Harga Kambing di Gresik

Harga Kambing di Gresik

Nah bagi sahabat Aqiqah Berkah yang suka dengan binatang seperti binatang yang dapat menghasilkan uang atau sering kita sebut dengan binatang ternak, anda bisa menyalurkan kesukaan anda menjadi bisnis, ya beternak binatang kesukaan. Apabila kita mengetahui tentang hewan yang kita sukai maka tidak ada salahnya kesukaan itu dijadikan peluang usaha ternak hewan yang menguntungkan. Berikut kami akan mengulas mengenai kambing.

Aqiqah Berkah (7)
Domba dan kambing sebenarnya merupakan hewan yang serupa tetapi tidak sama. Perbedaan terletak pada penampakan tubuhnya dan sifat-sifatnya. Berdasarkan kedua perbedaan tersebut, maka kedua hewan ruminansia kecil ini dibedakan menjadi domba dan kambing. Berdasarkan penampakan tubuh luarnya, domba memiliki tubuh lebih bulat, sedangkan pada kambing tubuhnya lebih ramping.

Domba memiliki bulu yang tebal, sedangkan pada kambing bulunya lebih tipis dan halus sehingga apabila dilihat sepintas nampak tidak berbulu. Domba paa umumnya memiliki tanduk yang berbentuk segitiga, membelit, atau spiral, sedangkan pada kambing tanduknya berbentuk pipih. Bangsa domba umumnya tidak berjenggot, sedangkan kambing pada umumnya berjenggot.

Berdasarkan sifat-sifat nya, domba memiliki sifat lebih suka hidup bersama atau berkelompok dan tidak bersifat liar. Hal ini berlainan dengan ternak kambing yang lebih suka hidup bebas dan bersifat liar walaupun mudah dijinakkan. Kambing akan mudah menjadi liar kembali apabila mendapat kesempatan hidup bebas. Kambing mempunyai kemampuan membela diri dan suka berkelahi sehingga seringkali dijadikan hewan aduan.

Kambing termasuk salah satu jenis ternak yang akrab dengan sistem usaha tani di pedesaan. Hampir setiaprumah tangga mememilhara kambing. Sebagian dari mereka memang menjadikannya sebagai salah satu sumber penghasilan keluarga. Saat ini pemeliharaan kambing bukan hanya di pedesaan, tetapi sudah menyebar ke berbagai tempat. Semakin banyaknya peternak kambing yang muncul disebabkan oleh permintaan daging dan susu kambing yang terus mengalami peningkatan.

A. Ternak Yang Sangat Digemari
Kambing sangat digemari oleh masyarakat untuk diternakan karena ukuran tubuhnya tidak terlalu besar, perawatannya mudah, cepat berkembang biak, jumlah anak per kelahiran sering lebih dari satu ekor, jarak antar kelahiran pendek, dan pertumbuhan anaknya cepat. Selain itu, kambing memiliki daya adabtasi yang tinggi dengan kondisi agroekosistem suatu tempat. Di lingkungan-lingkungan yang paling buruk pun, kambing masih mampu bertahan hidup.

Distribusi penyebaran kambing relatif merata di seluruh daerah. Rata-rata satu dari lima rumah tangga petani memelihara 1 – 4 ekor kambing. Sebagian masyarakat pedesaan memperlakukan kambing sebagai pabrik kecil penghasil daging dan susu. Hasil lain yang bisa diperoleh dari ternak kambing adalah kulit dan kotorannya yang berfungsi sebagai pupuk kandang. Peternak di jawa sangat menyukai kambing karena modal yang diperlukan untuk pemeliharaannya relatif kecil.

B. Populasi Kambing
Kambing merupakan ternak ruminansia kecil yang menduduki tempat tersendiri di kalangan bangsa-bangsa di Asia dan Afrika. Jumlah populasi kambing di Asia ditaksir sekitar 225 juta ekor atau 49% dari total populasi di dunia. Peran ternak ruminansia kecil ini telah memberi sumbangan yang sangat berarti bagi kesehatan dan gizi berjuta-juta penduduk di negara-negara berkembang, terutama mereka yang hidup di bawah garis kemiskinan.

Pada tahun 1969 Indonesia memiliki sekitar 7,5 juta ekor kambing, kemudian pada tahun 1990 meningkat menjadi 11,2 juta ekor. Populasi kambing terus-menerus mengalami peningkatan. Pada tahun 1994 sudah mencapai sekitar 12,8 juta ekor dan pada tahun 2001 populasi kambing sekitar 12,5 juta ekor. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa laju populasi kambing terus meningkat rata-rata 2,2% sampai 4,3 % tiap tahun.

