Jual Kambing Tasyakuran Rengel Tuban

JUAL KAMBING TASYAKURAN RENGEL TUBAN

Rengel merupakan salah satu wilayah Kecamatan di daerah Kabupaten Tuban Jawa Timur. Kecamatan Rengel terdiri dari 17 desa atau kelurahan.

Tasyakuran atau ungkapan syukur atas suatu nikmat dapat diwujudkan dalam bentuk pembagian makanan kepada kerabat, tetangga, fakir miskin maupun bersyukur dengan ucapan seperti ucapan hamdalah. Kegiatan tasyakuran paling sering dilakukan karena memperingati kelahiran sang anak atau disebut aqiqah, pindah rumah, atau memperingati hari pernikahan.

Aqiqah Berkah (9)Nah, untuk melaksanakan tasyakuran, orang-orang akan membutuhkan bahan pangan yang akan diolah dan dibagikan. Permintaan daging kambing akan meningkat dengan sendirinya karena adanya kebutuhan tasyakuran. Untuk itu, tidak jarang orang akan lebih senang memilih membeli kambing untuk tasyakuran dari pada hanya membeli daging.

Masyarakat khsususnya di wilayah Kec. Rengel Tuban, tidak jarang yang sering mengadakan tasyakuran baik dalam tasyakuran akbar maupun sugro. Sehingga permintaan akan kambing lebih banyak dari pada hanya sekedar daging kambing. Keuntungan menyembelih sendiri kambing tasyakuran lebih banyak dibandingkan membeli daging kambing.

Dalam memenuhi kebutuhan tasyakuran dan ibadah sunnah lainnya seperti aqiqah, kini jasa layanan Aqiqah Berkah menyediakan kambing khusus tasyakuran untuk wilayah Rengel Tuban. Kambing yang siap untuk dijadikan sembelihan adalah kambing jenis gibas dengan berat 24-29 Kg.

Berikut ini adalah tips dan trik memilih kambing guna tasyakuran yang sehat dan layak konsumsi daging :

  1. Hewan aqiqah harus cukup umur. Untuk kambing, umur ideal dijadikan hewan aqiqah adalah 12 – 18 bulan. Untuk mengetahuinya, bisa dilihat dari catatan kelahiran atau gigi susu yang dimiliki kambing. Bila gigi susu telah tanggal, kambing tersebut sudah cukup umur.
  2. Amati aktivitas si kambing. Bila pergerakannya aktif saat didekati, kambing tersebut sehat. Selain itu, kambing yang sehat memiliki selera makan yang baik.
  3. Memiliki bulu yang halus, mengilap, tidak rontok, tidak ada perubahan warna, dan tidak dihinggapi parasit kulit.
  4. Matanya bersinar jernih, terbuka penuh, pupil bereaksi cepat, tidak keluar air, tidak berwarna merah, dan selaput lendir kelopak mata bagian dalam berwarna merah terang. Hindari membeli kambing yang matanya berwarna keruh. Ciri ini menandakan kambing tersebut sedang sakit.
  5. Bentuk tubuhnya standart dan tidak cacat.
  6. Perhatikan mulutnya. Jika sering mengeluarkan banyak air liur dan terdapat bintil-bintil merah di dalam mulutnya, berarti kambing tersebut sedang sakit.
  7. Perhatikan kondisi fisik lainnya, seperti hidung, mulut, kuku, kulit,bulu ekor, dan bagian dubur hewan tersebut. Pastikan semua dalam kondisi baik dan bersih.
  8. Hati-hati ketika membeli kambing saat musim hujan. Pasalnya, pada musim hujan, kambing rawan mengalami diare atau cacingan.

Informasi mengenai harga kambing untuk tasyakuran di wilayah Rengel Tuban adalah sebagai berikut ini :

Harga Kambing Gibas

Kambing gibas juga sering disebut juga kambing gimbal. Secara umum, kambing gibas memiliki bulu berwarna putih. Adapun harga dari kambing gibas ini mulai berkisar dari harga Rp.600.000,- hingga Rp.2.400.000,- di tahun 2016 ini. Adapun harga kambing gibas memiliki harga yang terbilang cukup rendah jika dibandingkan dengan jenis kambing lainnya.

Harga Kambing Kacang (Jawa)

Kambing jawa juga sering disebut pula kambing kacang. Harga dari jenis kambing ini sangat bervariasi hal ini didasarkan pada jenis umur, kondisi fisik, kesehatan dan jenis kelamin. Adapun harga dari kambing kacang atau kambing jawa ini mulai berkisar dari harga Rp.800.000,- hingga Rp.2.600.000,- di tahun 2016 ini.

Harga Kambing Etawa

Kambing etawa juga sering disebut pula Jamnapari. Kambing etawa berasal dari India. Kambing ini merupakan jenis kambing yang memiliki 2 fungsi yaitu kambing pedaging dan kambing penghasil susu. Adapun harga dari kambing etawa ini mulai berkisar dari harga Rp.1.700.000,- hingga Rp.5.000.000,- di tahun 2016 ini.

Harga Kambing Peranakan Etawa (PE)

Jenis kambing peranakan etawa merupakan hasil persilangan antara kambing jawa (lokal) dengan kambing etawa. Adapun untuk harga kambing jenis PE ini mulai berkisar dari harga Rp.1.000.000,- hingga Rp.3.200.000,- di tahun 2016 ini.

Harga jual kambing tasyakuran tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan permintaan pasar terhadap kambing. Namun harga jual kambing juga dapat turun dipasaran. Harga jual yang berpengaruh di pasaran adalah usia kambing serta kesehatan kambing. Maka pandai-pandai lah memilih kambing tasyakuran.

Tags: , , , , , ,