Aqiqoh Berkah

Aqiqoh Berkah

Halo para sahabat aqiqoh yang berbahagia hari ini. Bagaimana nih kabarnya para sahabat?baik kan. Berikut ini adalah ulasan sedikit mengenai aqiqoh untuk anda para sahabat yang budiman. Agar mendapatkan pandangan sedikit mengenai aqiqoh. Berikut ulasan yang akan kami ulas.

kambing aqiqah
Pengetian aqiqoh dari segi bahasa ialah “rambut di kepala anak”. Sedangkan pengertian aqiqoh dari segi syara’ ialah “binatang yang disembelih pada hari mencukur rambut bayi”. Aqiqoh bagi bayi yang baru lahir adalah salah satu ibadah yang dianjurkan oleh Nabi SAW.

“Setiap anak yang baru lahir mempunyai tanggungan dengan memenuhi aqiqohnya, yaitu disembelihkan atasnya binatang pada hari ketujuh, dicukur rambutnya dan diberikan nama padanya.” (HR Nasa’i, Ibnu Majah dan Tirmidzi)

Hadist lainnya disampaikan oleh ummu Kurz bahwa ia bertanya kepada Nabi SAW tentang Aqiqoh,mlalu beliau bersabda,
“Anak laki-laki disembelihkan dua ekor kambing dan anak perempuan seekor kambing dan tidak mengapa kambing itu jantan atau betina.” (HR Tirmidzi)

Aqiqoh merupakan bukti rasa syukur yang dinampakkan ketika menerima nikmat. Rasa syukur ini dinyatakan dalam bentuk memberi makanan kepada orang banyak, sebagaimana kutipan Al-Quran, “Dan terhadap nikmat Tuhanmu, hendaklah engkau nyatakan (dengan bersyukur).” (QS Adh-Dhuha [93] : 11)

Dengan aqiqoh anak yang baru lahir atau anak yang remaja, diharapkan anak tersebut terdaftar sebagai hamba-hamba yang taat menjalankan perintah Allah SWT.

Mencukur rambut bayi dan membersihkan kepalanya
Masih dalam lingkup untuk menyambut kelahiran si bayi, Islam memerintahkan mencukur rambut dan membersihkan kepalanya. Mencukur rambut bayi ini merupakan ibadah sunnah yang mengiringi aqiqoh. Suatu riwayat menyatakan bahwa berat rambutnya yang telah dicukur ditimbang dan disedekahi seharga berat emas atau perak yang ditimbang seberat itu. Penyamaan antara emas atau perak dan anak merupakan perlambang bahwa anak adalah harta yang mahal.

“Rasulullah SAW melakukan aqiqoh untuk Hasan dengan menyembelih seekor kambing, dan beliau bersabda, “Wahai Fatimah, cukurlah rambutnya dan sedekahilah dengan perak seberat rambutnya.” Lalu, kami menimbangnya dan ternyata rambutnya seberat satu dirham atau beberapa dirham. (HR Tirmidzi)

Islam mengajarkan kebersihan dan kerapian dan menegaskan bahwa kebersihan merupakan bagian dari iman. Dalam mencukur rambut anak, dilakukan dengan rapi dan sempurna. Ketentuan ini didasarkan hadist riwayat Ibnu Umar yang artinya, “Rasulullah SAW melarang qaza’, lalu Ibnu Umar berkata, “Saya bertanya kepada Nafi’ tentang qaza’. Nafi’ menjelaskan, “Qaza’ adalah mencukur sebagian rambut bayi dan membiarkan sebagian rambut yang lain.” (HR Bukhari, Ibnu Majah, dan Ahmad)

Tidak dianjurkan melakukan pencukuran dengan model yang sangat mencolok dan terkesan janggal. Misalnya, rambut anak dicukur hanya pada bagian depan saja atau bagian pinggir saja atau bahkan dibuat model botak sebelah. Model-model itu bila dilihat akan memunculkan pandangan negatif.

Nah,..mungkin itulah ulasan yang dapat kami sampaikan untuk anda. Semoga apa yang kami sampaikan sedikit mengenai aqiqoh di atas bermanfaaat bagi anda. Ammmiinnnnn… dilanjut lagi guys bacanya, kami ingin memberi tahu anda mengenai aqiqoh berkah intin-intinya saja.

Perjalanan Aqiqah Berkah dimulai sejak tahun 2008 samapai sekarang. Dari itulah Aqiqah Berkah mendapatkan guru yang terbaik untuk terus berkomitmen dan meningkatkan kualitas layanan bagi konsumen dan memberikan yang terbaik tanpa terkecuali. Maka dari itu, percayakanlah aqiqah putra-putri Anda pada Aqiqah Berkah.

Kelahiran si bayi kecil nan mungil tentu menjadi kebahagiaan tersendiri. Tentunya kita harus mengungkapkan rasa syukur kepada Allah dengan benar, tepat dan sesuai dengan kehendak-Nya. Maka sudah sepatutnya kita melaksanakan sunnah Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam, yaitu melaksanakan aqiqah.

Dan sudah menjadi fenomena terkini bahwa banyak dari masyarakat kita yang kurang peduli dengan masalah aqiqah. Mereka sudah bisa membeli rumah, sudah bisa membeli mobil bahkan sudah bisa berangkat umroh, tetapi belum mengaqiqahi anak mereka.

Segera pesan paket Aqiqah Berkah SEKARANG JUGA. Kami akan menyediakan paket aqiqah murah dengan kriteria kambing memenuhi syar’i, penyembelihan secara islami, mudah, praktis dan nyaman dengan pilihan daftar harga paket aqiqah yang bervariasi. Sekali lagi, telepon dan pesan layanan aqiqah kami segera.

WA : +6281335680602
BBM : D801E13D
TELPON/SMS : 085749622504

_-_Aqiqah Berkah SIAP MEMBANTU PELAKSANAAN AQIQAH ANDA_-_

Tags: , , , , , ,