C. Usaha Beternak Kambing
Nilai ekonomi, sosial, dan budaya beternak kambing sangat nyata. Besarnya nilai sumber daya bagi pendapatan keluarga petani bisa mencapai 14 – 25 % dari total pendapatan keluarga. Semakin rendah tingkat perluasan lahan pertanian, semakin besar nilai sumber daya yang diusahakan dari beeternak kambing. Pendapatan dan nilai tambah beternak kambing akan semakin nyata jika kaidah-kaidah usaha peternakan diperhatikan. Kaidah-kaidah itu antara lain penggunaan bibit yang baik, pemberian pakan yang cukup dari segi gizi dan volume, tata laksana pemeliharaan yang benar, serta memperhatikan permintaan dan kebutuhan pasar.

Penentuan Harga Kambing
Penentuan harga ketika proses jual beli ternak, umumnya didasarkan pada kondisi fisik (bobot dan kesehatan) ternak. Karena kondisi fisik mencerminkan produksi dan kualitas karkas. Semakin bagus kondisi fisik si ternak, maka harga semakin tinggi. Ada beberapa hal juga menjadi pertimbangan dalam menentukan harga jual ternak. Berikut pertimbangan yang dimaksud.

a. Umur
Hasil penelitian menunjukkan bahwa umur potong kambing berkorelasi positif dengan keempukkan daging yang dihasilkannya. Artinya, makin tua ternak dipastikan dagingnya lebih liat. Diketahui juga, daging yang berasal dari kambing tua baunya lebih menyengat. Konsumen umumnya lebih suka daging kambing yang empuk. Karena itu, faktor umur cukup memengaruhi harga jual kambing.
Ada tiga tipe daging kambing yang dihasilkan dan dikonsumsi sebagai berikut.
– Daging anak kambing (umur 8 – 12 minggu)
– Daging kambing muda (umur 1 – 2 tahun)
– Daging kambing tua (umur 2 – 6 tahun)

b. Kebiri
Kambing muda siap potong umumnya lebih murah dibandingkan dengan kambing muda kebirian, meski umur keduannya sama. Hal ini disebabkan karena persentase karkas kambing muda akan lebih rendah dibandingkan dengan kambing jantan kebiri.

Tips Memilih kambing Aqiqah yang Sehat

  1. Hewan aqiqah harus cukup umur. Untuk kambing, umur ideal dijadikan hewan aqiqah adalah 12 – 18 bulan. Untuk mengetahuinya, bisa dilihat dari catatan kelahiran atau gigi susu yang dimiliki kambing. Bila gigi susu telah tanggal, kambing tersebut sudah cukup umur.
  2. Amati aktivitas si kambing. Bila pergerakannya aktif saat didekati, kambing tersebut sehat. Selain itu, kambing yang sehat memiliki selera makan yang baik.
  3. Memiliki bulu yang halus, mengilap, tidak rontok, tidak ada perubahan warna, dan tidak dihinggapi parasit kulit.
  4. Matanya bersinar jernih, terbuka penuh, pupil bereaksi cepat, tidak keluar air, tidak berwarna merah, dan selaput lendir kelopak mata bagian dalam berwarna merah terang. Hindari membeli kambing yang matanya berwarna keruh. Ciri ini menandakan kambing tersebut sedang sakit.
  5. Bentuk tubuhnya standart dan tidak cacat.
  6. Perhatikan mulutnya. Jika sering mengeluarkan banyak air liur dan terdapat bintil-bintil merah di dalam mulutnya, berarti kambing tersebut sedang sakit.
  7. Perhatikan kondisi fisik lainnya, seperti hidung, mulut, kuku, kulit,bulu ekor, dan bagian dubur hewan tersebut. Pastikan semua dalam kondisi baik dan bersih.
  8. Hati-hati ketika membeli kambing saat musim hujan. Pasalnya, pada musim hujan, kambing rawan mengalami diare atau cacingan.

Jenis dan Daftar Harga Kambing Terbaru Gresik 2018

Harga Kambing Jawa (lokal)
Kambing Jawa/lokal/kacang adalah ras yang paling banyak di temui di Indonesia, terutama daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Harga Kambing Jawa juga sangat bervariasi, tergantung kualitas dan fungsinya, sebagai pedaging, bibit ternak, dan lain sebagainya. Daging Kambing Jawa sangat diminati di pasaran, rasanya yang paling nikmat dari semua jenis Kambing yang ada di Indonesia menjadi harga Kambing Jawa stabil. Selain itu Kambing Jawa juga sangat mudah untuk di budidayakan karena tingkat perkembangbiakannya yang tinggi. Untuk cara ternak Kambing Jawa dapat Anda pelajari pada artikel dengan judul “Ternak Kambing Jawa Dengan Konsep Penggemukan Agar Cepat Untung”.

