Aqiqah Berkah Bojonegoro

Aqiqah Berkah Bojonegoro

Jika kita berwisata atau berkunjung di kota Bojonegoro, apa salahnya jika kita menikmati jajanan tradisional yang ada di Bojonegoro. Pastinya jajanan tradisional yang harganya murah dan sangat pas di kantong dompet kita semua.

jajan-2-bojonegoro
Berikut merupakan beberapa jajanan khas Bojonegoro yang harus kita coba:
1. Serabi
Salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal di Bojonegoro adalah serabi. Jajanan yang berbahan utama beras ini merupakan jajanan yang rasanya lezat, sehingga banyak orang yang suka. Di berbagai tempat terdapat warung-warung yang menjual serabi dengan harga yang terjangkau, sehingga para penikmat serabi tak perlu mengeluarkan uang banyak. Cukup dengan Rp1.500,00 kita sudah bisa menikmati gurihnya serabi.

2. Gethuk
Gethuk merupakan jajanan yang terbuat dari singkong. Di Bojonegoro jajanan gethuk terkenal dengan sebutan Gethuk Lindri. Gethuk di Bojonegoro banyak di jual di pasar tradisional. Untuk pertama kalinya diadakan Festival Gethuk di Bojonegoro. Dalam festival tersebut terdapat bayak penjual gethuk yang berjualan d alun-alun kota Bojonegoro. Festival tersebut bertujuan untuk mengenalkan jajanan tradisional yang ada di Bojonegoro.

3. Kripik Tempe
Tempe memang makanan tradisional Indonesia yang penolahannya beragam. Bisa dimakan sebagai lauk dengan dibacem, digoreng, atau ditumis. Tempe bisa juga dibuat cemilan dengan digoreng berlapis tepung sebagai mendoan atau digoreng kering bersama tepung menjadi keripik tempe yang kriuk-kriuk. Di Bojonegoro produksi keripik tempe berada di sekitar perbatasan Bojonegoro – Ngawi.

4. Wedang Tape
Salah satu yang cukup melegenda dari Bumi Angkling Dhama ini adalah wedang tapenya. Wedang tape disini berbeda dengan wedang tape Solo, sebab di Bojonegoro ini wedang tapenya dibuat dari tape ketan hitam yang disajikan dengan santan panas. Benar-benar mak nyuusss.

Salah satu warung wedang tape yakni di Jalan KH Mansyur Bojonegoro. Sudah ada sejak dekade 1950-an, penjual yang sekarang ini adalah generasi ketiga. Maka tak heran jika yang berkunjung selalu ramai, apalagi pada momen-momen seperti mudik lebaran. Mereka-mereka yang sudah jadi langganan tetap selalu menyempatkan mampir kesini.

5. Putu Bojonegoro
Memang sedikit lucu dari nama yang terdapat pada masakan tradisional asal bojonegoro. Putu sering di gunakan sebagai makanan adat istiadat. Beragam para penjual mensajikan cita rasa dengan kombinasi modern. Berbentuk sedikit panjang hasil dari cetakan bambu kecil berwarnah putih susu.

Terasa nikmat gurih dan manis yang berasal dari gula merah. Ada sedikit pula rasa asin yang dihasilkan. Resep dasar dan cara pembuatan jajanan putu : parutan kelapa dan ketan yang di adon dan dicetak dalam bambu berukuran kecil. Panjang jajanan putu sekitarkan 5-7 cm ada juga 9 cm.

Jajanan putu banyak dijual para pedagan keiling, biasanya para pedagan menaruh gerobak di atas sepeda motornya. Harga makanan ringan khas bojonegoro ini terjangkaku murah meriah berkisar dari Rp. 3000,00 sampai Rp. 5000,00 per bungkus. Perbungkus biasanya terdapat 3-7 biji putu.

6. Ledre
Ledre adalah makanan khas Bojonegoro. Berbentuk gapit (seperti emping gulung) dengan aroma khas pisang raja yang manis. Sangat tepat untuk teman minum teh atau dan sajian tamu atau untuk oleh-oleh.

Perbedaan ledre dengan gapit yaitu ledre lebih halus, lembut dan aroma pisangnya menyengat, sementara gapit agak kasar. selain dari pisang raja ledre juga bisa terbuat dari berbagai pisang misalnya pisang saba, pisang hijau, pisang susu,dll. tetapi yang khas di daerah Bojonegoro atau lebih optimalnya dalam membuat ledre yaitu menggunakan pisang raja.

Ledre adalah makanan kering yang terbuat dari campuran tepung terigu, gula, dan tepung beras, yang biasanya ditambah pisang raja untuk aroma. Semua bahan itu dibuat adonan tipis, kemudian digoreng.
Ketika mulai agak kering, campuran itu kemudian digulung cepat-cepat. Panjangnya sekitar 20 sentimeter dan renyah sekali.

