Aqiqah di Ponorogo

Aqiqah di Ponorogo

Hello sahabat aqiqah ponorogo. Gimana kabar kalian sobat?fine kan pastinya. Nah kini Aqiqah Berkah Hadir di kota ponorogo, yang akan membantu sahabat-sahabat yang berada di ponorogo untuk melaksanakan sunnah Rasulullah SAW yaitu Aqiqah. Sebelum kita masuk ke Aqiqah Ponorogo kami akan mengulas wisata yang ada di ponorogo?

Ponorogo merupakan salah satu kabupaten yang terletak di sebelah barat dari Propinsi Jawa Timur. Ponorogo dikenal sebagai Kota Reyog karena di kota inilah kesenian tersebut lahir. Reyog sudah mendunia dan menjadi ikon serta potensi wisata budaya bagi Ponorogo. Kota yang mendapat julukan Tanah Wengker ini selain mempunyai daya tarik wisata budaya juga menyimpan pesona wisata yang lain yang mungkin ada sebagian dari kita belum mengenalnya. Kali ini saya mencoba menulis dan memunculkan pesona wisata Ponorogo, khususnya Ponorogo Timur.

Ponorogo Timur adalah bagian dari Kabupaten Ponorogo yang berada di sebelah timur dari pusat pemerintahan kabupaten. Ponorogo Timur meliputi Kecamatan Ngebel, Kecamatan Pulung, Kecamatan Sooko serta Kecamatan Pudak. Ke empat kecamatan tersebut berada di lereng Gunung Wilis bagian selatan. Keempat kecamatan ini memiliki potensi wisata yang menarik dan layak untuk dikunjungi. Berikut ini potensi wisata yang berada di Ponorogo bagian timur.

ponorogo
Berikut beberapa wisata di ponorogo.
1. Gunung Pringgitan
Gunung Pringgitan yang terletak di wilayah Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur (Jatim) menawarkan sensasi wisata dari ketinggian. Dari Puncak Pringgitan, khususnya pada malam hari, para wisatawan dapat menyaksikan keindahan panorama Kota Ponorogo. Bukit Pringgitan yang terletak di desa Caluk, kecamatan Slahung. Di sini kita bisa memandangi kota Reog serta bintang-bintang yang bertaburuan. Jangan lupa siapkan jaket tebal untuk mengusir udara dingin. Karena letaknya di tengah Jawa Timur, Ponorogo memang gak punya pantai. Tapi, sejumlah bukit dan gunung bakal bikin kamu terpesona dengan kota ini.

2. Air Terjun Widodaren
Air terjun widodaren terletak di Desa Bulu lor Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo 30 menit perjalanan dari alun alun ponorogo ke arah barat menuju Kecamatan Jambon. Air terjun ini sangat indah dan masih dan alami. Untuk bisa maksimal kunjungilah pada saat musim hujan karena debit airnya kecil dimusim panas. Untuk menuju ke spot ini bisa dengan mudah berkendara motor sampai ke parkiran lanjur berjalan kaki. Bila kita liat dari atas air terjun ini atau naik keatas bukit terlihat pemandangan luas dan indah berupa pegunungan dan banyak pepohonan kita bisa bersantai dan menikmati keindahan alam ponorogo.

3. Air Terjun Pletuk
Air Terjun Pletuk adalah air terjun dengan ketinggian kurang lebih 30 meter yang berda di Dusun Kranggan, Desa Jurug, Kecamatan Sooko. Deburan air yang jatuh menghasilkan buih-buih yang sejuk ditambah pemandangan sekitar air terjun yang hijau membuat pengunjung betah berlama-lama ditempat ini. Air terjun bernama Pletuk ini mengalirkan air berwarna kecoklatan yang deras di saat musim penghujan. Berada di kawasan perbukitan yang tingginya sekitar 460 mdpl, kamu bisa menikmati panorama yang segar di sekeliling air terjun.

4. Goa Maria Fatima
Selain potensi wisata alam, Ponorogo bagian timur juga mempunyai potensi wisata religi. Potensi tersebut antara lain Goa Maria Fatima. Goa Maria Fatima berada di Desa Klepu Kecamatan Sooko merupakan tempat peribadatan umat Katolik. Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh peziarah dari Ponorogo dan luar Ponorogo bahkan dari luar Jawa Timur. Letaknya yang berada dilereng pegunungan dan dibawah hutan pinus membuat tempat ini sangat nyaman untuk dikunjungi. Sehingga peziarah yang datang ketempat ini merasa betah karena kesejukannya. Di tempat ini juga terdapat sendang (sumber mata air) yang benama Sendang Waluya Jatiningsih.

5. Makam tumenggung Jayengrana
Tahun 1745 Jayengrono diberi jabatan bupati dan mendapat gelar Tumenggung. Bupati Ponorogo Raden Surobroto lalu mempersilahkan Tumenggung Jayengrono memilih sendiri tempatnya yang baru. Tempat baru tersebut dinamakan Kabupaten Pedaten. Kabupaten Pedanten berpusat di Desa Patihan Kidul dengan wilayah utara dibatasi Jeruksing ke timur hingga Pulung,selatan Mlarak ke timur hingga Pulung. Tumenggung Jayengrana meninggal pada tahun 1780. Beliau di makamkan di Desa Pulung Merdiko Kecamatan Pulung.

6. Beji Sirah Keteng
Objek wisata ini berupa beji (kolam) dan sebuah arca. Beji Sirah Keteng merupakan suatu kolam yang seluas kurang lebih 1 hektare. didekat kolam juga terdapat sebuah arca manusia raksasa. penduduk setempat menamakan arca “Ratu Boko“. Konon, Kolam Beji Sirah Keteng merupakan tempat pemandian Ki Ageng Kutu atau Ki Ageng Suryo Ngalam, dan menurut warga setempat, arca tersebut merupakan penggambaran kepala Prabu Ratu Boko, raja raksasa yang suka memakan daging manusia, yang tewas di tempat tersebut oleh seorang sakti mandraguna bernama Ki Ajar Prono.

7. Air Panas Tirti
Sumber air panas ini berada di Dusun Pucuk Desa Wagir Lor Kecamatan Ngebel. Berada di sebelah selatan Telaga Ngebel kurang lebih 3 km dari pintu masuk telaga. Sungai yang berasal dari rembesan mata air yang saling menyatu membetuk sungai dari lereng gunung Wilis, sungai ini mengalir ke arah kecamatan Pulung, masuk wilayah desa Wagir Lor Ngebel, lokasi ini juga bisa diakses dari kecamatan Pulung. Orang lebih suka berendam pada sore dan malam hari, menurut para pengunjung akan lebih mujarab karena tubuh dalam keadaan rileks, tapi entahlah kebenarnya.

8. Gunung Bedes
Selain wisata air, potensi wisata di Ponorogo bagian timur adalah gunung. Gunung Bedes merupakan potensi wisata tersebut. Gunung / bukit Bedes berada di Dusun Buyut Desa Ngadirojo Kecamatan Sooko ini layak dikunjungi karena dari puncaknya kita bisa menikmati alam Ponorogo dari ketinggian. Dari puncaknya juga kita bisa mengabadikan momen melalui kamera dengan spot yang menantang dan view Gunung Bayangkaki.

9. Coban Lawe
Coban adalah sebutan dari air terjun. Coban Lawe adalah air terjun yang berada di Kecamatan Pudak tepatnya berada di Desa Krisik. Coban Lawe berada di tengah hutan yang masih alami dan belum banyak dikunjungi. Air Coban Lawe berasal dari lereng Gunung Wilis dan sangat jernih. Ada beberapa air terjun di sekitar Coban Lawe namun belum tersentuh.

10. Telaga Ngebel
Telaga Ngebel sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang, telaga yang berada di Kecamatan Ngebel ini menyuguhkan pemandangan telaga yang masih alami. Telaga ini berada kurang lebih 30 km dari arah kota. Setiap tanggal 1 Muharram di telaga ini diselenggarakan Larung Risalah Doa sebagai bagian dari peringatan Grebeg Suro.

11. Perajin Reog Di desa carat sumoroto
Kalau ingin tahu lebih detail tentang kesenian Reog Ponorogo, sambangi aja langsung pengrajin yang membuat peralatan kesenian ini. Salah satunya adalah sanggar milik Pak Sarju yang terletak di Desa Carat Sumoroto, Kecamatan Kauman. Pak Sarju sudah menekuni pembuatan perlengkapan Reog selama lebih dari 40 tahun. Selain bisa melihat langsung proses pembuatannya, pastinya kamu juga bisa mendapat cerita menarik tentang kehidupan seniman reog.

12. Kedung Kenthus
Kedung Kenthus atau Wisata Air Alami Baru Kabupaten Ponorogo ini terletak di Desa Jenangan Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo, sebuah tempat di pinggiran pegunungan dengan sumber air yang tidak pernah kering walaupun di musim panas. 30 menit dari pusat kota ponorogo ke arah Kecamatan Sumoroto lanjut arah Kecamatan Sampung yg terkenal dengan tambang gamping/kapurnya. Juga terdapat situs bersejarah Goa Lowo yang sudah terkenal. Terdapat aliran sungai unik dari atas keliatan sempit padahal di bawahnya luas mirip seperti gentong yang panjangnya kurang lebih 20 meter, dengan warna air ke hijauan membuat kesan sejuk dan asri, dinding batu yang tidak beraturan berwarna abu abu kekuningan serasa kita berada di luar negeri.

Itulah mengenai wisata di ponorogo yang mungkin anda tertarik. Setelah itu kami akan mengulas mengenai aqiqah. Cekidot……

Aqiqah menurut bahasa artinya ‘memotong’. Pada asalanya ialah rambut yang terdapat pada kepala bayi ketika bayi tersebut keluar dari rahim ibunya. Rambut itu di namakan dengan aqiqah karena rambut itu harus dipotong (dicukur).

Adapaun secara istilah, aqiqah ialah hewan yang disembelih karena bayi atau untuk bayi yang dilahirkan. Dinamakan sembelihan itu dengan aqiqah adalah karena hewan tersebut disembelih pada hari mencukur rambut kepala bayi itu.

Hukum Aqiqah
Hukum aqiqah itu sendiri menurut kalangan syafi’i dan Hambali adalah sunnah muakkadah. Dasar yang dipakai oleh kalangan Syafi’i dan hambali dengan mengatakannya sebagai sesuatu yang sunnah muakkadah adalah hadist Nabi Muhammad SAW, yang artinya :
“anak-anak tergadai (tertahan) pada aqiqahnya, disembelih pada hari ketujuh, dan pada hari itu pula dicukurlah ia dan diberi nama.” (HR. Al-Tirmidzi, Nasa’i dan Ibnu Madjah, dari Hasan).

Dari ummu Kurzin Al-Ka’biyah r.a., ia berkata : Aku mendengar Rasulullah SAW, bersabda :
“Bagi anak laki-laki dua ekor kambing yang sama, sedangkan bagi anak perempuan satu ekor kambing.” (HR Al-Tirmidzi dan Ahmad).

Hikmah Aqiqah

  1. Mewujudkan rasa syukur seorang hamba kepada Allah SWT.
  2. Mewujudkan rasa saling berbagi dengan orang-orang yang kurang mampu (dhuafa).
  3. Mempererat ukhuwah sesama kaum muslimin.
  4. Membebaskan anak dari ketergadaian.
  5. Pembelaan orang tua di hari kemudian.
  6. Menghindari anak dari musibah dan kehancuran, sebagaimana pengorbanan Nabi Ismaila a.s dan Ibrahima a.s.
  7. Pembayaran hutang orang tua kepada anaknya.
  8. Pengungkapan rasa gembira demi tegaknya islam dan keluarganya keturunan yang di kemudian hari akan memperbanyak ummat Muhammad SAW.
  9. Memperkuat tali silaturrahmi di antara anggota masyarakat dalam menyambut kedatangan anak.
  10. Sumber jaminan sosial dan menghapus kemiskinan di masyarakat.
  11. Melepaskan bayi dari godaan setan dalam urusan dunia dan akhirat.

