Syarat-Syarat Aqiqah

hukum aqiqah

Apa syarat melaksanakan aqiqah ? Bagaimana jika aqiqah ketika sudah dewasa ?

Berikut ini Aqiqah Berkah akan mengulas mengenai syarat-syarat aqiqah. Selamat membaca ๐Ÿ™‚

Aqiqah dilakukan sekali dalam seumur hidup. Hukum melaksanakan aqiqah adalah sunnah muakad. Sebaiknya, ketika anak baru lahir segera persiapkan untuk melaksanakan aqiqah di hari-hari yang sudah dianjurkan untuk melaksanakannya dan perhatikan syarat-syarat aqiqah yang dianjurkan oleh agama Islam.

Dasar hukum melaksanakan aqiqah adalah sunnah muakkad meskipun orangtua dalam keadaan sulit. Berikut adalah hadist Rasulullah SAW tentang aqiqah untuk anak yang baru lahir :

ูƒูู„ูู‘ ุบูู„ุงูŽู…ู ุฑูŽู‡ููŠู†ูŽุฉูŒ ุจูุนูŽู‚ููŠู‚ูŽุชูู‡ู ุชูุฐู’ุจูŽุญู ุนูŽู†ู’ู‡ู ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุณูŽุงุจูุนูู‡ู ูˆูŽูŠูุญู’ู„ูŽู‚ู ูˆูŽูŠูุณูŽู…ูŽู‘ูŠูƒูู„ูู‘ ุบูู„ุงูŽู…ู ุฑูŽู‡ููŠู†ูŽุฉูŒ ุจูุนูŽู‚ููŠู‚ูŽุชูู‡ู ุชูŽุฐู’ ุจูŽุญู ุนูŽู†ู’ู‡ู ูŠูŽูˆู’ู…ูŽุณูŽุงุจูุนูู‡ู ูˆูŽูŠูุญู’ู„ูŽู‚ู ูˆูŽูŠูุณูŽู…ูŽู‘ู‰

โ€œSetiap bayi tergadai dengan aqiqahnya, disembelihkan (kambing) untuknya pada hari ke tujuh, dicukur dan diberi namaโ€

Selayaknya bagi tiap-tiap muslim menunaikan aqiqah berdasarkan waktu yang telah dianjurkan oleh syariat sehingga ibadah aqiqah menjadi sempurna. Hadits-hadits yang ada menunjukkan waktu penyembelihan aqiqah adalah pada hari ketujuh, sebagaimana sabda Rasulullah SAW diatas.

aqiqah dalam islamApabila hari ketujuh dari kelahiran anak tersebut luput atau terlewat, maka sebagian ulama ada yang membolehkan pada hari keempat belas. Dan jika hari ke empat belas luput, maka dilaksanakan pada hari ke dua puluh satu.

Ketika lahir seorang bayi dalam keluarga, lakukan hal-hal yang baik dilakukan untuk sang bayi seperti :

  1. Hendaklah disuapi dengan sesuatu yang manis, karena Rasulullah pernah menyuapi anak yang baru lahir dengan kurma.
  2. Hendaklah dibacakan adzan di dekat telinganya yang kanan dan dibacakan iqamah di dekat telinga kirinya.

Pernyataan diatas diperkuat dengan sabda Rasulullah SAW dari Sahabah, โ€œSesungguhnya Rasulullah SAW telah adzan pada telinga Husain (cucu beliau) ketika Fatimah melahirkan Husain.โ€ (Riwayat Ahmad dan Tirmidzi). Dari Husain bin Ali (cucu beliau SAW), Rasulullah SAW telah bersabda, โ€œBarang siapa anaknya lahir, maka telinganya yang kanan di adzani dan telinga yang kiri di iqamahi, niscaya selamatlah anak itu dari jin dan penyakit.โ€œ

Nah sahabat Aqiqah Berkah dalam hadits sahih Bukhari dijelaskan lebih dalam lagi perihal aqiqah.

