Waktu Pelaksanaan Aqiqah

waktu pelaksanaan aqiqah

waktu pelaksanaan aqiqahWaktu Pelaksanaan Aqiqah menurut kesepakatan para ulama adalah pada hari ke tujuh setelah  kelahiran sang bayi. Hal ini di dasarkan pada hadist Nabi SAW, sebagai berikut:

Anak-anak tergadai (tertahan) pada aqiqahnya, disembelih pada hari ke tujuh, pada hari itu pula dicukurlah ia dan diberi nama.”  (HR. Al-Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Madjah, dari Hasan)

Pada dasarnya, Aqiqah disyariatkan dilaksanakan pada hari ke tujuh dari kelahiran. Jika tidak bisa, maka pada hari ke empat belas. Jika tidak bisa pula maka dilakukan pada hari ke dua puluh satu.

Selain itu, pelaksanaan aqiqah menjadi beban ayah. Namun Demikian ternyata waktu kecil ia belum diaqiqahi, ia bisa melakukan aqiqah sendiri saat atau setelah dewasa.

Dan dengan Aqiqah diri sendiri sebaiknya menggunakan biaya sendiri jika yang sudah bekerja dan berpenghasilan sendiri, agar tidak membebankan orang tua. Hal ini didasarkan pada peristiwa Al Maimuni sebagai berikut:

Suatu ketika Al Maimuni bertanya kepada Imam Ahmad, “Ada orang yang diaqiqahi, apakah ketika besar, ia boleh mengaqiqahi dirinya sendiri?” Imam Ahmad menjawab, “Menurutku, jika ia belum diaqiqahi sebelum kecil, maka lebih baik melakukannya sendiri saat dewasa. Aku tidak menganggapnya makruh.”

Para pengikut Imam Syafi’i juga berpendapat demikian. Menurut mereka anak-anak yang sudah dewasa, yang belum diaqiqahi oleh orang tuanya, dianjurkan baginya untuk melakukan aqiqah sendiri.

Dan mengapa setiap manusia harus di aqiqahi? karena setiap manusia yang belum di aqiqahi, dirinya akan masih tergadai dan untuk menebus diri yang masih tergadai tersebut adalah dengan Aqiqah.

Ketika manusia sudah di Aqiqah maka terbebaslah dirinya dari gangguan jin dan Insya Allah hidupnya akan menjadi lebih baik lagi ketika sudah di Aqiqah.

Nah untuk ayah bunda yang akan melaksanakan aqiqah untuk putra putrinya, Aqiqah Berkah akan siap membantu aqiqah putra putri ayah bunda.

Dengan berbagai menu masakan yang rasanya enak, lezat dan tidak bau prengus serta pemilihan kambing yang sehat dan sesuai dengan syariat islam.

Paket Kambing Guling Aqiqah Berkah

Penyaluran Paket Aqiqah Berkah

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi nomor layanan Aqiqah Berkah atau bisa datang langsung ke kantor Aqiqah Berkah:

Telp: 0857 4962 2504

HP/WA: 0813 3568 0602

Kantor Aqiqah BerkahKantor Pusat Nganjuk
Gedung Pusat Aqiqah & Qurban
Jl. Punto Dewo Baron Timur RT01 / RW01
Baron, Nganjuk, Jawa Timur

KANTOR CABANG
Jombang: Jl. Gubernur Suryo No 32 Jombang
Kediri: Jl DR. Saharjo no 130 Ds. Campurrejo Kec. Mojoroto Kediri
Tulungagung: Jl. Mastrip 44 Beji, Boyolangu – Tulungagung
Madiun: Jl. Sutoyo RT11 / RW02 Kaibon Kec. Geger, Kab. Madiun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *