Harga Jual Kambing

Mau tau harga jual kambing terupdate ? Cek segera disini www.aqiqahberkah.com

Dapatkan informasi seputar harga kambing aqiqah, harga jual kambing qurban murah, harga paket aqiqah dan harga jual sapi qurban murah. Segera update dan pesan sesuai kebutuhan acara anda. Jangan sampai terlambat 🙂

Menurut informasi penjualan di pasar hewan, harga jual kambing kian hari kian menaik. Hal ini ditengarai karena naiknya harga bahan pokok dan tingginya permintaan pasar. Kambing menjadi primadona sembelihan dikala musim qurban tiba.

kambing etawa pe

Namun, peluang pasar terbesar adalah pada aqiqah. Dengan adanya penyedia jasa aqiqah, menjadikan peluang para pemasok kambing untuk memasang tarif harga jual kambing yang tinggi. Apakah hal tersebut diperbolehkan ?

Diberbagai daerah ada banyak kita jumpai para peternak kambing. Namun tidak semua kambing yang diternak masuk ke dalam kriteria kambing sembelihan aqiqah maupun qurban. Islam telah menetapkan hewan yang diperbolehkan untuk disembelih.

Berikut ini 3 syarat utama kambing untuk aqiqah :

  1. Jenis kambing untuk aqiqah boleh menggunakan kambing yang berjenis kelamin laki-laki atau kambing jantan atau betina.
  2. Tentang umur dari kambing itu sendiri mereka mengkiaskan dengan umur kambing dhahaayaa (kambing qurban), yaitu : Untuk domba atau biri-biri cukup satu tahun atau kurang sedikit. Untuk kambing biasa umurnya cukup dua tahun dan masuk tahun ketiga.
  3. Adapun tentang sifatnya pun dikiaskan dengan dhahaayaa yaitu kambing yang sehat dan bagus bukan kambing yang cacat dan sakit sebagaimana yang telah diterangkan oleh Imam Malik.

Ada baiknya ketika akan melaksanakan sembelihan kambing aqiqah atau memilih kambing untuk aqiqah, perhatikan kesempurnaan kambing. Meskipun harga jual kambing murah, namun kualitas haruslah yang utama.

Kesempurnaan kambing tidak hanya dilihat dari segi bebas dari cacat saja, melainkan pula dari segi umur kambing dan kesehatan kambing. Jangan sampai kambing yang anda pilih ternyata terserang penyakit. Ini akan berakibat pada orang yang memakan daging kambing tersebut.

gibas

Aqiqah Berkah menyediakan kambing untuk aqiqah dan sudah dipilih sesuai dengan tuntunan syariat Islam. Harga jual kambing mulai dari Rp 1.850.000,- dengan berat 24-29 Kg jenis kambing gibas. Kambing gibas termasuk dalam kategori kambing pedaging, sehingga akan dihasilkan banyak daging ketika disembelih.

Menjadi pengetahuan para penyembelih kambing, inilah tata cara penyembelihan kambing aqiqah yang benar menurut tutunan dan syariat ajaran Islam :

  1. Membaca Basmallah.
  2. Membaca Shalawat Nabi.
  3. Membaca Takbir.
  4. Disembelih sendiri (apabila diwakilkan hendaknya menyaksikan penyembelihan).
  5. Membaca doa penyembelihan aqiqah.
  6. Hewan yang disembelih dihadapkan ke kiblat dengan posisi di miringkan, rusuk kiri disebelah kanan.
  7. Dagingnya setelah dimasak kemudian dibagikan kepada orang miskin dan tetangga.
  8. Dilaksanakan pada hari ke-7 / ke-14 / ke-21 dari hari kelahiran anak.
  9. Pada pelaksanaan tersebut juga dilakukan cukur/potong rambut bayi serta diberi nama yang baik.

Perlu diketahui juga bahwa saat menyembelih dan memotong kambing aqiqah, tulang sembelihan tidak boleh dipotong atau smpai rusak. Rosul memberikan petunjuk dan keterangan lebih dalam perihal memilih kambing aqiqah. Rosul bersabda, “Jangan kalian menyembelih kecuali hewan yang sudah memenuhi umur, kecuali kalau sulit bagi kalian. Apabila sulit bagi kalian maka sembelihlah kambing dari domba.”

Pada saat ini, harga jual kambing dipasaran yang paling teratas diduduki oleh kambing jenis etawa. Kambing etawa terkenal sebagai kambing pedaging dan kambing kontes serta penghasil susu. Sangat menguntungkan sekali bila beternak kambing jenis yang satu ini. Yang selanjutnya adalah kambing gibas yang memiliki harga jual hampir setara dengan kambing peranakan etawa (persilangan kambing etawa dengan kambing lokal).

Tags: , , , , , ,