Beternak Kambing Etawa

Beternak kambing Etawa

kambing-etawa
Hello para sahabat-sahabat Aqiqah Berkah. Gimana kabarnya hari ini?baik kan. Kini kami mengulas mengenai Beternak kambing Etawa. Yukk langsung saja di baca..

Dari aspek dukungan alam, hampir seluruh wilayah Indonesia memiliki tanah subur yang dapat menjamin ketersediaan pakan ternak. Di seluruh wilayah Indonesia hanya terdapat dua musim, tanpa adanya perubahan temperatur yang drastis. Kondisi alam yang demikian memungkinkan kegiatan peternakan kambing dapat dilakukan secara berkesinambungan sepanjang tahun.

Kambing dikenal sangat cepat berkembang biak. Kambing jenis tertentu pada umur 15 – 18 bulan sudah bisa menghasilkan keturunan. Kambing juga sangat produktif karena bersifat prolifik (sering melahirkan anak kembar dua). Kadang dalam satu kelahiran menghasilkan keturunan kembar tiga, dan terus berproduksi sepanjang tahun.

Dari segi pembiayaan, beternak kambing merupakan pilihan yang sangat memungkinkan dilakukan masyarakat karena tidak perlu modal terlalu besar bila dibandingkan dengan beternak sapi, misalnya. Dengan mengerahkan seluruh anggota keluarga untuk menanganinya, beternak kambing bisa dilakukan dalam skala keluarga, sebab kambing dapat hidup dengan perawatan minimal.

Kambing Etawa
kambing etawa atau disebut kambing Jamnapari, adalah jenis kambing yang berasal dari daerah Jamnapari, India. Kambing etawa ini merupakan kambing yang paling populer di kawasan Asia Tenggara. Di negara asalnya, jenis kambing ini termasuk jenis kambing dwiguna, yakni sebagai penghasil susu dan daging. Adapun harga kambing etawa ini mulai berkisar dari harga Rp.1.700.000,- hingga Rp.5.000.000,- di tahun 2016 ini.

Ciri-ciri fisik kambing etawa adalah sebagai berikut :

  1. Bagian hidung sampai dahi bentuknya melengkung.
  2. Telinganya panjang sampai mendekati 30 cm dan jatuh menggantung ke bawah.
  3. Jantan dan betina sama-sama bertanduk.
  4. Kakinya panjang, terdapat bulu panjang pada kaki belakang mulai dari bawah ekor sampai ke garis kaki.
  5. Warna bulu belang, antara hitam dan putih, atau antara cokelat dengan putih. Ada juga yang merupakan kombinasi tiga warna tersebut.
  6. Produksi susu setelah beranak mencapai 3 liter per hari.
  7. Bentuk ambing besar dan panjang seperti botol.
  8. Tinggi badan kambing jantan antara 90 cm sampai 130 cm, dan kambing betina antara 75 cm sampai 100 cm.
  9. Berat badan kambing jantan antara 50 kg, sampai 100 kg. Sedangkan kambing betina antara 35 kg sampai 70 kg.

Tips Memilih kambing Aqiqah yang Sehat

  1. Hewan aqiqah harus cukup umur. Untuk kambing, umur ideal dijadikan hewan aqiqah adalah 12 – 18 bulan. Untuk mengetahuinya, bisa dilihat dari catatan kelahiran atau gigi susu yang dimiliki kambing. Bila gigi susu telah tanggal, kambing tersebut sudah cukup umur.
  2. Amati aktivitas si kambing. Bila pergerakannya aktif saat didekati, kambing tersebut sehat. Selain itu, kambing yang sehat memiliki selera makan yang baik.
  3. Memiliki bulu yang halus, mengilap, tidak rontok, tidak ada perubahan warna, dan tidak dihinggapi parasit kulit.
  4. Matanya bersinar jernih, terbuka penuh, pupil bereaksi cepat, tidak keluar air, tidak berwarna merah, dan selaput lendir kelopak mata bagian dalam berwarna merah terang. Hindari membeli kambing yang matanya berwarna keruh. Ciri ini menandakan kambing tersebut sedang sakit.
  5. Bentuk tubuhnya standart dan tidak cacat.
  6. Perhatikan mulutnya. Jika sering mengeluarkan banyak air liur dan terdapat bintil-bintil merah di dalam mulutnya, berarti kambing tersebut sedang sakit.
  7. Perhatikan kondisi fisik lainnya, seperti hidung, mulut, kuku, kulit,bulu ekor, dan bagian dubur hewan tersebut. Pastikan semua dalam kondisi baik dan bersih.
  8. Hati-hati ketika membeli kambing saat musim hujan. Pasalnya, pada musim hujan, kambing rawan mengalami diare atau cacingan.

Nah mungkin itu yang bisa kami sampaikan. uraian di atas bisa menjadi patokan anda untuk membeli kambing yang berkualitas. Jadi sebelum membeli kita liat dulu kambing yang akan kita beli, sehat ataukah tidak. jika membeli kambing haruslah sangat berhati-hati. Tapi para sahabat tidak perlu kawatir untuk membeli kambing, di Aqiqah Berkah tempatnya kambing yang berkualitas, sehat, tidak cacat dan terbaik. Dan di ambil dari kandang sendiri, hasil peternakan sendiri. Harga kambing akikah di Aqiqah Berkah lebih terjangkau, apabila dibandingakan dengan yang lainnya. Untuk informasi dan pemesanan anda bisa menghubungi nomor di bawah ini.

Informasi dan Pemesanan :

WA : +6281335680602
BBM : 7C0B38CE
TELPON/SMS : 085749622504

-_-Aqiqah Berkah Siap membantu Anda dalam Qurban atau Aqiqah Anda-_-

Tags: , , , , , ,