(ู…ุน ุงู„ุบู„ุงู… ุนู‚ูŠู‚ู‡ ูุฃู‡ุฑูŠู‚ูˆุง ุนู†ู‡ ุฏู…ุง ูˆุฃู…ูŠุทูˆุง ุนู†ู‡ ุงู„ุฃุฐู‰)

“Setiap anak bersama aqiqahnya, maka sembelihlah hewan dan hilangkanlah gangguan darinya”.

Hewan sembelihan aqiqah lebih diutamakan kambing atau domba. Kambing selain menjadi hewan sembelihan aqiqah juga merupakan hewan qurban kambing. Di dalam ketentuan aqiqah tidak dibatasii untuk menyembelih kambing berkelamin jantan atau kambing berkelamin betina.

souvenir-aqiqahUntuk anak laki-laki disembelihkan dua ekor kambing dan untuk anak perempuan seekor kambing saja. Adapun ketika hendak melaksanakan syariat aqiqah perlu diperhatikan syarat-syarat aqiqah dalam hal adab-adab menyembelih hewan aqiqah, sebagi berikut :

  1. Haram menyembelih untuk selain Allah
  2. Berlaku kasih sayang pada kambing
  3. Berbuat baik (ihsan) ketika menyembleih yakni dengan melaksanakan beberapa hal berikut :
    a. Menajamkan pisau
    b. Menjauh dari Penglihatan Kambing ketika menajamkan pisau
    c. Menggiring kambing ke tempat penyembelihan dengan cara yang baik
    d. Merebahkan hewan sembelihan
    e. Tempat atau bagian tubuuh yang disembelih
  4. Menghadapkan hewan sembelihan ke arah kiblat
  5. Meletakkan telapak kaki pada leher sembelihan
  6. Tasmiyah (mengucapkan bismillah)
  7. Tidak boleh menggunakan tulang dan kuku sebagai alat menyembelih

aqiqahberkah

Untuk membantu dan meminimalisir waktu terutama bagi para orangtua yang disibukkan dengan pekerjaan, maka kami memberi solusi dengan adanya jasa layanan aqiqah yang akan dilaksanakan sesuai dengan syarat-syarat aqiqah. Dapatkan paket aqiqah mandiri untuk wilayah Nganjuk, dan sekitarnya. Bagi yang berdomisili di luar Jawa Timur, solusi kami adalah pemesanan paket aqiqah peduli.

Anda dapat melakukan pemesanan segera dengan menghubungi :

SMS : 0857 4962 2504
Whatsapp : +6281 335 680 602
Pin BB : 7C0B38CE

Selain menyediakan paket aqiqah, Aqiqah Berkah menyediakan juga hewan qurban kambing dan hewan aqiqah kambing. Jika shohibul aqiqah menghendaki pemesanan souvenir aqiqah, kami siap melayani untuk kelancaran aqiqah.

Cara Mudah Pemesananย Aqiqah / Qurban, sebagai berikut:

  1. Silahkan Anda telephone Kami, Kami akan memberikan penjelasan yang lebih detail.
  2. Atau juga bisa Informasikan kepada Kami lewat SMS atau e-mail : Nama Anak, Tempat tanggal lahir, Nama Bapak & Ibu, Tanggal permintaan pelaksanaan aqiqah, Alamat pengiriman laporan Aqiqah Anda.
  3. Transfer dana ke nomor rekening lembaga (a.n. Peduli Dhuafa).
  4. Konfirmasikan kepada kami bila sudah di transfer.
  5. Sesuai tanggal yang disepakati, aqiqah akan kami laksanakan.
  6. H+3 laporan kami kirim via pos ke alamat yang ditentukan.
  7. Laporan sampai di shohibul aqiqah (perkiraan H+5 dan seterusnya, mohon konfirmasi apabila Laporan aqiqah sudah diterima atau belum sampai tempat anda).

Tags: , , , , , , , , , , ,