4 Cara Mengatasi Bayi Sering Cegukan

4 CARA MENGATASI BAYI SERING CEGUKAN

Cegukan pada bayi umumnya tidaklah berbahaya, keculai bila cegukan yang parah sampai mengganggu makan dan tidur. Bayi dengan penyakit gastroesophageal reflux (GERD) mungkin cenderung mengalami cegukan yang lebih sering, disertai dengan muntah, batuk dan rewel.

Bayi Cegukan

Bagaimana cara mengatasi cegukan pada bayi ?

Cegukan umumnya normal terjadi pada bayi dan akan menghilang dengan sendirinya. Ada 4 cara mudah mengatasi bayi yang sering cegukan, simak uraian berikut ini :

  1. Ubahlah Posisi Menyusui : Apabila sang bayi cegukan ketika disusui, coba ubah posisi menyusui Anda hingga cegukan bayi hilang.
  2. Usahakan Bayi Bersendawa Setelah Mendapat ASI : Usahakan bayi bersendawa setelah disusui, karena dengan bersendawa maka bayi mengeluarkan udara yang berlebihan di dalam perut. Selain itu, sendawa dapat melepaskan kejang otot sehingga menhentikan cegukan yang dialami oleh bayi.
  3. Membuat Jadwal Makan Yang Teratur :Berilah bayi makan sebelum bayi merasa sangat lapar dan perutnya mengandung banyak gas.Cegukan menjadi tanda bahwa ada masalah di perut sang bayi, itu dapat disebabkan masalah pada lambung.
  4. Pijat Perlahan Bagian Belakang : Maksudnya pijat bagian belakang adalah dengan menggosok punggung bayi dengan tenang sehingga cegukan yang dialami bayi dapat berkurang.

Diatas tadi adalah cara yang biasa dilakukan untuk mengatasi bayi yang sering cegukan. Cara tersebut biasanya dilakukan pada bayi yang berusia lebih dari 3 bulan. Untuk selanjutnya, Aqiqah Berkah akan memberikan tips untuk menghilangkan cegukan pada bayi yang berusia satu bulan.

Untuk bayi yang berusia satu bulan, cara menghilangkan cegukan tentulah berbeda dengan bayi yang berusia tiga bulan ke atas. Bayi yang berusia satu bulan masih sensitif dan harus hati-hati. Berikut ini cara menghilangkan cegukan pada bayi berusia satu bulan :

  • Atur posisi menyusui bayi dengan benar. Aturan menyusui bayi yang benar adalah posisi area puting dan areola masuk ke dalam mulut bayi. Posisi bayi dalam garis lurus dengan posisi lengan bayi. Sementara posisi perut bayi dalam keadaan berhadapan dengan perut bunda.
  • Berikan ASI kepada bayi dalam kondisi tenang dan bila bayi masih terlihat terlalu semangat, usahakan tenang agar udara yang masuk ke diafragma saat menghisap tidak banyak. Hentikan sementara menyusui bayi agar bayi tidak cegukan nantinya. Apabila tidak, pastikan bahwa si bayi menyusu dengan pelan.
  • Lihat posisi menyusui bayi, mungkin ada yang salah dari biasanya hingga bayi dapat cegukan .

WhatsApp-Image-20180520

Demikian tadi beberapa tips atau cara mengatasi cegukan pada bayi. Dapat dilakukan ketika si bayi mengalami cegukan setelah bayi diberikan ASI atau susu formula.

Biasanya cegukan pada bayi terjadi ketika otot-otot diafragma tiba-tiba berkontraksi yang dipicu oleh iritasi atau stimulasi pada otot. Beberapa dokter anak berpendapat bahwa cegukan pada bayi biasanya disebabkan oleh aktifitas makan atau minum seperti menyusu ASI, susu formula atau makanan lain. Bisa juga disebabkan oleh penurunan suhu bayi yang mendadak, misalnya mandi air dingin atau terkena udara dingin.

Semoga pengetahuan diatas dapat bermanfaat untuk para orangtua yang sedang memiliki bayi. Jangan lupa untuk mengaqiqahi sang bayi ketika masih kecil. Jangan menunda hingga sang anak tumbuh dewasa atau baligh, segeralah di aqiqahi agar kelak menjadi putra putri yang sholeh/sholehah.

Untuk melaksanakan aqiqah tidak perlu ribet, Anda dapat memesannya pada Aqiqah Berkah. Pemesanan aqiqah secara online dapat menghubungi contact person :

SMS : 085749622504

Whatsapp : +6281335680602

Pin BB : D801E13D

Tags: , , , , , , , , , , , ,