Hukum Aqiqah Setelah Dewasa atau berkeluarga
Pada dasarnya aqiqah disyariatkan untuk dilaksanakan pada hari ketujuh dari kelahiran. Jika tidak bisa, maka pada hari keempat belas. Adn jika tidak bisa pula, maka pada hari kedua puluh satu. Selain itu, pelaksanaan aqiqah menjadi beban ayah.

Namun demikian, jika ternyata ketika kecil ia belum di aqiqahi, ia bisa melakukan aqiqah sendiri disaat dewasa. Satu ketika al-Maimuni bertanya kepada Imam Ahmad, “Ada orang yang belum diaqiqahi, apakah ketika besar ia boleh mengaqiqahi dirinya sendiri? “ Imam Ahmad menjawab, “Menurutku, jika ia belum diaqiqahi ketika kecil, maka lebih baik melakukannya sendiri saat dewasa. Aku tidak menganggapnya makruh”.

Para pengikut Imam Syafi’i juga berpendapat demikian. Menurut mereka, anak-anak yang sudah dewasa yang belum diaqiqahi oleh orang tuanya, dianjurkan baginya untuk melakukan aqiqah sendiri.

Syarat Hewan Aqiqah
Hewan aqiqah yang akan disembelih tidak boleh sembarangan, tetapi harus memiliki syarat-syarat agar hewan tersebut bisa dipakai untuk aqiqah. Para ulama telah sepakat, bahwa hal-hal yang berhubungan dengan aqiqah sama dengan qurban, termasuk hewannya. Secara umum, syarat hewan yang boleh dipotong untuk aqiqah, sebagai berikut.
1. Domba atau kambing yang dipotong telah berumur satu tahun (masuk tahun kedua).
2. Hewan aqiqah sehat dari penyakit dan cacat . tidak sah aqiqah dengan hewan yang berpenyakit ataupun cacat.

Waktu Pekaksanaan Aqiqah
Mengenai waktu aqiqah, Rasulullah menjelaskannya dalam hadist dari samrah bin jundab ra, “Setiap anak yang baru lahir digadaikan dengan aqiqahnya. Pada hari ketujuh dipotong atasnya hewan aqiqah, dicukur rambut dan diberi nama.” (HR At-Turmudzi). Hadist lain dari siti ‘Aisyah ra, ia mengatakan, “Rasulullah melaksanakan aqiqah Sayyid Hasan dan Husain pada hari ketujuh.” (Al-hadist).

Kedua hadist di atas menunjukkan bahwa aqiqah dilaksanakan pada hari ketujuh setelah kelahiran. Keterangan tersebut bukanlah isyarat wajib melaksanakan aqiqah pada hari ketujuh tetapi hanya sebuah keutamaan sunnah. Artinya, afdhalnya aqiqah dilaksanakan pada hari ketujuh.

Adapun realitanya, setiap rezeki manusia tidaklah sama. Terkadang memiliki rezeki yang leluasa ataupun sebaliknya. Bagi orang tua yang memiliki keleluasaan rezeki, dianjurkan melaksanakan aqiqah pada hari ketujuh. Namun bagi yang belum memiliki rezeki pada hari tersebut, dibolehkan untuk melaksanakan pada saat mendapatkan rezeki untuk melaksanakan aqiqah.

Dalil yang mengisyaratkan aqiqah dapat dilaksanakan kapan saja adalah ucapan al-Maimuun kepada Abi ‘Abdillah, “Kapan dilaksanakan aqiqah seorang anak? Ia menjawab, “Siti ‘Aisyah mengatakan. “Hari ke-7, ke-14, atau ke-21.” Imam shahih bin Ahmad mengatakan, “Disembelih aqiqah pada hari ketujuh. Jika belum dilaksanakan, hari ke 14. Jika belum dilaksanakan, hari ke 21.”

Keterangan di atas dikumpulkan oleh Imam Malik ra, ia mengatakan, “hadist bahwa aqiqah dilaksanakan pada hari ke-7 adalah sebuah sunnah utama. Jika tidak dilaksanakan pada hari ketujuh, seperti hari keempat, kedelapan, kesepuluh, atau seterusnya, maka aqiqahnya tetap mendapatkan pahala.”

Nah itulah mungkin yang dapat kami sampaikan mengenai aqiqah, hukum aqiqah dan hikmah aqiqah. Semoga ulasan di atas tersebut dapat bermanfaat bagi anda dan bisa jadi pandangan anda untuk melaksanakan aqiqah. Amiiinnnn…
Selanjutnya pembahasan sesuai dengan topik utama yaitu aqiqah ponorogo. Yuk lanjut membacanya sahabat-sahabat aqiqah ponorogo…

Pasti kalian udah taukan.. di indonesia ini banyak sekali layanan aqiqah, jasa aqiqah, dan sejenisnya. Nah.. di Aqiqah Ponorogo ini menyediakan paket aqiqah ponorogo yang murah, praktis dan mudah yang berbeda dengan layanan atau jasa aqiqah lainnya. Kambing aqiqah yang berkualitas di ambil dari peternakan sendiri dan pastinya kambing yang terbaik memenuhi syar’i.

Alasan Aqiqah Lewat Aqiqah Ponorogo?
Aqiqah Ponorogo merupakan sebuah unit usaha yang digagas oleh badan wakaf peduli dhuafa. Badan wakaf peduli dhuafa merupakan sebuah lembaga visioner dan inspirator kemandirian, dimana karyawan yang tergabung dalam lembaga ini berkomitmen untuk mentasrufkan dana ZISWAF-nya 100% kepada orang-orang yang membutuhkan. Gaji karyawan akan diambilkan dari unit usaha yang demikiannya, diantaranya peternakan sapi,cetering aqiqah, pengelolaan hewan qurban.

Jenis aqiqah yang ada di Aqiqah Ponorogo sebagai berikut :
1. Aqiqah Mandiri
• Dikirim ke rumah Sohibul Aqiqah.
• Wilayah Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Kediri, malang, Tulungagung, Madiun, Bojonegoro dan Sekitarnya.
• Pilihan menu aqiqahan (pengganti sate) lapis, Krengseng, sate rebus, rendang, dendang ragi, rawon.

Aqiqah Mandiri Dengan Kambing Betina

mandiri
Aqiqah Mandiri dengan Kambing Jantan

mandiri1

2. Aqiqah Peduli (Tebar Aqiqah Berkah)
• Dikemas dalam benttuk walimatul aqiqah.
• Masakan di antar ke panti asuhan, masyarakat yang membutuhkan, pondok pesantren, desa binaan lengkap dengan nasi, kerupuk, buah dan air mineral.
• Shohibul aqiqah akan mendapatkan foto hewan aqiqah. Ucapan terima kasih dari wakil penerima aqiqah, laporan dan dokumentasi pelaksanaan aqiqah.

Aqiqah Peduli dengan Kambing Betina

peduli
Aqiqah Peduli dengan Kambing Jantan

peduli1

CARA MUDAH PEMESANAN Aqiqah Ponorogo, sebagai berikut:
1. Silahkan Anda telephone Kami, Kami akan memberikan penjelasan yang lebih detail.

WA : +6281335680602
BBM : D801E13D
TELPON/SMS : 085749622504

2. Atau juga bisa Informasikan kepada Kami lewat SMS atau email: Nama Anak, Tempat tanggal lahir, Nama Bapak & Ibu, Tanggal permintaan pelaksanaan aqiqah, Alamat pengiriman laporan Aqiqah Anda.
3. Transfer dana ke nomor rekening lembaga (a.n. Peduli Dhuafa).

Bank Syariah Mandiri

NO. Rek. 703-691-2191
an. Peduli Dhuafa
BRI
NO. Rek. 0056-01002879-53-1
an. Peduli Dhuafa

4. Konfirmasikan kepada Kami bila sudah transfer.
5. Sesuai tanggal yang disepakati, aqiqah akan Kami laksanakan.
6. H+ 3 laporan Kami kirim via pos ke alamat yang ditentukan.
7. Laporan sampai di shohibul aqiqah (perkiraan H+5 dan seterusnya, mohon konfirmasi apabila Laporan Aqiqah sudah diterima atau belum sampai di tempat Anda)

Tags: , , , , , , ,