Di beberapa tempat, kue ini sering disebut kue semprong. Sebutan ini diberikan, karena bentuknya yang mirip dengan tabung kaca yang terdapat di lampu teplok. Semprong digunakan untuk melindungi api dari angin.

Nah itulah ulasan mengenai Makanan khas bojonegoro. Selanjutnya ulasan berikut mengenai Akikah. Cekidot…

Akikah
Dalam kehidupan masyarakat, kita sering menyaksikan tradisi sepasaran bayi. Ada juga yang menyembelih hewan untuk akikah. Apakah akikah itu? Akikah dalam bahasa Arab berarti rambut yang tumbuh di kepala anak yang baru lahir (bayi). Menurut istilah Islam, akikah berarti menyembelih binatang ternak berkenaan dengan kelahiran anak, sebagai bukti rasa syukur kepada Allah swt., dengan syarat-syarat tertentu. Menurut sunah Rasulullah saw., anak yang lahir laki-laki disembelihkan dua ekor kambing. Apabila anak yang lahir perempuan, disembelihkan satu ekor kambing. Dari Aisyah, ia berkata, “Rasulullah telah menyuruh kita agar menyembelih akikah untuk seorang anak laki-laki dua ekor kambing dan untuk seorang anak perempuan, satu ekor kambing.” (HR. Ibnu Majah: 3154)

Hukum Akikah
Akikah menurut sebagian besar ulama hukumnya sunah bagi orang tua yang baru melahirkan anaknya. Dalam sebuah hadis, disebutkan : Dari Samurah r.a. bahwasanya Rasulullah saw. bersabda, “Tiap-tiap anak itu tergadai dengan akikahnya yang disembelih baginya pada hari ketujuh, dicukur rambutnya, dan diberi nama.” (H.R. at Tirmizi: 1442 ; Ibnu Majah: 3156). Jenis dan syarat binatang yang sah untuk akikah ldak berbeda dengan syarat sah binatang untuk kurban, yaitu binatang yang cukup umur dan tidak cacat. Jumlah binatang untuk akikah apabila akikah itu berupa kambing atau domba, agak berbeda dengan kurban yang cukup satu ekor. Dalam akikah, ditentukan untuk nak laki-laki sebanyak dua ekor, sedangkan untuk anak prempuan satu ekor.

Waktu Pelaksanaan Akikah
Akikah adalah penyembelihan binatang berkenaan dengan kelahiran anak yang disyariatkan dilaksanakan pada han ketujuh kelahiran anak, seperti dijelaskan dalam hadis berikut Dari Samurah r.a. bahwasanya Rasulullah saw. bersabda, “Tiap-tiap anak itu tergadai dengan akikahnya yang disembelih baginya pada hari ketujuh, dicukur rambutnya, dan diberi nama.” (H.R. at Tirmizi : 1442 dan Ibnu Majah: 3156). Apabila pada hari ketujuh itu terlewatkan, akikah dapat dilaksanãkan pada hari-hari lain selama anak belum balig. Rasulullab saw. Bersabda Akikah disembelih pada hari ketujuh, keempat belas, atau kedua puluh satu (dari lahirnya anak). (H.R. al-Baihaqi)

Mempraktikkan Akikah
Mempraktikkan penyembelihan hewan aqiqah sama dengan penyembelihan hewah kurban. Syarat-syarat hewan yang disembelih pun sama. Oleh sebab itu, lakukan sekali lagi praktik penyembelihan hewan, sebagaimana praktik kurban di atas. Agar masing-masing memperoleh gambaran yang jelas, praktik penyembelihan hewan kurban dan akikah dapat dilakukan secara bergantian. Akhirnya di bulan Djulhizah yang penuh barokah ini sebaiknya umat Islam berlomba-lomba untuk berkurban dan menunaikan akikah bagi yang memiliki bayi yang masih kecil agar kita dalam kehidupan di dunia ini semakin berkah dan selalu dalam bimbingan Allah SWT. Amin. Wallahua’lam bisawab.

Aqiqah Untuk Anak Perempuan
Bagi masyarakat Arab di zaman Nabi, akikah untuk anak perempuan merupakan hal yang sangat baru dan tentu saja meng undang kontroversi. Sebelumnya, jangan kan untuk dihormati, keberadaan bayi perempuan merupakan aib keluarga sehingga praktik pembu nuh an bayi perempuan menjadi lazim, seperti diisyaratkan dalam Alquran: “Dan apabila seseorang dari mereka diberi kabar dengan (kelahiran) anak perempuan, hitamlah (merah padamlah) mukanya dan dia sangat marah.” (QS al-Nahl [16]: 58).

