Pemesanan Kambing Qurban

Dua hal yang berbeda namun sama-sama mendatangkan pahala bagi kita yang melaksanakan adalah qurban dan aqiqah. Alangkah lebih baik jika melaksanakan aqiqah diluar ibadah berqurban. Syarat hewan untuk qurban maupun aqiqah adalah sama baik dari segi cara menyembelihnya.

Qurban dirayakan dan dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah dalam penanggalan Islam, yakni pada tanggal 10 (hari nahar), tanggal 11, 12 dan 13 (hari tasyrik) bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha. Qurban pada hakikatnya adalah menyembelih hewan ternak seperti kambing, sapi, unta maupun kerbau.

Asal mula perintah berqurban didasari dari kisah Nabi Ibrahim dan putranya Ismail. Asl mula Qurban dari bahasa arab yaitu “Qurban” yang berarti dekat. Qurban dalam Islam disebut dengan al-udhhiyyah dan adh-dhahiyyah yang berarti binatang sembelihan, seperti unta,sapi, kerbau dan kambing yang disembelih pada hari raya Idul Adha dan hari-hari tasyrik sebagai bentuk taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah.

Ketentuan hewan qurban tersebut sama dengan ketentuan untuk aqiqah. Yang membedakan adalah aqiqah ditetapkan untuk anak laki-laki dua ekor kambing dan anak perempuan satu ekor kambing.

Didalam Al-Quran telah disebutkan bahwa Ibrahim dan Ismail mematuhi perintah Allah dan bertepatan saat Ibrahim akan menyembelih Ismail. Kemudian Allah menggantinyha dengan domba. Berikut ini petikan surat Ash Shaaffaat ayat 102-107 yang menceritakan mengenai perintah qurban :

“Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”. Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya ), dan Kami panggillah dia: “Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata, dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.” (Ash Shaaffaat: 102-107).

Waktu untuk penyembelihan hewan qurban adalah empat hari yaitu pada saat Idul Adha dan tiga hari setelahnya. Berakhirnya waktu penyembelihan adalah saat tenggelamnya matahari di hari keempat yaitu tanggal 13 Dzulhijjah.

Kambing Aqiqah Berkah

Kambing Qurban

Hewan yang dibolehkan untuk qurban adalah unta,sapi dan kambing atau dari jenis ketiganya. Selain dari ketiga hewan tersebut maka tidak di benarkan, hal ini telah menjadi ijma’ ulama (kesepakatan ulama). Namun demikian, bukan berarti tidak ada penjelasan yang menuturkan tentang bolehnya berkurban dengan selain unta,sapi dan kambing.

Sedangkan untuk qurban, satu ekor kambing hanya mewakili atau atas nama satu orang saja baik itu laki-laki atau perempuan. Didalam aqiqah, untuk anak laki-laki jika disembelihkan hewan sapi tetap saja dihukumi dua ekor sapi begitu pula perempuan satu ekor sapi. Namun dalam qurban, satu ekor sapi dapat diatasnamakan 7 orang atau satu keluarga.

Untuk membantu memenuhi dan memudahkan pelaksanaan qurban dan aqiqah, kami Aqiqah Berkah siap membantu pelaksanaan aqiqah maupun pemesanan hewan qurban. Bagi yang berminat untuk melaksanakan aqiqah dan qurban di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jakarta, Yogyakarta, jawa Timur, Bandung, Surabaya, Nganjuk dan sekitarnya, kami siap melayani saudara.

Anda dapat melakukan pemesanan segera dengan menghubungi :

SMS : 0857 4962 2504
Whatsapp : +6281 335 680 602
Pin BB : D801E13D

CARA MUDAH PEMESANAN Aqiqah / Qurban, sebagai berikut:

  1. Silahkan Anda telephone Kami, Kami akan memberikan penjelasan yang lebih detail.
  2. Atau juga bisa Informasikan kepada Kami lewat SMS atau e-mail : Nama Anak, Tempat tanggal lahir, Nama Bapak & Ibu, Tanggal permintaan pelaksanaan aqiqah, Alamat pengiriman laporan Aqiqah Anda.
  3. Transfer dana ke nomor rekening lembaga (a.n. Peduli Dhuafa).
  4. Konfirmasikan kepada kami bila sudah di transfer.
  5. Sesuai tanggal yang disepakati, aqiqah akan kami laksanakan.
  6. H+3 laporan kami kirim via pos ke alamat yang ditentukan.
  7. Laporan sampai di shohibul aqiqah (perkiraan H+5 dan seterusnya, mohon konfirmasi apabila Laporan aqiqah sudah diterima atau belum sampai tempat anda).

Tags: , , , , , , , , , , , , ,