Pengertian Aqiqah Dalam Islam

aqiqah dalam islam

Aqiqah Dalam Islam

 

Pengertian Aqiqah Dalam Islam

aqiqah dalam islam

Aqiqah Dalam Islam. Aqiqah adalah penyembelihan binatang pada hari mencukur rambut bayi,dan merupakan ibadah yang disyari’atkan oleh Allah SWT melalui Rasulullah SAW dalam sabda yang berbunyi “Setiap anak yang lahir itu terpelihara dengan Aqiqahnya yang disembelih untuknya pada hari ketujuh (dari hari kelahirannya), dicukur dan diberi nama.” (HR. Abu Dawud, al-Turmudzi dan Ibnu Majah).

Lebih lanjut dijelaskan sebagai berikut : “Rasulullah SAW memerintahkan para sahabat agar menyembelih Aqiqah untuk anak lelaki 2 (dua) ekor kambing yang umurnya sama dan anak perempuan seekor kambing”. (HR. Al-Turmudzi).

Begitu pentingnya Aqiqah, maka secara umum para ulama menyatakan Aqiqah hukumnya adalah sunnah muakkad, yaitu sunnah yang amat dipentingkan.

Inilah wujud kasih sayang, harapan dan do’a dari orang tua terhadap anaknya agar menjadi anak yang sholeh atau sholehah dan tentu saja selamat di dunia maupun di akhirat. Begitulah Islam mengajarkan kepada kita tentang kasih sayang dan penuh perhatian pada buah hati kita.

 

Waktu Untuk Aqiqah

Waktu untuk aqiqah sebenarnya bisa dilaksanakan kapan saja sesuai dengan kemampuan anda, namun waktu aqiqah yang baik ialah dilaksanakan ketika bayi berumur 7 hari, 14 hari atau 21 hari.

Namun jika diwaktu tersebut anda belum mempunyai biaya untuk mengaqiqahi putra putri anda maka aqiqah masih bisa diganti ketika putra putri anda sudah tumbuh besar atau dewasa. 

Untuk anda yang sudah berkeluarga pun jika belum diaqiqahi maka anda masih bisa mengaqiqahi diri sendiri dengan biaya anda sendiri, sebab ibadah untuk aqiqah tidak ada batas waktunya. Dan untuk anda yang belum juga diaqiqahi maka status anda masih tergai dan harus ditebus dengan cara mengaqiqahi.

 

Syarat Aqiqah Yang Benar

Untuk syarat aqiqah sendiri tidaklah seribet dan sesulit yang dibayangkan, dan syarat aqiqah sangalah mudah. Syarat aqiqah untuk anak laki-laki dan perempuan sebenarnya hampir sama namun yang membedakan hanyalah dari jumlah kambing aqiqah dari anak laki-laki dan perempuan.

Untuk anak laki-laki jumlah kambing aqiqahnya 2 ekor kambing, sedangankan untuk jumlah kambing aqiqah anak perempuan hanya 1 ekor saja. Nah dan untuk jenis kelamin kambing aqiqahnya pun bisa bebas atau sesuai dengan permintaan yang diaqiqahi.

Namun biasanya kebanyakan orang lebih banyak memilih aqiqah dengan kambing berjenis kelamin jantan, sebab kambing jantan memiliki banyak daging dari pada kambing berjenis kelamin betina.

 

Tata Cara Pemotongan Hewan Aqiqah 

Untuk tata cara pemotongan hewan aqiqah juga harus sesuai dengan aturan islam, dan berikut tata cara pemotongan hewan aqiqah yang benar:

  1. Pilih hewan yang sehat dan sesuai dengan syariat islam kemudian niatkan aqiqah sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT.
  2. Tajamkan pisau yang akan digunakan untuk memotong hewan aqiqah, dan usahakan ketika menjamkan pisau tidak dihadapkan atau didekatkan dari hewan aqiqah.
  3. Posisikan hewan aqiqah dengan menghadapkannya kearah kiblat seperti arah kita sholat.
  4. Letakkan telapak kaki anda ke leher hewan aqiqah yang akan disembelih kemudian baca bismillah
  5. Lalu potong leher hewan qurban pas diurat nadinya lalu biarkan hewan terbaring dan tunggu hingga darahnya yang keluar habis.

 

Layanan Aqiqah Yang Murah, Mudah dan Amanah

Untuk anda semua yang akan melaksanakan ibadah aqiqah dan masih bingung mencari jasa layanan aqiqah atau jasa penyaluran aqiqah yang terpercaya silahkan hubungi Aqiqah Berkah, di Aqiqah Berkah menyediakan jasa layanan dan penyaluran aqiqah yang murah, mudah dan amanah.

Dengan berbagai macam masakan aqiqah dan catering yang rasanya enak, lezat dan tidak bau prengus serta pemilihan kambing yang sehat dan sesuai dengan syariat islam. Tak hanya itu anda juga akan mendapat sertifikat dan buku risalah aqiqah secara gratis dari aqiqah berkah.

Dan Aqiqah Berkah juga akan memberikan gratis biaya antar masakan untuk anda yang berada di daerah Nganjuk, Jombang, Madiun, Ponorogo, Kediri, Blitar, Tulungagung, Trenggalek dan sekitarnya.

Dan berikut nomor layanan dan alamat kantor Aqiqah Berkah:

Telp: 0857 4962 2504

HP/WA: 0813 3568 0602

Kantor Aqiqah BerkahKantor Pusat Nganjuk
Gedung Pusat Aqiqah & Qurban
Jl. Punto Dewo Baron Timur RT01 / RW01
Baron, Nganjuk, Jawa Timur

KANTOR CABANG
Jombang: Jl. Gubernur Suryo No 32 Jombang
Kediri: Jl DR. Saharjo no 130 Ds. Campurrejo Kec. Mojoroto Kediri
Tulungagung: Jl. Mastrip 44 Beji, Boyolangu – Tulungagung
Madiun: Jl. Sutoyo RT11 / RW02 Kaibon Kec. Geger, Kab. Madiun
 
 
 

Paket Masakan Aqiqah dan Catering

Paket Kambing Guling Aqiqah Berkah

Penyaluran Paket Aqiqah Berkah Peduli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *