Kapan Waktu Pelaksanaan Aqiqah ?

Apakah ada batasan waktu dalam melaksanakan aqiqah ? Kapan aqiqah dilaksanakan ?

Untuk menjawab pertanyaan diatas, maka kita perlu mengetahui terlebih dahulu pengertian dari aqiqah (Baca juga : Hakikat Aqiqah).

Pengertian Aqiqah
Aqiqah dapat diartikan memutus dan melubangi. Aqiqah di dalam istilah agama adalah sembelihan untuk anak yang baru lahir baik laki-laki ataupun perempuan pada hari yang ke tujuh sejak kelahirannya dengan tujuan semata-mata mencari ridla Allah. Ungkapan rasa syukur dengan hadirnya anak dalam kehidupan keluarga diwujudkan dalam bentuk aqiqah bagi umat muslim dengan niat dan syarat-syarat tertentu. Oleh sebagian ulama disebut dengan nasikah atau dzabihah (sembelihan).

Aqiqah merupakan salah satu hal yang disyariatkan dalam agama islam. Secara etimologis / lughawi aqiqah adalah memotong (al-qat’u) atau nama untuk rambut pada kepala bayi yang dilahirkan اسم للشعر على رأس المولود. Menurut terminologi syariah (fiqih) aqiqah adalah hewan yang disembelih sebagai wujud rasa syukur atas karunia Allah atas lahirnya seorang anak baik laki-laki atau perempuan. Beberapa orang menyebutkan bahwa aqiqah nama untuk hewan yang disembelih. Namun, makna aqiqah secara syar’i adalah hewan yang disembelih untuk menebus bayi yang telah dilahirkan.

Dasar hukum melaksanakan aqiqah adalah sunnah muakkad meskipun orangtua dalam keadaan sulit. Berikut adalah hadist Rosulullah tentang aqiqah untuk anak yang baru lahir :

كُلُّ غُلاَمٍ رَهِينَةٌ بِعَقِيقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ وَيُسَمَّيكُلُّ غُلاَمٍ رَهِينَةٌ بِعَقِيقَتِهِ تَذْ بَحُ عَنْهُ يَوْمَسَابِعِهِ وَيُحْلَقُ وَيُسَمَّى
“Setiap bayi tergadai dengan aqiqahnya, disembelihkan (kambing) untuknya pada hari ke tujuh, dicukur dan diberi nama”

Waktu Pelaksanaan Aqiqah

Pelaksanaan Aqiqah hendaknya dilakukan pada hari ketujuh. Dalam pelaksanaan itu, orang tua diperintahkan menggunduli rambut bayi dan memberi nama yang baik, sebagaimana disabdakan Rasulullah saw:

كُلُّ غُلاَمٍ رَهِيْـنَـةٌ بِـعَـقِـيْقَتِهِ تُذْبَحُ عَـنْـهُ يَـوْمَ سَابِـعِـهِ وَيُـسَـمَّى فِيْـهِ وَيُـحْلَـقُ رَأْسُـهُ

“Setiap anak yang lahir tergadai aqiqahnya yang disembelih pada hari ketujuh, dan pada hari itu ia diberi nama dan digunduli rambutnya.” (Hadits Sahih Riwayat Ahmad, Abu Daud, Tirmidzi, Nasa’I, Ibnu Majah, Baihaqi dan Hakim).

Waktu penyembelihan kambing atau hewan untuk aqiqah jika memungkinkan dilangsungkan pada hari ke tujuh. Jika tidak, maka pada hari ke-14. Dan apabila masih tidak memungkinkan, maka pada hari ke-21 dari hari kelahirannya. Jika masih tidak memungkinkan lagi maka pada kapan saja. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dikatakan:

تذبح لسبع ، و لاربع عشر ، و لاحد و عشرين
“Disembelih pada hari ketujuh, dan pada hari ke-empat belas, dan pada hari kedua puluh satu.”

Hikmah Aqiqah

Al-Hafizh Ibnul Qayyim menyebutkan beberapa hikmah di balik syari’at aqiqah ini, di antaranya:
1. Menghidupkan sunnah Nabi
2. Taqarrub (pendekatan diri) kepada Allah dan syukur kepada-Nya
3. Membebaskan anak bayi dari pergadaian
4. Penyebab kebaikan anak, pertumbuhan, keselamatan, panjang umur, dan terhindar dari gangguan setan.

Jasa Layanan Aqiqah
Aqiqah Berkah siap membantu pelaksanaan aqiqah maupun pemesanan hewan qurban. Bagi yang berminat untuk melaksanakan aqiqah dan qurban di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jakarta, Yogyakarta, Jawa Timur, Bandung, Surabaya, Tangerang, Bogor, Nganjuk dan sekitarnya, kami siap melayani saudara.

Anda dapat melakukan pemesanan segera dengan menghubungi :
SMS : 0857 4962 2504
Whatsapp : +6281 335 680 602
Pin BB : D801E13D

CARA MUDAH PEMESANAN AQIQAH / QURBAN sebagai berikut:

  1. Silahkan Anda telephone Kami, Kami akan memberikan penjelasan yang lebih detail.
  2. Atau juga bisa Informasikan kepada Kami lewat SMS atau e-mail : Nama Anak, Tempat tanggal lahir, Nama Bapak & Ibu, Tanggal permintaan pelaksanaan aqiqah, Alamat pengiriman laporan Aqiqah Anda.
  3. Transfer dana ke nomor rekening lembaga (a.n. Peduli Dhuafa).
  4. Konfirmasikan kepada kami bila sudah di transfer.
  5. Sesuai tanggal yang disepakati, aqiqah akan kami laksanakan.
  6. H+3 laporan kami kirim via pos ke alamat yang ditentukan.
  7. Laporan sampai di shohibul aqiqah (perkiraan H+5 dan seterusnya, mohon konfirmasi apabila Laporan aqiqah sudah diterima atau belum sampai tempat anda).

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,