Kambing Jawa memang memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis Kambing Etawa atau Pe. Ukurannya hampir sama dengan jenis Kambing Gibas. Namun harga Kambing Jawa lebih malah daripada harga jenis Kambing Gibas, dibawah ini adalah harga Kambing Jawa terbaru yang saya dapatkan dari informasi pasar.

Berikut daftar Harga Kambing Kacang atau kambing Jawa
   • Kambing betina anakan umur 3 – 5 bulan berkisar antara Rp 800.000,-
     • Kambing betina anakan Umur 6 – 7 bulan berkisar antara Rp 1.300.00,-
     • Kambing betina Umur 8 – 12 bulan berkisar antara Rp 1.800.000,-
     • Kambing Betina Umur 1 – 2 tahun berkisar antara Rp 2.300.000,-
     • Kambing Jantan anakan Umur 3 – 5 bulan berkisar antara Rp 1.000.000,-
     • Kambing jantan anakan umur 6 – 7 bulan berkisar antara Rp 1.600.000,-
     • Kambing jantan Umur 8 – 12 bulan berkisar antara Rp 2.300.000,-
     • Kambing jantan umur 1 – 2 tahun berkisar antara Rp 2.600.000,-

Harga Kambing Etawa
Kemudian ada kambing etawa, hewan pemakan rumput ini berasal dari india yang berhasil di kembangkan dan di budidaya di Negara kita dengan sangat baik, dan menjadi andalan para peternak kambing sukses di era modern ini. Untuk populasi dan perkembangannya pun tidak kalah saing dengan kambing lokal atau kambing jawa (kacang). Namun kambing etawa ini memiliki keunggulan yaitu dengan postur tubuh yang lebih besar seta menghasilkan daging yang sangat banyak. Untuk urusan harga tentunya jauh di atas kambing lokal.

Untuk saat ini jenis kambing etawa sangat menjadi primadona di dalam pasar kambing. Banyak dari peternak kambing beralih fungsi menjadi peternak kambing etawa. Mungkin karena bersifat multi fungsi kambing besar ini menjadi andalan para peternak sukses. Sebab dengan beternak kambing etawa keuntungan yang di dapat bisa berkali kali lipat. Etawa sendiri bisa di fungsikan sebagai kambing pedaging, penghasil susu, dan sebagai kambing kontes.

Dan untuk masalah harga kambing etawa anda bisa melihatnya di bawah ini,
• Etawa betina anakan Umur 3 – 5 bulan —>> Rp 1.700.000,-
      • Etawa Betina nakan Umur 6 – 7 bulan —>> Rp 2.200.000,-
      • Etawa Betina Umur 8 – 12 bulan —>> Rp Rp 3.000.000,-
      • Etawa Betina Dewasa Umur 1 – 2 tahun —>> Rp 3.500.000,-
      • Etawa Jantan Anakan Umur 3 – 5 bulan —>> Rp 2.000.000,-
      • Etawa jantan Anakan Umur 6 – 7 bulan —>> Rp 3.000.000,-
      • Etawa Jantan Umur 8 – 12 bulan —>> Rp 4.000.000,-
      • Etawa Jantan Umur 1 – 2 tahun —>> Rp 5.000.000,-

Harga Kambing Peranakan Etawa (PE)
Kambing PE (peranakan Etawa) merupakan ras yang di hasilkan dari persilangan antara Kambing Etawa dan Kambing Jawa (lokal), kambing ini semakin di kembangkan oleh para peternak di Indonesia. Saat ini keturunan terbaik sudah di dapatkan, Kambing Pe mampu berukuran sebesar kambing Etawa tetapi kelebihan lainnya adalah tingkat adaptasi yang bagus untuk cuaca yang ada di Indonesia.

