Jenis Kambing

JENIS KAMBING

Sahabat Aqiqah Berkah yang dimuliakan Allah SWT, pada ulasan kali ini disajikan informasi yang sangat penting bagi pembaca yang memiliki hobi beternak berbagai macam hewan seperti kambing atau domba. Artikel ini akan memberikan informasi mengenai jenis kambing dan domba yang banyak di budidaya di wilayah Indonesia.

kambing qurban

Banyaknya peternak kambing dan domba di Indonesia mendatangkan keuntungan berlipat-lipat ketika musim qurban tiba. Pada saat musim qurban inilah para konsumen akan berlomba membeli dan memilih kambing atau domba terbaik untuk kesempurnaan ibadah. Namun diluar musim qurban tersebut, para peternak tetap mendapat keuntungan dengan adanya kebutuhan daging kambing untuk tujuan aqiqah. Rizki telah diatur oleh-Nya, namun kita juga tetap harus berusaha agar mendapat rizki halal.

Beberapa jenis kambing yang banyak di budidaya di Indonesia antara lain :

Kambing Kacang

Jenis kambing di Indonesia salah satunya adalah kambing kacang yang merupakan kambing lokal dari wilayah Indonesia. Kambing kacang tersebar hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Ciri dari kambing kacang yaitu memiliki badan yang kecil dan ringan, telinga pendek, punggung meninggi dan leher berukuran pendek.

Kambing kacang betina dan jantan memiliki tanduk dengan ketinggian badan betina dewasa sekitar 56 cm. Ketinggian badan jantan dewasa 60-65 cm, bobot dewasa betina sekitar 25 Kg dan jantan dapat mencapai 30 Kg. Warna bulu kambing kacang umunya adalah hitam, putih dan coklat atau kombinasi dari tiga warna tersebut. Memiliki bulu yang pendek di seluruh tubuhnya (kecuali ekor dan dagu). Harga kambing kacang jika dibandingkan dengan harga domba kurban sangat berbeda jauh. Domba yang memiliki banyak daging memiliki harga diatas harga kambing kacang.HP. 085749622504,Jasa Aqiqah di Kuala Pembuang

Kambing Etawa

Jenis kambing yang satu ini merupakan jenis kambing yang didatangkan dari India. Kambing Etawa merupakan kambing penghasil susu dan termasuk kambing pedaging. Ciri-ciri dari kambing etawa ini adalah tubuh kambing yang relatif besar dengan tinggi 90-130 cm untuk jantan dan yang betina sekitar 92 cm.

Berat dari kambing etawa dapat mencapai 100 Kg untuk yang jantan, sedangkan untuk kambing etawa betina dapat mencapai berat hingga 63 Kg. Ciri lainnya adalah telinga yang terkulai ke bawah dan panjang. Kambing etawa memiliki tanduk pendek baik untuk jantan maupun betina dan jenis kambing ini mampu menghasilkan susu hingga 3 liter setiap harinya.

Jenis kambing etawa juga banyak di budidaya di Indonesia dan dijadikansebagai sembelihan untuk aqiqah maupun qurban. Kambing ini memiliki harga teratas untuk jenis kambing, sedangkan untuk harga domba kurban sangat berbeda dengan harga jual jenis-jenis kambing lainnya.

Kambing Peranakan Etawa (Kambing PE)

Jenis kambing ini adalah hasil persilangan dari kambing etawa (berasal dari India) dengan kambing lokal (kambing kacang) kemudian menghasilkan kambing jenis peranakan etawa atau biasa disebut kambing PE. Jenis kambing PE juga tersebar hampir di seluruh wilayah di Indonesia.

Kambing PE hampr mirip dengan kambing etawa namun ukurannya lebih kecil dibanding kambing etawa. Kambing PE memiliki keuntungan sebagai penghasil daging dan penghasil susu. Ciri dari kambing PE aadlah telinganya yang panjang dan terkulai lemas, warn bulunya coklat muda hingga kehitaman. Berat kambing jenis ini untuk yang betina kurang lebih 35 Kg dan yang jantan kurang lebih 40 Kg. Tinggi pundaknya dapat mecapai panjang 100 cm.

Demikian tadi pengetahuan dan informasi mengenai jenis kambing, semoga bermanfaat untuk pembaca dan sahabat Aqiqah Berkah. Untuk info dan pemesanan kambing aqiqah atau kambing qurban, hubungi nomor layanan :

SMS : 0857 4962 2504

Whatsapp : +6281 335 680 602

Pin BB : 7C0B38CE

Tags: , , , , , , , , ,