Hukum Pelaksanaan Aqiqah

hukum aqiqah

hukum aqiqahHukum Aqiqah itu sendiri menurut kalangan imam Syafi’i dan Hambali adalah sunnah muakkadah.

Dasar yang dipakai oleh kalangan imam Syafi’i dan Hambali adalah sebagai berikut:

Anak-anak itu tergadai (tertahan) dengan aqiqahnya, disembelih hewan untuknya pada hari ketujuh, dicukur kepalanya dan diberi nama.” (HR. Al-Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Madjah, dari Hasan)

Dari Ummu Kurzin Al-Ka’biyah ra. Ia berkata, Aku mendengar Rasululloh SAW berkata:

“Bagi anak laki-laki dua ekor kambing yang sama, sedangkan bagi anak perempuan satu ekor kambing.”  (HR. Al-Tirmidzi dan Ahmad).

Hukum Aqiqah

Hukum melaksanakan ialah sunnah muakad atau bisa disebut dengan sunnaj yang harus dilaksanakan. Untuk ayah bunda yang sudah memiliki putra putri dan belum juga diaqiqah maka hendaknya segera diaqiqah, sebab aqiqah sangatlah penting untuk putra dan putri ayah bunda.

Seperti yang sudah dijelaskan pada hadis diatas bahwa jika anak yang belum diaqiqah maka status dirinya masih tergadaikan dan harus ditebus dengan cara mengaqiqahinya sesuai dengan aturan islam.

Tidak hanya statusnya yang masih tergadai, anak yang belum diaqiqah juga akan rentan terkena bahaya ataupun penyakit terutama anak yang masih bayi atau yang baru saja lahir. Bayi yang baru saja lahir dan belum diaqiqah dia akan sering diganggu oleh jin atau mahkluk halus lainnya.

Tanda Bayi diganggu jin

Tahukan ayah bunda bagaimana tanda atau cara kita mengetahui jika bayi kita diganggu oleh mahkluk halus? oke disini akan kami jelaskan sedikit mengenai tanda jika bayi diganggu oleh mahkluk halus yang tak kasap mata tersebut.

Bayi yang sedang bermain sendiri namun tiba-tiba ia menangis sendiri tanpa sebab dan susah untuk ditenangkan biasanya ia sedang melihat jin yang ada disekitarnya, dan ia ingin berbicara kepada orang yang didekatnya namun hanya bisa menangis karena belum bisa berbicara.

Selain itu tanda yang lainnya ialah sang bayi tiba-tiba diam atau tertawa tanpa sebab dan arah matanya akan fokus pada satu tujuan diruang sekitar yang ia berada.

Pentingnya Aqiqah Anak

Dari pembahasan diatas tadi kita dapat menyimpulnya betapa pentingnya aqiqah untuk anak. Mari untuk ayah dan bunda semuanya jika sudah ada rezeki segera tunaikan aqiqah putra putri anda semua untuk kebahagiaan dan keselamatan putra putri anda semua.

Namun jika anda juga belum diaqiqah pada saat masih kecil dulu anda juga bisa mengaqiqahi diri sendiri. Sebab mengaqiqahi diri sendiri tidak ada batas habisnya.

Cara Aqiqah Yang Mudah

Untuk cara aqiqah sendiri anda tak perlu bingung dan pusing lagi, sebab kami dari Aqiqah Berkah akan siap membantu menunaikan ibadah aqiqah anda ataupun aqiqah putra putri anda.

Aqiqah Berkah menyediakan jasa layanan dan penyaluran aqiqah yang murah harganya, mudah pesannya dan amanah penyalurannya. Dengan berbagai macam menu masakan aqiqah dan catering yang rasanya enak, lezat dan tidak bau prengus serta pemilihan kambing yang sehat dan sesuai dengan syariat islam.

Paket Kambing Guling Aqiqah Berkah

Penyaluran Paket Aqiqah Berkah Peduli

Untuk info pemesanan anda cukup menghubungi nomor layanan Aqiqah Berkah, atau anda juga bisa datang langsung ke kantor Aqiqah Berkah:

Telp: 0857 4962 2504

HP/WA: 0813 3568 0602

Kantor Aqiqah BerkahKantor Pusat Nganjuk
Gedung Pusat Aqiqah & Qurban
Jl. Punto Dewo Baron Timur RT01 / RW01
Baron, Nganjuk, Jawa Timur

KANTOR CABANG
Jombang: Jl. Gubernur Suryo No 32 Jombang
Kediri: Jl DR. Saharjo no 130 Ds. Campurrejo Kec. Mojoroto Kediri
Tulungagung: Jl. Mastrip 44 Beji, Boyolangu – Tulungagung
Madiun: Jl. Sutoyo RT11 / RW02 Kaibon Kec. Geger, Kab. Madiun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *