Harga Kambing Aqiqah Jombang

Harga Kambing Aqiqah Jombang

Hello para sahabat aqiqah berkah. Nah, kali ini kami mau membahas mengenai harga kambing aqiqah. Para sahabat yang ingin membeli kambing untuk aqiqah bisa menghubungi Aqiqah Berkah. Kami menyediakan kambing yang berkualitas dan terbaik. Di ambil dari kandang sendiri. Harga-harga kambing terupdate sebagai berikut. Tapi kami mau mengulas terlebih dahulu mengenai Asal-usul Jombang Disimak ya sahabat…..

kambing-kacang
ASAL usul nama Jombang, sebuah kabupaten di Jawa Timur, konon tidak terlepas dari pertarungan Kebo Kicak Vs Surontanu. Seperti apa ceritanya?

Jombang adalah kabupaten yang terletak di bagian tengah Provinsi Jawa Timur. Jombang dikenal dengan sebutan Kota Santri.

Seperti dikutip dari Wikipedia, pada masa Kerajaan Majapahit, wilayah yang kini Kabupaten Jombang merupakan gerbang Majapahit. Gapura barat adalah Desa Tunggorono, Kecamatan Jombang, sedang gapura selatan adalah Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng.

Dalam logo Kabupaten Jombang, memang terdapat gerbang dan benteng yang melambangkan bahwa zaman dahulu Jombang adalah benteng Majapahit (Mojopahit) sebelah barat.

Hingga kini banyak dijumpai nama-nama desa/kecamatan yang diawali dengan prefiks mojo-, di antaranya Mojoagung, Mojowarno, Mojojejer, Mojotengah, Mojotrisno, Mojongapit, dan sebagainya. Salah satu peninggalan Majapahit di Jombang adalah Candi Arimbi di Kecamatan Bareng.

Menyusul runtuhnya Majapahit, agama Islam mulai berkembang di kawasan, yang penyebarannya dari pesisir pantai utara Jawa Timur. Jombang kemudian menjadi bagian dari Kerajaan Mataram Islam. Seiring dengan melemahnya pengaruh Mataram, Belanda menjadikan Jombang sebagai bagian dari wilayah VOC pada akhir abad ke-17, yang kemudian sebagai bagian dari Hindia Belanda pada awal abad ke-18.

Tahun 1811, didirikan Kabupaten Mojokerto, meliputi pula wilayah yang kini adalah Kabupaten Jombang. Trowulan (pusat Kerajaan Majapahit), masuk dalam kawedanan (onderdistrict afdeeling) Jombang.

Alfred Russel Wallace (1823-1913), naturalis asal Inggris yang memformulasikan Teori Evolusi dan terkenal dengan Garis Wallace, pernah mengunjungi dan bermalam di Jombang saat mengeksplorasi keanekaragaman hayati Indonesia.

Tahun 1910, Jombang memperoleh status kabupaten, memisahkan diri dari Kabupaten Mojokerto. Raden Adipati Arya Soeroadiningrat menjadi bupati pertama. Dia juga biasa disapa Kanjeng Sepuh atau Kanjeng Jimat. Dia juga merupakan keturunan ke-15 dari Prabu Brawijaya V, Raja terakhir Majapahit.

Undang-undang Nomor 12 Tahun 1950 tentang Pembentukan Daerah Kabupaten dalam Lingkungan Provinsi Jawa Timur mengukuhkan Jombang sebagai salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur.

Lantas, dari mana asal nama Jombang? Menurut cerita yang beredar dari mulut ke mulut di kalangan masyarakat Jombang, hal ini tak lepas dari sosok Kebo Kicak dan Surontanu.

Dalam cerita itu disebutkan, Kebo Kicak adalah seseorang yang dikutuk orangtuanya sehingga memiliki kepala kebo atau kerbau.

Setelah berkepala kerbau dengan tetap berbadan manusia, Kebo Kicak berguru kepada seorang kiai sakti mandraguna. Bertahun-tahun belajar pada kiai tersebut, Kebo Kicak menjadi orang soleh.

Lantas, siapa Surontanu? Konon, di sebuah kadipaten Kerajaan Majapahit yang kelak disebut Kabupaten Jombang, terdapat seorang perampok sakti bernama Surontanu. Dia adalah penjahat nomor satu dan paling ditakuti masyarakat sekitar Jombang. Tidak ada satu orang pun yang mampu menangkap Surontanu.

Alkisah, huru-hara di masyarakat didengar oleh Kebo Kicak. Atas perintah sang guru, Kebo Kicak turun gunung untuk menghentikan kejahatan Surontanu.

Setelah berpetualang beberapa hari, Kebo Kicak berhasil menemukan Surontanu. Tanpa panjang lebar, keduanya beradu kesaktian. Setelah bertarung beberapa lama, Surontanu terdesak. Dia melarikan diri hingga ke sebuah rawa yang terdapat banyak tanaman tebu. Dengan kesaktiannya, Surontanu berhasil masuk ke rawa tebu. Kebo Kicak menyusul masuk ke rawa yang sekarang terletak di wilayah Jombang.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai asal-usul jombang. Selanjutnya kami akan mengulas mengenai pengertian kambing dan harga kambing. Mari,…..

Domba dan kambing sebenarnya merupakan hewan yang serupa tetapi tidak sama. Perbedaan terletak pada penampakan tubuhnya dan sifat-sifatnya. Berdasarkan kedua perbedaan tersebut, maka kedua hewan ruminansia kecil ini dibedakan menjadi domba dan kambing. Berdasarkan penampakan tubuh luarnya, domba memiliki tubuh lebih bulat, sedangkan pada kambing tubuhnya lebih ramping.

Domba memiliki bulu yang tebal, sedangkan pada kambing bulunya lebih tipis dan halus sehingga apabila dilihat sepintas nampak tidak berbulu. Domba paa umumnya memiliki tanduk yang berbentuk segitiga, membelit, atau spiral, sedangkan pada kambing tanduknya berbentuk pipih. Bangsa domba umumnya tidak berjenggot, sedangkan kambing pada umumnya berjenggot.

Berdasarkan sifat-sifat nya, domba memiliki sifat lebih suka hidup bersama atau berkelompok dan tidak bersifat liar. Hal ini berlainan dengan ternak kambing yang lebih suka hidup bebas dan bersifat liar walaupun mudah dijinakkan. Kambing akan mudah menjadi liar kembali apabila mendapat kesempatan hidup bebas. Kambing mempunyai kemampuan membela diri dan suka berkelahi sehingga seringkali dijadikan hewan aduan.

Penentuan harga ketika proses jual beli ternak, umumnya didasarkan pada kondisi fisik (bobot dan kesehatan) ternak. Karena kondisi fisik mencerminkan produksi dan kualitas karkas. Semakin bagus kondisi fisik si ternak, maka harga semakin tinggi. Ada beberapa hal juga menjadi pertimbangan dalam menentukan harga jual ternak. Berikut pertimbangan yang dimaksud.

a. Umur
Hasil penelitian menunjukkan bahwa umur potong kambing berkorelasi positif dengan keempukkan daging yang dihasilkannya. Artinya, makin tua ternak dipastikan dagingnya lebih liat. Diketahui juga, daging yang berasal dari kambing tua baunya lebih menyengat. Konsumen umumnya lebih suka daging kambing yang empuk. Karena itu, faktor umur cukup memengaruhi harga jual kambing.
Ada tiga tipe daging kambing yang dihasilkan dan dikonsumsi sebagai berikut.
– Daging anak kambing (umur 8 – 12 minggu)
– Daging kambing muda (umur 1 – 2 tahun)
– Daging kambing tua (umur 2 – 6 tahun)

b. Kebiri
Kambing muda siap potong umumnya lebih murah dibandingkan dengan kambing muda kebirian, meski umur keduannya sama. Hal ini disebabkan karena persentase karkas kambing muda akan lebih rendah dibandingkan dengan kambing jantan kebiri.

Harga Kambing saat ini terus melambung meskipun di Negara kita sudah banyak para peternak kambing , mulai dari jenis kambing jawa (lokal), Kambing Gibas, Kambing Etawa, Kambing PE, dan masih banyak lagi jenis Kambing yang sudah di budidayakan di Indonesia. Permintaan daging kambing sebagai konsumsi juga terus meningkat di setiap tahun ke tahun, bahkan peternak lokal belum mampu untuk memenuhi permintaan pasar daging Kambing. Sebagai solusi Pemerintah melakukan impor daging Kambing untuk menutupi masalah tersebut, namun dengan adanya impor daging tersebut tentunya akan mempengaruhi Harga Kambing di pasar lokal. Dengan semakin melemahnya rupiah justru harga Kambing semakin melambung, baik kambing jawa ataupun jenis kambing lainnya.

Dengan naiknya harga Kambing setiap tahunnya, terciptalah peluang usaha mulai dari mendirikan ternak kambing, jual beli kambing, usaha penggemukan kambing dan masih banyak lagi penghasilan yang di raih dari Kambing. Harga Kambing akan semakin melambung jika mendekati hari Kurban, hal ini juga di manfaatkan oleh para pedagang kambing untuk menjualnya di kota-kota besar di Indonesia. Kambing banyak di ternak di area pedesaan, terutama di daerah Jawa tengah dan Jawa Timur.

Pada tahun 2015 saat ini harga kambing lokal (jawa)yang umum di gunakan untuk kurban pada 2 bulan lalu masih bekisar diantara 2.8jt dengan berat sekitar 25kg-30kg. Dan saat ini harga Kambing tersebut masih stabil karena stok Kambing lokal yang berkurang setelah banyak yang di sembelih untuk hewan kurban.

Harga Kambing Jawa (lokal)
Kambing Jawa/lokal/kacang adalah ras yang paling banyak di temui di Indonesia, terutama daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Harga Kambing Jawa juga sangat bervariasi, tergantung kualitas dan fungsinya, sebagai pedaging, bibit ternak, dan lain sebagainya. Daging Kambing Jawa sangat diminati di pasaran, rasanya yang paling nikmat dari semua jenis Kambing yang ada di Indonesia menjadi harga Kambing Jawa stabil. Selain itu Kambing Jawa juga sangat mudah untuk di budidayakan karena tingkat perkembangbiakannya yang tinggi. Untuk cara ternak Kambing Jawa dapat Anda pelajari pada artikel dengan judul “Ternak Kambing Jawa Dengan Konsep Penggemukan Agar Cepat Untung”.

Kambing Jawa memang memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis Kambing Etawa atau Pe. Ukurannya hampir sama dengan jenis Kambing Gibas. Namun harga Kambing Jawa lebih malah daripada harga jenis Kambing Gibas, dibawah ini adalah harga Kambing Jawa terbaru yang saya dapatkan dari informasi pasar.

• Betina umur 3-5 bulan : +- 800.000 (tergantung kondisi)
• Betina umur 6-7 bulan : +- 1.300.00 (tergantung kondisi)
• Betina umur 8-2 bulan : +- 1.800.000 (tergantung kondisi)
• Betina umur 12-24 bulan : +- 2.300.000 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 3-5 bulan : +- 1.000.000 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 6-7 bulan : +- 1.600.00 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 8-2 bulan : +- 2.300.000 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 12-24 bulan : +- 2.600.000 (tergantung kondisi)

Harga Kambing PE (peranakan Etawa) Terbaru
Kambing PE (peranakan Etawa) merupakan ras yang di hasilkan dari persilangan antara Kambing Etawa dan Kambing Jawa (lokal), kambing ini semakin di kembangkan oleh para peternak di Indonesia. Saat ini keturunan terbaik sudah di dapatkan, Kambing Pe mampu berukuran sebesar kambing Etawa tetapi kelebihan lainnya adalah tingkat adaptasi yang bagus untuk cuaca yang ada di Indonesia.

Kambing PE juga dapat bertumbuh dan berkembangbiak dengan baik meskipun dengan pakan berkualitas rendah, tetapi harus di usahakan dagan pakan mengandung gizi yang di butuhkannya setiap harinya. Hal tersebut tentunya sudah di pelajari dan semakin dikembangkan lagi oleh para peternak Kambing yang berpengalaman. Dengan demikian harga Kambing PE juga terus meningkat di setiap tahunnya karena Kambing ini mudah di budidayakan, dagingnya yang banyak, dan rasanya yang menyerupai Kambing Jawa (lokal). Dibawah ini adalah informasi harga terbaru untuk Kambing PE:

• Betina umur 3-5 bulan : +- 1.000.000 (tergantung kondisi)
• Betina umur 6-7 bulan : +- 1.500.00 (tergantung kondisi)
• Betina umur 8-2 bulan : +- 2.000.000 (tergantung kondisi)
• Betina umur 12-24 bulan : +- 2.500.000 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 3-5 bulan : +- 1.400.000 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 6-7 bulan : +- 1.800.00 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 8-2 bulan : +- 2.500.000 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 12-24 bulan : +- 3.200.000 (tergantung kondisi)

Harga Kambing Etawa Tebaru
Kambing Etawa merupakan Kambing yang berasal dari India, Kambing jenis ini memiliki ukuran tubuhnya yang tinggi dan besar, saat ini Kambing Etawa menjadi primadona di dunia pasar Kambing. Saat ini banyak para peternak Kambing Lokal yang beralih untuk beternak Kambing Etawa karena sifat Kambing Etawa yang multifungsi. Kambing Etawa bisa di sebagai kambing pedaging, Kambing perah, dan bahkan menjadi Kambing yang dikonteskan. Cara ternak Kambing Etawa dapat Anda pelajari pada artikel dengan judul “Ternak Kambing Etawa Praktis Dengan Panen Yang Memuaskan”

Daging Kambing Etawa tentunya sangat banyak, lebih banyak dari pada daging Kambing Lokal atau PE, Kambing ini juga dapat menghasilkan susu. Ada yang lebih menarik dari Kambing Etawa adalah menjadi Kambing Kontes yang saat ini banyak para penghobi mulai merawat Kambing Etawa yang disiapkan untuk mengikuti kontes saja. Kontes Kambing banyak di laksanakan di daerah Jawa tengah dan Jawa Timur. Dibawah ini adalah harga Kambing Etawa terbaru!!

