Ketentuan Kambing Aqiqah dan Harga

Hakikat Aqiqah sebenarnya dilakukan sekali dalam seumur hidup. Aqiqah merupakan penebusan diri pada Allah SWT. Penebusan diri tersebut melalui bersedekah yangg disebut aqiqah. Terdapat banyak sekali manfaat aqiqah bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Salah satunya dalah ungkapan rasa syukur atas kelahiran sang buah hati yang merupakan jalan rizki dari Allah SWT.

Pelaksanaan aqiqah ditandai dengan adanya pemotongan hewan ternak yakni kambing serta mencukur rambut si jabang bayi yang telah lahir. Hewan kambing yang dijadikan aqiqah tidak dibatasi harus berjenis kelamin jantan atau betina. Tidak disyaratkan kambing untuk aqiqah harus jantan atau harus betina seperti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

عن الغلام شاتان وعن الجارية شاة لايضركم أذكرانا كن أم إناثا
“Untuk anak laki-laki dua kambing, dan untuk anak perempuan satu kambing, dan tidak memudharati kalian apakah kambing-kambing tersebut jantan atau betina.” (HR. Ashhabus Sunan, dan dishahihkan Syeikh Al-Albany).

Aqiqah pada anak laki-laki dianjurkan dengan dua ekor kambing, sedangkan anak perempuan dengan satu ekor kambing. Namun jika tidak mampu, boleh pula aqiqah anak laki-laki dengan satu ekor kambing dan itu dianggap sah. Yang penting diketahui saat akan beraqiqah adalah hewan yang akan disembelih untuk diambil dagingnya tersebut merupakan hewan yang telah memenuhi syarat dan ketentuan. Anda juga perlu mengetahui tentang Hakikat Aqiqah. Berikut ini adalah ketentuan hewan yang diperbolehkan untuk aqiqah :

  1. Jenis kambing untuk aqiqah boleh menggunakan kambing yang berjenis kelamin laki-laki atau kambing jantan atau betina.
  2. Tentang umur dari kambing itu sendiri mereka mengkiaskan dengan umur kambing dhahaayaa (kambing qurban), yaitu : Untuk domba atau biri-biri cukup satu tahun atau kurang sedikit. Untuk kambing biasa umurnya cukup dua tahun dan masuk tahun ketiga.
  3. Adapun tentang sifatnya pun dikiaskan dengan dhahaayaa yaitu kambing yang sehat dan bagus bukan kambing yang cacat dan sakit sebagaimana yang telah diterangkan oleh Imam Malik.

Kambing kacangDi era modern dan serba instant ini banyak kalangan yang ingin menjalankan aktivitas tanpa meninggalkan ibadahnya sehingga mulai bermunculan jasa aqiqah. Penawaran paket aqiqah dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia bersaing untuk membantu dalam melaksanakan aqiqah secara ajaran Islam. Paket aqiqah yang ditawarkan dari para jasa aqiqah beragam mulai dari harga kambing aqiqah, harga paket daging kambing aqiqah hingga menjadi menu masakan yang siap untuk disalurkan ke beberapa dhuafa. Meskipun Anda menggunakan jasa paket aqiqah, Anda juga perlu mengetahui tentang Hakikat Aqiqah.

Penulis mengamati kenaikan harga kambing aqiqah dari beberapa tahun terakhir mengalami kenaikan prosentase sebesar 15-30%. Sehingga layanan jasa aqiqah berinisiatif membantu anda dalam pelaksanaan aqiqah sehingga anda dapat melaksanakan sunnah tanpa terbebani. Aqiqah Berkah menawarkan kepada anda yang ingin melaksanakan aqiqah untuk putra putri anda.

Diungkapkan oleh Ubaid Ashmu’i dan Zamakhsyari bahwa secara bahasa, hakikat aqiqah berarti rambut yang tumbuh di atas kepala bayi sejak lahir. Sedangkan menurut Al-Khathabi, aqiqah ialah nama kambing yang disembelih untuk kepentingan bayi. Dapat dinamakan demikian karena kambing itu dipotong dan dibelah-belah. Ibnu faris juga menyatakan bahwa aqiqah adalah kambing yang disembelih dan rambut bayi yang dicukur.

Pada tahun 2015 lalu harga kambing aqiqah untuk ukuran 20-25 Kg dapat mencapai harga Rp 1.200.000,- hingga Rp 2.500.000,-. Besar kemungkinan pada tahun 2016 ini harga kambing aqiqah menaik dikarenakan harga barang yang semakin naik dan segera terwujudnya Masyarakat Ekonomi ASEAN. Menurut prediksi dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) bahwa rata-rata inflasi diprediksi mencapai 4,3 persen pada tahun 2016 ini.

Bagi anda yang ingin segera mendapatkan harga kambing aqiqah, segera lakukan pemesanan di nomor berikut :

SMS : 0857 4962 2504
Whatsapp : +6281 335 680 602
PinBB : 7C0B38CE

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,