicerna oleh tubuh bayi. Yang patut diwaspadai adalah apabila bayi tidak BAB lebih dari 2 minggu. Karena itu bisa terjadi indikasi adanya sembelit pada bayi. Pada saat seperti itu, baiknya segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penangan lebih lanjut.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pola dan frekuensi BAB pada bayi antara lain :

  • ASI. Bayi yang meminum ASI bisa jadi BAB setiap 3-5 hari sekali bahkan tujuh hari sekali. Hal ini memang lumrah, namun perhatikan juga pada fases bayi yang lunak (tidak keras dan kering) maka hal ini tidak isa disebut sebagai konstipasi.
  • Makanan MP ASI. Makanan akan mempengaruhi pola dan frekuensi BAB pada bayi. Bisa saja BAB menjadi sering atau menjadi lambat tergantung dari pola pencernaan dan jenis makanan yang dikonsumsi.
  • Cairan. Bayi yang sedang dehidrasi cenderug lebih jarang BAB dari pada bayi yang cairannya tercukupi dengan baik.
  • Penyakit lain. Pada beberapa infeksi bakteri atau virus bisa saja frekuensi BAB menjadi sering dikarenakan infeksi tersebut atau bisa juga mengalami sulit BAB.

Bagi Anda para orangtua yang memiliki anak bayi, rawatlah dan jaga kesehatan sang bayi. Semoga sang bayi selalu dalam keadaan sehat dan terlindungi dari gangguan syetan. Untuk itu, sebgai muslim yang taat beribadah, setiap anak patut mendapat perlindungan serta ditebus dari status tergadai. Untuk itu segera penuhi sunnah ibadah aqiqah untuk anak.

Tanggung jawab mengaqiqahi adalah orangtua sang anak. Untuk itu ketika sang bayi berusia 7 hari segera lakukan aqiqah dengan memohon ridho dan keikhlasan dari-Nya agar sang ank tumbuh menjadi anak sehat dan terlepas dari gangguan syetan.

Untuk meminimalisir waktu, tenaga dan budget Anda, maka Anda dapat memesankan paket aqiqah ataupun catering aqiqah pada Aqiqah Berkah. Aqiqah Berkah akan membantu kelncaran aqiqah anak. Dapat dipilih dengan Paket Aqiqah Mandiri atau Paket Aqiqah Peduli. Pemesanan aqiqah kini secara onlien, Anda dapat hubungi nomor layanan :

SMS: 085749622504

Whatsapp: +6281335680602

PinBB: D801E13D

Semoga kelak putera puteri Anda menjadi insan yang mulia baik di dunia maupun di akhiratnya. Aamiin.

Sahabat Aqiqah Berkah, berikut ini akan diuraikan pula mengenai BAB bagi bayi yang hanya mengkonsumsi ASI atau dikenal dengan ASI Eksklusif.

Bayi Cegukan

Pada tiga hari pertama kelahiran bayi, maka bayi akan mengeluarkan mekonium yaitu bahan lengket berwarna hijau pekat mendekat hitam. Sang bayi akan mengeluarkannya ketika mendapatkan lebih banyak ASI. Biasanya bayi sudah mengeluarkan seluruh mekonium dan bentuk tinja bayi berubah di hari ke empat.

Selanjutnya pada bulan pertama, tinja bayi yang wajar akan berwarna kuning, sedikit berbau, memiliki bentuk lunak agak cair dan berbiji-biji. Bentuk tinja bayi juga dapat sedikit berbeda, misalnya warnalebih hijau atau kuning pekat, berlendir dan berbuih. Bayi yang mengkonsumi ASI lebih banyak akan semakin mudah buang air besar di hari ketiga yang berarti bayi dalam keadaan baik.

Bayi dalam usia 2-6 bulan memiliki frekuensi buang air besar yang berbeda-beda. Secar umum frekuensi buang air besar bayi akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Karenausu sang bayi telah berkembang lebih sempurna dan dapat menyerap ASI lebih baik.

Demikian diatas pengetahuan mengenai BAB pada bayi, semoga dapat menjadi ilmu bagi Anda para ibu. Jangan lupa untuk mengaqiqahi anak di hari ketujuh kelahirannya. Aqiqah Murah, Aqiqah Mudah, Aqiqah Berkah !

Tags: , , , , , , , , , ,