Aqiqah di Blitar

Aqiqah di Blitar

Hello para sahabat aqiqah berkah yang berbahagia khususnya sahabat Aqiqah yang ada di blitar. Kini Aqiqah hadir di blitar, untuk membantu pelaksanaan aqiqah anda. Sebelumnya kami sudah pernah mambahas mengenai Aqiqah Blitar. Mungkin kali ini kami hanya sedikit memberi tambahan sedikit-sedikit mengenai aqiqah blitar.

Aqiqah berasal dari bahasa arab, artinya adalah memutus atau memotong. Namun, dalam peristilahan syar’i, aqiqah artinya adalah menyembelih kambing atau domba untuk bayi pada hari ke tujuh dari kelahirannya.

Daging domba yang dipotong dibagi-bagikan kepada tetangga dengan cara diantarkan ke rumah masing-masing atau dengan mengundang mereka kerumah pemilik hajat. Ketika daging diantarkan, masyarakat akan menanyakan maksud pemberian daging itu. Inilah kesempatan untuk menyampaikan bahwa pemilik hajat sedang bersyukur dikaruniai seorang anak, tujuh hari yang lalu seberat sekian kilo koma sekian, dan telah diberi nama fulan atau fulanah.

Secara sosial, alasan diselenggarakannya aqiqah antara lain :

  1. Sebagai pengenalan (sosialisasi) anak yang baru lahir kepada masyarakat.
  2. Pendidikan sosial yang sangat baik karena kelak anak itu akan menjadi anggota masyarakat.
  3. Ketika ia tumbuh menjadi anak yang peduli dan bahkan harus memimpin, masyarakat dengan mudah mengetahui identitasnya.
  4. Menghindari fitnah dan prasangka buruk masyarakat, bahwa si anak lahir dari hubungan yang tidak sah.
    Jadi, begitu lahir si kecil ingin dikenal oleh masyarakt secara baik-baik dan siap menjalin persaudaraan dengan percaya diri, bukan pendatang gelap yang menyusup ke kampung dan harus dirahasiakan.

Secara syariat, alasan aqiqah antara lain :
1. Ibadah yang merupakan sunnah Rasulullah SAW.
2. Momen untuk bersyiar islam, silaturahmi, dan shadaqah kepada sesama.

Di antara kita, ada yang sudah berkeluarga atau masih sendiri, ada yang sudah mempunyai anak, ada yang tengah menunggu kelahiran si buah hati, dan ada pula yang belum dikaruniai anak. Dalam kondisi apa pun, kita perlu menambah pengetahuan khususnya pengetahuan agama yang berkaitan dengan kegiatan keluarga dan kegiatan sesuai dengan yang dicontohkan oleh Rasulullah sebagai teladan hidup dan kehidupan kita.

Salah satu contoh yang perlu kita ketahui adalah tentang bagaimana kita menyelenggarakan aqiqah ketika bayi kita lahir. Kita ulas terlebih dahulu kegiatan aqiqah sebelum ke harga aqiqah. Pengetahuan ini penting karena kegiatan aqiqah ini akan sangat berpengaruh kepada perkembangan anak kita.

Kegiatan aqiqah adalah salah satu paket dengan empat kegiatan lainnya, yaitu :
1. Memberi nama
2. Mencukur rambut
3. Memotong kambing
4. Khitan

Betapa pentingnya kita melaksanakan kegiatan sunnah sebagaimana yang ditetapkan oleh Rasulullah Saw., lalu kita melaksanakannya dengan sederhana, dengan mengundang keluarga, ateman, tetangga dalam jumlah yang disesuaikan kemampuan kita.

Kegiatan aqiqah ini juga sebagai salah satu bentuk syiar. Bagaimana kita menunjukkan kepada masyarakat dengan kegiatan keagamaan yang benar.

Kegiatan aqiqah juga sebagai bentuk ikrar, sebagai janji kita kepada Allah SWT, yang disaksikan oleh para undangan bahwa kita akan berusaha dengan bersungguh-sunggu untuk membesarkan anak kita dengan sebaik-baiknya.

Bagi kita yang di undang, usahakan untuk dapat menghadirinya. Berikanlah ucapan selamat atas kelahiran anak kepada kedua orang tuanya, kepada saudara-saudaranya, dan tunjukkan pula bahwa kita ikut bergembira atas bertambahnya warga yang insyaAllah kelak akan dapat mengemban amanah Allah, akan berbakti kepada orang tuanya, dan bermanfaat untuk masyarakat.

Nah mungkin hanya itu sedikit tambahan dari kami mengenai Aqiqah. Semoga apa yang kami sampaikan di atas berguna dan bermanfaat bagi anda semua yang membacanya. Untuk pemesanan anda bisa lihat di Aqiqah Blitar.
Informasi dan Pemesanan hubungi :

WA : +6281335680602
BBM : D801E13D
TELPON/SMS : 085749622504

Tags: , , , , ,