Jual Beli Kambing Aqiqah

Aqiqah Berkah

Aqiqah Berkah

Kambing merupakan salah satu jenis hewan ternak yang paling banyak dibudidayakan oleh masyarakat baik di desa maupun di perkotaaan. Memelihara kambing dapat memperoleh keuntungan melimpah ketika musim qurban tiba, dan saat ada yang membutuhkan untuk menunaikan aqiqah. Kambing yang disembelih harus sesuai dengan syarat hewan aqiqah.

Ternak kambing tidaklah sulit karenan pakan / makanan kambing sangatlah melimpah. Berbagai macam jenis tanaman bisa diberikan untuk pakan kambing, namun anda harus memperhatikan makanan yang digemari kambing. Beberapa makanan yang digemari kambing adalah seperti daun nangka, daun turi dan lamtoro.

Anda perlu memperhatikan beberapa hal terkait cara beternak kambing sebelum memutuskan untuk memulai usaha ternak kambing. Anda perlu memahami beberapa jenis kambing apa yang bisa dibudidayakan di daerah atau lokasi tempat anda tinggal. Hal itu bertujuan untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan berternak kambing agar dapat memaksimalkan potensi kambing yang akan diternak.

Kambing menjadi hewan sembelihan utama dalam acara aqiqah. Menjelang hari raya qurban, harga kambingpun bisa dipastikan mengalami kenaikan. Harga jual kambing bisa dibilang musiman karena menjelang musin qurban banyak orang berusaha untuk bisa ikut serta berqurban. Sehingga ini menjadi peluang bagi para pebisnis dan peternak kambing untuk menjual ternak mereka.

Saat musim qurban usai, harga kambing kembali normal namun tetap saja permintaan kambing stabil karena beberapa orang membutuhkan untuk acara aqiqah. Tercatat sudah 4 tahun ini harga kambing dengan berat 20-25 Kg mengalami kenaikan dan penurunan harga mulai Rp 1.000.000 hingga Rp 2.400.000. Beberapa media mencatat terjajdi kenaikan harga jual hewan qurban sekitar 15-30 % setiap tahunnya.

Syarat hewan aqiqah dengan syarat hewan qurban (kurban) yang akan disembelih adalah sebagai sebagai berikut :

  1. Kambing: sempurna (tidak cacat) berusia 1 (satu) tahun dan masuk usia (dua) tahun.
  2. Domba: sempurna (tidak cacat) berusia 6 (enam) bulan dan masuk bulan ke-7 (tujuh).
  3. Tidak boleh ada anggota badan hewan yang cacat.
  4. Dagingnya tidak boleh dijual

Berikut ini adalah jenis kambing yang dibudidayakan di Indonesia dan sering menjadi permintaan masyarakat Indonesia:

Kambing kacangKambing Kacang
Kambing kacang merupakan kambing asli dari Indonesia. Kambing ini tersebar hampir diseluruh wilayah di Indonesia. Ciri kambing kacang yaitu memiliki badan yang kecil dan ringan, telinganya pendek, punggungnya meninggi, leher berukuran pendek, betina dan jantan memiliki tanduk dengan ketinggian badan betina dewasa sekitar 56 cm dan jantan 60-65 cm, bobot dewasa betina sekitar 25 Kg dan jantan 30 Kg.

Warna kambing kacang umumnya hitam, putih, coklat atau kombinasi dari tiga warna tersebut. Memiliki bulu yang pendek di seluruh tubuhnya (kecuali ekor dan dagu).

Jenis kambing ini yang paling sering dipilih menjadi hewan aqiqah, karena jenis kambing kacang paling mudah ditemukan di Indonesia dan paling banyak diternak masyarakat Indonesia.

Kambing Peranakan Etawa (PE)
Persilangan kambing etawa (dari India) dengan kambing lokal (kambing kacang) menghasilkan Kambing Peranakan Etawa (PE). Jenis kambing ini telah tersebar hampir diseluruh wilayah di Indonesia. Kambing ini hampir mirip dengan kambing etawa namun lebih kecil ukurannya dibandingg kambing etawa.

Kambing PE memiliki keuntungan sebagi penghasil daging dan penghasil susu. Ciri-ciri kambing PE adalah telinganya yang panjang dan terkulai lemas, warna bulunya coklat muda hingga kehitaman. Bobot kambing PE betina kurang lebih 35 Kg dan yang jantan kurangg lebih 40 Kg, tinggi pundaknya bisa mencapai 100 cm.

kambing-etawaKambing Etawa
Kambing etawa merupakan kambing yang berasal dari India yang terkenal sebagai kambing penghasil susu. Ciri-ciri kambing ini adalah tubuh kambing yang relatif besar dengan tinggi 90-130 cm untuk yang jantan dan yang betina sekitar 92 cm. Bobot tubuh kambing jantan mampu mencapai 100 Kg sedangkan yang betina mampu mencapai berat 63 Kg.

Ciri lainnya dalah telinga yang terkulai ke bawah dan panjang. Memiliki tanduk pendek baik jantan maupun betina dan mampu menghasilkan susu hingaa 3 liter setiap harinya. Kambing ini dapat dimanfaatkan pula dagingnya sebagai kambing pedaging.

Kambing tersebut diatas yang paling banyak di budidaya di Indonesia dan dijadikan sebagai sembelihan hewan qurban maupun aqiqah. Jasa layanan aqiqah yang juga menyediakan kambing aqiqah yang siap untuk disembelih. Selain menyediakan paket aqiqah, jasa layanan aqiqah juga menyediakan kambing maupun sapi yang ingin membeli untuk dilaksanakan aqiqah sendiri.

Tags: , , , , , , , , , , , ,