Aqiqah Dalam Islam

Aqiqah secara etimologis / lughawi aqiqah adalah memotong (al-qat’u) atau nama untuk rambut pada kepala bayi yang dilahirkan. Menurut terminologi syariah / fiqih aqiqah adalah hewan yang disembelih sebagai wujud rasa syukur atas karunia Allah SWT atas lahirnya seorang bayi di dunia ini.

Pelaksanaan Aqiqah Mandiri

Pelaksanaan Aqiqah Mandiri

Kelahiran anak di dunia merupakan suatu anugerah terindah dan rizki yang datang dari Allah. Sebab anak merupakan jalan rizki bagi kedua orang tuanya kelak serta anak adalah dambaan setiap suami istri.

Ungkapan rasa syukur dengan hadirnya anak dalam kehidupan keluarga diwujudkan dalam bentuk aqiqah bagi umat muslim. Aqiqah dalam Islam merupakan sebuah sunnah yang harus dilaksanakan.

Pelaksanaan aqiqah adalah menyembelih hewan pada hari ketujuh dari hari kelahiran anak (baik anak laki-laki maupun anak perempuan). Hukum aqiqah merupakan sunnah bagi orang yang memiliki kewajiban menanggung nafkah anak.

Bagi anak laki-laki hendaklah disembelih dua ekor kambing. Sedangkan untuk anak perempuan hanya satu ekor kambing saja. Al-Ghazi dalam kitab Fathul Qorib al-Mujib mendefinisikan aqiqah sebagai berikut :

الذبيحة عن المولود يوم سابعه) أي يوم سابع ولادته بحسب يوم الولادة من السبع

“Kambing yang disembelih untuk bayi pada hari ketuju kelahiran”

Al-Hafizh Ibnul Qayyim menyebutkan beberapa hikmah di laksanakannya syari’at aqiqah, antara lain:

  1. Menghidupkan sunnah Nabi
  2. Taqarrub (pendekatan diri) kepada Allah dan syukur kepada-Nya
  3. Membebaskan anak bayi dari pergadaian
  4. Penyebab kebaikan anak, pertumbuhan, keselamatan, panjang umur, dan terhindar dari gangguan setan.

Sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Tirmidzi, “Anak yang baru lahir menjadi rungguhan sampai disembelihkan baginya aqiqah pada hari yang ketujuh dari hari lahirnya, dan di hari itu juga hendaklah dicukur rambut kepalanya dan diberi nama”.

Guna membantu memenuhi dan memudahkan pelaksanaan aqiqah, Aqiqah Berkah kini hadir untuk membantu pelaksanaan aqiqah maupun pemesanan hewan aqiqah. Bagi saudara yang berkenan untuk melaksanakan aqiqah di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jakarta, Yoggyakarta, jawa Timur, Bandung, Surabaya, Nganjuk dan sekitarnya, kami siap melayani saudara.

Anda dapat melakukan pemesanan segera dengan menghubungi :

SMS : 0857 4962 2504
Whatsapp : +6281 335 680 602
Pin BB : 7C0B38CE

Aqiqah Berkah melayani jasa aqiqah baik untuk dilaksanakan secara mandiri maupun disalurkan pada panti asuhan atau dhuafa. Bagi saudara yang berminat dapat segera menghubungi kami pada nomor diatas atau datang langsung di kantor pusat kami di Jl. Raya Barin Timur No. 1 Baron Nganjuk.

Aqiqah Peduli (Tebar Aqiqah Berkah)

Aqiqah Peduli (Tebar Aqiqah Berkah)

Aqiqah dan Penyalurannya :

Aqiqah dapat menjalin ukhuwah pada sesama warga masyarakat dimana setiap kambing yang telah disembelih lantas dibagikan masakannya, bisa dibagikan kepada seluruh masyarakat yang kurang berkecukupan atau tak punya (dhuafa). Dalam pengadaan aqiqah pun melibatkan masyarakat kecil para peternak yang siap menyediakan hewan aqiqah lalu hasil pengelolaan aqiqah dikembalikan kepada orang-orang dhuafa dalam bentuk sudah matang.

CARA MUDAH PEMESANAN Aqiqah / Qurban, sebagai berikut:

  1. Silahkan Anda telephone Kami, Kami akan memberikan penjelasan yang lebih detail.
  2. Atau juga bisa Informasikan kepada Kami lewat SMS atau e-mail : Nama Anak, Tempat tanggal lahir, Nama Bapak & Ibu, Tanggal permintaan pelaksanaan aqiqah, Alamat pengiriman laporan Aqiqah Anda.
  3. Transfer dana ke nomor rekening lembaga (a.n. Peduli Dhuafa).
  4. Konfirmasikan kepada kami bila sudah di transfer.
  5. Sesuai tanggal yang disepakati, aqiqah akan kami laksanakan.
  6. H+3 laporan kami kirim via pos ke alamat yang ditentukan.
  7. Laporan sampai di shohibul aqiqah (perkiraan H+5 dan seterusnya, mohon konfirmasi apabila Laporan aqiqah sudah diterima atau belum sampai tempat anda).

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,