Bibit Kambing

Bibit Kambing

kambing etawa pe
Hello para sahabat-sahabat Aqiqah Berkah. Gimana kabarnya hari ini?baik kan. biasanya kami mengulas mengenai Aqiqoh, Kini kami mengulas mengenai bibit kambing. Tapi sebelumnya kami akan mengulas mengenai pengertian kambing dan cara pemilihan kambing. Yukk langsung saja di baca..

Kambing merupakan salah satu jenis hewanternak yang paling banyak dibudidayakan oleh masyarakat baik di perkotaan maupun pedesaan. Permintaan akan ketersediaan kambing tiap tahun semakin meningkat. Hal tersebut dibuktikan dengan semakin banyaknya tingkat konsumsi masyarakat terhadap masakan olahan berbahan dasar kambing. Apalagi ternak kambing tidaklah sesulit seperti ternak hewan-hewan yang lain.

Memelihara kambing tidaklah sulit karena ketersediaan makanan yang berkimpah di daerah sekitar kita. Hampir berbagai jenis tanaman dapat di konsumsi oleh kambing. Tapi ada beberapa pakan kambing yang di gemari yaitu lamtoro, nangka dan daun turi.

Sebelum memutuskan untuk memulai usaha bisnis ternak kambing, perlu diperhatikan jenis kambing apa yang dapat dipelihara disekitar kita atau lokasi tempat anda tinggal. Hal tersebut untuk mengetahui apa saja keuntungan dan kerugian beternak kambing sesuai dengan kondisi lokasi supaya dapat memaksimalkan potensi kambing yang dipelihara.

Tips-tips memilih bibit kambing unggul

  1. Pejantan
    Kondisi tubuhnya sehat, bisa tumbuh dengan besar sesuai dengan usia, bulunya terlihat bersih dan mengkilap, ukuran badan panjang, kakinya lurus, tidak ditemukan cact fisik, penampilan gagah, tumitnya tinggi, terlihat aktif dan mempunyai nafsu kawin tinggi, gampang ereksi, dan buah zakarnya normal.
  2. Betina
    Kondisi tubuhnya sehat, bulunya terlihat bersih dan mengkilap, badanya tidak terlalu gemuk, tidak ditemukan cacat fisik, alat kelamin normal, dapat mengasuh anak dengan baik, buah susunya normal (halus dan kenyal).

Domba dan kambing sebenarnya merupakan hewan yang serupa tetapi tidak sama. Perbedaan terletak pada penampakan tubuhnya dan sifat-sifatnya. Berdasarkan kedua perbedaan tersebut, maka kedua hewan ruminansia kecil ini dibedakan menjadi domba dan kambing. Berdasarkan penampakan tubuh luarnya, domba memiliki tubuh lebih bulat, sedangkan pada kambing tubuhnya lebih ramping.

Domba memiliki bulu yang tebal, sedangkan pada kambing bulunya lebih tipis dan halus sehingga apabila dilihat sepintas nampak tidak berbulu. Domba paa umumnya memiliki tanduk yang berbentuk segitiga, membelit, atau spiral, sedangkan pada kambing tanduknya berbentuk pipih. Bangsa domba umumnya tidak berjenggot, sedangkan kambing pada umumnya berjenggot.

Berdasarkan sifat-sifat nya, domba memiliki sifat lebih suka hidup bersama atau berkelompok dan tidak bersifat liar. Hal ini berlainan dengan ternak kambing yang lebih suka hidup bebas dan bersifat liar walaupun mudah dijinakkan. Kambing akan mudah menjadi liar kembali apabila mendapat kesempatan hidup bebas. Kambing mempunyai kemampuan membela diri dan suka berkelahi sehingga seringkali dijadikan hewan aduan.

Tips Memilih kambing yang Sehat :

  1. Hewan aqiqah dalam islam harus cukup umur. Untuk kambing, umur ideal dijadikan hewan aqiqah adalah 12 – 18 bulan. Untuk mengetahuinya, bisa dilihat dari catatan kelahiran atau gigi susu yang dimiliki kambing. Bila gigi susu telah tanggal, kambing tersebut sudah cukup umur.
  2. Amati aktivitas si kambing. Bila pergerakannya aktif saat didekati, kambing tersebut sehat. Selain itu, kambing yang sehat memiliki selera makan yang baik.
  3. Memiliki bulu yang halus, mengilap, tidak rontok, tidak ada perubahan warna, dan tidak dihinggapi parasit kulit.
  4. Matanya bersinar jernih, terbuka penuh, pupil bereaksi cepat, tidak keluar air, tidak berwarna merah, dan selaput lendir kelopak mata bagian dalam berwarna merah terang. Hindari membeli kambing yang matanya berwarna keruh. Ciri ini menandakan kambing tersebut sedang sakit.
  5. Bentuk tubuhnya standart dan tidak cacat.
  6. Perhatikan mulutnya. Jika sering mengeluarkan banyak air liur dan terdapat bintil-bintil merah di dalam mulutnya, berarti kambing tersebut sedang sakit.
  7. Perhatikan kondisi fisik lainnya, seperti hidung, mulut, kuku, kulit,bulu ekor, dan bagian dubur hewan tersebut. Pastikan semua dalam kondisi baik dan bersih.
  8. Hati-hati ketika membeli kambing saat musim hujan. Pasalnya, pada musim hujan, kambing rawan mengalami diare atau cacingan.

Nah mungkin itulah yang dapat kami sampaikan mengenai bibit kambing. Semoga apa yang kami sampaikan di atas itu bermanfaat bagi anda semuanya. Ammiiiinnn….

PEMESANAN KAMBING QURBAN DAN AQIQAH HUBUNGI :

WA                             : +6281335680602

BBM                           : D801E13D

TELPON/SMS            : 085749622504

_-_Aqiqah Berkah Siap Membantu Pelaksanaan Aqiqah Anda_-_

Tags: , , , , , ,