Kambing PE juga dapat bertumbuh dan berkembangbiak dengan baik meskipun dengan pakan berkualitas rendah, tetapi harus di usahakan dagan pakan mengandung gizi yang di butuhkannya setiap harinya. Hal tersebut tentunya sudah di pelajari dan semakin dikembangkan lagi oleh para peternak Kambing yang berpengalaman. Dengan demikian harga Kambing PE juga terus meningkat di setiap tahunnya karena Kambing ini mudah di budidayakan, dagingnya yang banyak, dan rasanya yang menyerupai Kambing Jawa (lokal). Dibawah ini adalah informasi harga terbaru untuk Kambing PE:

Untuk harganya bisa anda lihat di bawah ini,
• PE Betina Anakan Berumur 3 – 5 bulan >> Rp 1.000.000,-
      • PE Betina anakan Berumur 6 – 7 Bulan >> Rp 1.500.000,-
      • PE betina Berumur 8 – 12 bulan >> Rp 2.000.000,-
      • PE betina Berumur 1 – 2 tahun >> Rp 2.500.000,-
      • PE Jantan Anakan Berumur 3 – 5 Bulan >> Rp 1.400.000,-
      • PE Jantan Anakan Berumur 6 – 7 bulan >> Rp 1.800.000,-
      • PE Jantan Berumur 8 – 12 bulan >> Rp 2.500.000,-
      • PE Jantan Berumur 1 – 2 tahun >> Rp 3.200.000,-

Harga Kambing Gibas
Harga Kambing Gibas memang paling rendah di banding dengan semua jenis kambing pedaging lainnya, Kambing ini memiliki ukuran yang kecil dan seukuran dengan Kambing Jawa (lokal). Namun survey yang saya dapatkan harga Kambing Gibas lebih murah di bandingkan dengan harga Kambing Jawa. Semakin saya penasaran dan mencari informasi mengapa demikian, ternyata pada peminat daging Kambing memberikan penjelsan bahwa daging Kambing Gibas tidak senikmat daging Kambing Jawa (lokal).

Kambing Gibas sangatlah mudah di bedakan cirinya dari jenis Kambing lainnya, bulunya yang tebal, keriting dan ekornya yang gemuk. Warna Kambing Gibas pada umumnya adalah putih, namun seiring dengan banyaknya kawin silang antara Kambing Gibas dengan ras lain muncullah warna hitam dan coklat namun warna putih masih dominan.

Kambing Gibas adalah solusi bagi Anda yang mempunyai dana minim yang ingin menikmati daging Kambing, harganya yang lebih murah di banding dengan jenis Kambing lainnya menjadikan Kambing Gibas sangat banyak diminati di pasaran dan berikut adalah harga terbaru Kambing Gibas.

      • Betina umur 3-5 bulan : +- 600.000 (tergantung kondisi)
      • Betina umur 6-7 bulan : +- 1.200.00 (tergantung kondisi)
      • Betina umur 8-2 bulan : +- 1.600.000 (tergantung kondisi)
      • Betina umur 12-24 bulan : +- 2.300.000 (tergantung kondisi)
      • Jantan umur 3-5 bulan : +- 1.000.000 (tergantung kondisi)
      • Jantan umur 6-7 bulan : +- 1.200.00 (tergantung kondisi)
      • Jantan umur 8-2 bulan : +- 2.100.000 (tergantung kondisi)
      • Jantan umur 12-24 bulan : +- 2.400.000 (tergantung kondisi)

Itulah tadi informasi mengenai harga kambing terbaru yang bisa kami sampaikan, daftar di atas kami ambil dari beberapa lapak kambing dan tentunya setiap daerah memiliki harga yang berbeda-beda, namun daftar harga di atas bisa dijadikan patokan dasar untuk anda dalam membeli atau menjual kambing.

Untuk mendapatkan Harga Kambing yang murah tentunya harus pandai-pandai dalam menawar karena saat ini para pengepul Kambing menjualnya dengan harga yang sangat tinggi. Jika tidak mengetahui harga Kambing terbaru maka dapat mengajak kerabat yang mengetahuinya untuk menemani membeli Kambing di pasar hewan terdekat. Baiklah, cukup sekian ulasan tentang harga Kambing kali ini.

Jika anda membutuhkan kambing Aqiqah atau qurban dengan Kualitas terbaik dan berkualitas anda melihat di website kami www.aqiqahberkah.com atau bisa juga menghubungi nomor berikut ini untuk informasi lebih detailnya. Kami tunggu pesanan anda….

Untuk Informasi Lebih lanjut Hubungi Kami :

WA : +6281335680602
BBM : D801E13D
TELPON/SMS : 085749622504

Hewan atau Kambing bisa dipilih di kandang kami dan Gratis titip hewan qurban sebelum di antar.

-_-Aqiqah Berkah Siap membantu Anda dalam Qurban atau Aqiqah Anda-_-

Tags: , , , , , , , , , ,