Harga Kambing di Malang

Harga Kambing di Malang

Aqiqah Berkah (1)
Halo sahabat Aqiqah Berkah yang di rahmati oleh Allah SWT. Gimana kabarnya hari ini?baik apa engga?pasti baik kan.:-) Nah kali ini kami mau mengulas mengenai Harga Kambing di Kota Malang. Kalau bahas masalah jual kambing sih, Aqiqah Berkah pati solusinya. 😉 tapi sebelumnya kita ulas dulu mengenai penentuan pemeliharaan ternak kambing terlebih dahulu. yukkk di baca sahabat…

Pemeliharaan Ternak Kambing
Menurut Devendra dan Burns (1994), pada prinsipnya ada tiga macam sistem pemeliharaan yang dilakukan secara tradisional, yaitu:
1. Ternak di lepas di padang pengembalaan sepanjang hari.
2. Ternak dikandangkan dan digembalakan pada jam tertentu.
3. Ternak dikandangkan secara terus menerus.

Keadaan tersebut lebih banyak dipengaruhi oleh faktor tersedianya tenaga, kebiasaan penduduk setempat serta fasilitas yang tersedia di lingkungannya.

Jenis pakan kambing sangat bervariasi diantaranya: rumput, dedaunan, kulit pohon dan semak belukar. Kambing mempunyai kebiasaan makan yang berbeda dengan ternak ruminansia lainnya, yaitu: kambing mampu makan rumput yang sangan pendek, dengan kemampuannya berdiri pada kedua kaki belakang, kambing mampu memakan dedaunan yang berada lebih tinggi dari kepalanya dan menyukai pakan yang beragam. Terdapat kecenderungan kambing tidak akan tumbuh dengan baik bila pakan yang sama diberikan dalam waktu relatif lama. Kambing lebih menyukai pakan campuran antara rumput dan dedaunan atau semak belukar (Devendra dan Brunus, 1994)

Hasil penelitian Suryanto (1997) pada petani peternak kambing peranakan etawa di kabupaten Wonosobo menunjukkan bahwa sebagian kecil peternak memberi pakan tambahan berupa bekatul dan ketela pohon dan seluruhnya memberikan garam dapur.

Menurut Haryanto dan Djajanegoro (1993), sistem produksi ternak ruminansia kecil di Indonesia pada dasarnya adalah sistem tradisional dimana pemberian pakan tergantung pada hijauan makanan ternak yang tersedia (rumput dan semak) dengan sedikit atau tanpa pakan tambahan. Sistem pemberian pakan bervariasi yaitu: dikandangkan penuh, dengan pakan disabitkan atau dikenal dengan istilah “cut and carry” dan model penggembalaan terbatas. Lebih lanjut disebutkan bahwa jenis pakan yang biasa diberikan adalah rumput, dedaunan, semak, limbah pertanian dan hasil sampingan tanaman pangan.

Hasil Penelitian Legowo et al. (2002) pada peternak kambing Peranakan Etawa di kabupaten Purworejo menunjukkan bahwa pakan yang diberikan pada ternak meliputi rumput dan “rambanan” yang meliputi daun ketela pohon, daun kaliandra, daun gamal, daun lomtoro, dan daun nangka. Pakan konsentrat hanya diberikan oleh sebagian kecil peternak. Jenis konsentrat yang diberikan diantaranya bekatul dan ketela pohon.

itulah sedikit ulasan mengenai pemeliharaan ternak kambing. Berikut ini harga kambing di kota Malang :

  1. Harga Kambing Gibas
    Kambing gibas juga sering disebut juga kambing gimbal. Secara umum, kambing gibas memiliki bulu berwarna putih. Adapun harga dari kambing gibas ini mulai berkisar dari harga Rp.600.000,- hingga Rp.2.400.000,- di tahun 2018 ini. Adapun harga kambing gibas memiliki harga yang terbilang cukup rendah jika dibandingkan dengan jenis kambing lainnya.
  2. Harga Kambing Kacang (Jawa)
    Kambing jawa juga sering disebut pula kambing kacang. Harga dari jenis kambing ini sangat bervariasi hal ini didasarkan pada jenis umur, kondisi fisik, kesehatan dan jenis kelamin. Adapun harga dari kambing kacang atau kambing jawa ini mulai berkisar dari harga Rp.800.000,- hingga Rp.2.600.000,- di tahun 2018 ini.
  3. Harga Kambing Etawa
    Kambing etawa juga sering disebut pula Jamnapari. Kambing etawa berasal dari India. Kambing ini merupakan jenis kambing yang memiliki 2 fungsi yaitu kambing pedaging dan kambing penghasil susu. Adapun harga dari kambing etawa ini mulai berkisar dari harga Rp.1.700.000,- hingga Rp.5.000.000,- di tahun 2018 ini.
  4. Harga Kambing Peranakan Etawa (PE)
    Jenis kambing peranakan etawa merupakan hasil persilangan antara kambing jawa (lokal) dengan kambing etawa. Adapun untuk harga kambing jenis PE ini mulai berkisar dari harga Rp.1.000.000,- hingga Rp.3.200.000,- di tahun 2018 ini.

Pastikan Anda membeli membeli hewan qurban di kandang kami satu bulan sebelum Hari Raya Idul Adha, untuk mendapatkan harga yang murah, karena berdasarkan pengalaman kami, harga hewan kurban akan naik mendekati Hari Raya Idul Adha. Segera pesan sekarang…

Informasi dan Pemesanan hubungi :

WA : +6281335680602
BBM : D801E13D
TELPON/SMS : 085749622504

-_-Aqiqah Berkah Siap membantu Anda dalam Qurban atau Aqiqah-_-

Tags: , , , , , ,