Layanan Akikah Anak

ٱلْمَالُ وَٱلْبَنُونَ زِينَةُ ٱلْحَيَوٰةِ ٱلدُّنْيَا ۖ

Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia. (QS. al-Kahfi [18]: 46)

Kehadiran anak di tengah-tengah keluarga merupakan suatu anugerah terindah dan kebahagiaan tersendiri yang tak terhingga. Sebab, anak merupakan suatu anugerah, rizki, penyejuk pandangan mata, penyejuk hati dan dambaan setiap suami istri yang telah berkeluarga.

Kehadiran anak patut kita syukuri. Sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat lahirnya anak ke dunia ini, salah satu wujudnya dalam Islam adalah dengan mengadakan aqiqah oleh para sahabat aqiqah. Aqiqah dalam Islam merupakan sebuah sunnah yang masih banyak dilalaikan oleh kaum muslimin saat ini dan menggantinya dengan lainnya.

HP. 085749622504,Jasa Aqiqah di BangkalanAqiqah merupakan penebusan diri pada Allah SWT. Penebusan diri tersebut hanya dapat dilakukan melalui bersedekah yang disebut aqiqah. Terdapat banyak sekali manfaat aqiqah bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Salah satunya adalah ungkapan rasa syukur atas kelahiran sang buah hati yang merupakan jalan rizki dari Allah SWT.

Aqiqah anak laki-laki dianjurkan dengan dua ekor kambing, sedangkan anak perempuan dengan satu ekor kambing. Namun jika tidak mampu, boleh pula aqiqah anak laki-laki dengan satu ekor kambing dan itu dianggap sah. Yang penting diketahui saat akan beraqiqah adalah hewan yang akan disembelih untuk diambil dagingnya tersebut.

Aqiqah dapat kita laksanakan pada hari ketujuh, hari ke empat belas atau hari ke dua puluh satu sejak lahirnya anak. Ketentuan hewan aqiqah adalah dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan. Namun, bila hanya mampu satu ekor kambing untuk laki-laki tetap sah saja. Aqiqah anak memilki hukum sunnah muakad bagi yang mampu.

Imam Hasan Bashri dan imam asy-Syafi’i berpendapat, sebagaimana dinyatakan bahwa tetap dianjurkan beraqiqah meskipun telah dewasa. Mengingat, “yang terlahir tetap tergadaikan” hingga ia diaqiqahkan. Pendapat ini juga dipilih oleh Syaikh Abdul Aziz bin Baz berdasarkan alasan keumuman anjuran hadits tersebut di atas. Namun alangkah lebih baik aqiqah dilakukan saat anak masih kecil.

Imam Nawawi ra berkata dalam kitabnya, al-Majmu’, “Hewan yang layak atau sah disembelih sebagai hewan aqiqah adalah domba yang dewasa dan kambing dewasa yang sudah memiliki gigi seri (gigi depan)”.

Domba dan kambing itu harus selamat dari cacat. Karena aqiqah adalah mengalirkan darah secara syar’i (sesuai dengan ketentuan Islam) maka sifat-sifat hewan yang disembelih untuk aqiqah sama dengan sifat-sifat hewan yang disembelih untuk kurban, sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud dengan sanad sahih sahih bahwa Ibnu Abbas r.a. berkata “Rasulullah mengaqiqahkan Hasan da Husain masing-masing dengan seekor domba.”

Berdasarkan hadis di atas, sifat-sifat hewan yang disembelih sebagai aqiqah oleh sahabat aqiqah atau syarat aqiqah harus sama dengan sifat-sifat hewan yang disembelih sebagai kurban. Oleh karena itu, hadis-hadis yang dijelaskan bahwa anak laki-laki diaqiqahkan dengan dua ekor kambing lebih layak diterima. Hal ini diperkuat lagi oleh perkataan Ibnu Abbas ra. “bahwa Rasulullah Saw mengakikahkan (Hasan dan Husain) masing-masing dua ekor domba.”

Sahabat Aqiqah Berkah, Aqiqah merupakantanggung jawab ayah sebagai karena penanggung nafkah keluarga. Syarat hewan yang disembelih untuk aqiqah sama dengan syarat hewan qurban (kurban) sebagai berikut :
• Kambing: sempurna (tidak cacat) berusia 1 (satu) tahun dan masuk usia (dua) tahun.
• Domba: sempurna (tidak cacat) berusia 6 (enam) bulan dan masuk bulan ke-7 (tujuh).
• Tidak boleh ada anggota badan hewan yang cacat.
• Dagingnya tidak boleh dijual.

Beberapa hikmah disyariatkannya aqiqah antara lain :

  • Aqiqah itu merupakan suatu pengorbanan yang akan mendekatkan anak kepada Allah sejak awal menghirup udara kehidupan.
  • Suatu penebusan bagi anak dari berbagai musibah dan kehancuran.
  • Bayaran utang anak untuk memberikan syafaat kepada kedua orang tuanya.
  • Sebagai media mengekspresikan rasa gembira dengan melaksanakan syariat islam dan semakin bertambahnya keturunan mukmin yang akan memperbanyak umat Rasulullah Saw di hari kiamat.
  • Dapat memberikan sumber jaminan sosial dan menghapus gejala kemiskinan di dalam masyarakat.

Bagi anda yang ingin melakukan aqiqah anak, anda dapat segera memesan paket aqiqah ataupun kambing aqiqah. Sahabat Aqiqah Berkah melayani pemesanan hewan qurban juga, baik hewan kambing maupun sapi. Harga paket aqiqah dapat anda pilih sesuai keinginan anda dengan harga yang relatif murah sehingga sangat membantu anda untuk dapat melaksanakan aqiqah.

Pemesanan jasa layanan aqiqah dapat menghubungi :

SMS : 0857 4962 2504
Whatsapp : +6281 335 680 602
Pin BB : D801E13D

Tags: , , , , , , , , , , , , ,