• Betina umur 3-5 bulan : +- 1.700.000 (tergantung kondisi)
• Betina umur 6-7 bulan : +- 2.200.00 (tergantung kondisi)
• Betina umur 8-2 bulan : +- 3.000.000 (tergantung kondisi)
• Betina umur 12-24 bulan : +- 3.500.000 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 3-5 bulan : +- 2.000.000 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 6-7 bulan : +- 3.000.00 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 8-2 bulan : +- 4.000.000 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 12-24 bulan : +- 5.000.000 (tergantung kondisi)

Harga Kambing Gibas Terbaru
Harga Kambing Gibas memang paling rendah di banding dengan semua jenis kambing pedaging lainnya, Kambing ini memiliki ukuran yang kecil dan seukuran dengan Kambing Jawa (lokal). Namun survey yang saya dapatkan harga Kambing Gibas lebih murah di bandingkan dengan harga Kambing Jawa. Semakin saya penasaran dan mencari informasi mengapa demikian, ternyata pada peminat daging Kambing memberikan penjelsan bahwa daging Kambing Gibas tidak senikmat daging Kambing Jawa (lokal). Kambing Gibas sangatlah mudah di bedakan cirinya dari jenis Kambing lainnya, bulunya yang tebal, keriting dan ekornya yang gemuk. Warna Kambing Gibas pada umumnya adalah putih, namun seiring dengan banyaknya kawin silang antara Kambing Gibas dengan ras lain muncullah warna hitam dan coklat namun warna putih masih dominan. Untuk cara ternak Kambing Gibas dapat Anda pelajari pada ulasan dengan judul “KAMBING GIBAS”.

Kambing Gibas adalah solusi bagi Anda yang mempunyai dana minim yang ingin menikmati daging Kambing, harganya yang lebih murah di banding dengan jenis Kambing lainnya menjadikan Kambing Gibas sangat banyak diminati di pasaran dan berikut adalah harga terbaru Kambing Gibas.

• Betina umur 3-5 bulan : +- 600.000 (tergantung kondisi)
• Betina umur 6-7 bulan : +- 1.200.00 (tergantung kondisi)
• Betina umur 8-2 bulan : +- 1.600.000 (tergantung kondisi)
• Betina umur 12-24 bulan : +- 2.300.000 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 3-5 bulan : +- 1.000.000 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 6-7 bulan : +- 1.200.00 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 8-2 bulan : +- 2.100.000 (tergantung kondisi)
• Jantan umur 12-24 bulan : +- 2.400.000 (tergantung kondisi)

Untuk mendapatkan Harga Kambing yang murah tentunya harus pandai-pandai dalam menawar karena saat ini para pengepul Kambing menjualnya dengan harga yang sangat tinggi. Jika tidak mengetahui harga Kambing terbaru maka dapat mengajak kerabat yang mengetahuinya untuk menemani membeli Kambing di pasar hewan terdekat. Baiklah, cukup sekian ulasan tentang harga Kambing kali ini.

Nah mungkin uraian di atas bisa menjadi patokan anda untuk membeli kambing yang berkualitas untuk aqiqah. Jadi sebelum membeli kita liat dulu kambing yang akan kita beli, sehat ataukah tidak. jika membeli kambing haruslah sangat berhati-hati. Tapi para sahabat tidak perlu kawatir untuk membeli kambing, di Aqiqah Berkah tempatnya kambing yang berkualitas, sehat, tidak cacat dan terbaik. Dan di ambil dari kandang sendiri, hasil peternakan sendiri. Harga kambing akikah di Aqiqah Berkah lebih terjangkau, apabila dibandingakan dengan yang lainnya. Untuk informasi dan pemesanan anda bisa menghubungi nomor di bawah ini.

 

Informasi dan Pemesanan hubungi :

 

WA                             : +6281335680602

BBM                           : D801E13D

TELPON/SMS            : 085749622504

 

-_-Aqiqah Berkah Siap membantu Anda dalam Qurban atau Aqiqah-_-

Tags: , , , , , ,