Dalam buku sejarah klasik bangsa Arab jahiliah yang ditulis oleh Ibnu ‘Atsir berjudul Al-Kamil fi al- Tarikh disebutkan, pembunuhan bayi merupakan strategi mengontrol keseimbangan populasi penduduk dalam masyarakat tribal (kesukuan).

Pembunuhan bayi-bayi perempuan secara selektif dan proporsional menstabilkan penduduk dan mencegah kemerosotan standar hidup mereka. Tak terkecuali dalam masyarakat Arab, terutama pada masyarakat tribal yang hidup di pedalaman, dan daerah di padang pasir gersang jazirah Arab sering ditemukan pembunuhan bayi dengan motif ekonomi.

Anak perempuan menjadi alternatif utama untuk dikorbankan mengingat posisinya dalam masyarakat kabilah tidak dianggap makhluk produktif sebagaimana halnya laki-laki.

Menurut Reuben Levy dalam buku The Social Structure of Islam , pembunuhan anak perempuan ketika itu antara lain juga disebabkan karena mereka khawatir nantinya anak perempuan mendatangkan aib, misalnya dengan dikawini orang asing atau orang yang berkedudukan sosial rendah, misalnya budak. Di samping itu, khawatir jika anggota sukunya kalah dalam peperangan yang akan berakibat anggota keluarga perempuan akan menjadi harem-harem atau gundik para musuh. Ada prinsip di kalangan bangsa Arab yang dituangkan dalam sebuah syair sebagaimana dikutip Reuben Levy:
“Kuburan adalah mempelai laki-laki paling baik dan penguburan bayi perempuan adalah tuntutan kehormatan.”

“Namun, ketika Islam datang, kelahiran anak perempuan mulai mendapatkan perhatian,” kata Prof Dr Nasaruddin Umar MA dalam bukunya Fikih Wanita untuk Semua .

Bahkan, lanjut Nasaruddin, Rasulullah mendemonstrasikan suatu contoh di dalam masyarakatnya bahwa anak laki-laki atau anak perempuan sama saja. Kalau sebelumnya anak perempuan tidak pernah dirayakan akikahnya, Rasulullah merintis akikah untuk anak perempuan meskipun satu ekor kambing dan dua ekor kambing untuk anak laki-laki.

Sebelumnya, kelahiran anak laki-laki selalu disambut dengan berbagai acara dan upacara (akikah). Sebaliknya, anak perempuan tidak pernah mendapatkan perayaan khusus. Maka setelah Islam datang, status dan martabat perempuan terangkat.

Anak perempuan mendapatkan perlakuan yang sama dengan anak laki-laki, yaitu sama-sama dipestakan. “Jadi, akikah dalam Islam memberikan penghargaan kepada perempuan meskipun pelaksanaannya ke tika itu baru sebatas seekor kambing,” kata Rektor Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (PTIQ) ini.

Namun untuk konteks sekarang, kambing yang digunakan untuk akikah bisa saja lebih dari dua ekor, baik untuk bayi laki-laki maupun perempuan, sesuai dengan jumlah tamu undangan. “Tidak ada larangan untuk menyembelih kambing lebih dari yang ditetapkan, yakni seekor untuk anak perempuan dan dua ekor untuk anak laki-laki. Batasan itu hanya standar minimal,” tandas Nasaruddin yang belum lama ini dilantik sebagai wakil Menteri Agama.

Demikian itulah yang dapat kami sampaikan kepada anda mengenai Akikah. Semoga bermanfaat. Aminnnn…

Perjalanan Aqiqah Berkah Bojonegoro dimulai sejak tahun 2008 samapai sekarang. Dari itulah Aqiqah Berkah Bojonegoro mendapatkan guru yang terbaik untuk terus berkomitmen dan meningkatkan kualitas layanan bagi konsumen dan memberikan yang terbaik tanpa terkecuali. Maka dari itu, percayakanlah aqiqah putra-putri Anda pada Aqiqah Berkah.

Paket Aqiqah Berkah : Testimoni
Lidah tidak bisa “berkata tidak” jika rasa masakannya memang enak. Dan pelanggan tidak akan penah “tidak kembali” jika layanannya sangat memuaskan. Maka dari itu, Aqiqah Berkah Bojonegoro adalah jasa catering aqiqah yang sangat memperhatikan kepuasan konsumen.

Banyak dari pelanggan kami yang kembali karena puas dengan paket aqiqah kami. Anda bisa baca beberapa testimoni pelanggan kami di bawah ini :

Deddy Ruswandhy (Accounting PT. SUB) “Alhamdulillah, Dgn Santunan Aqiqahberkah, Pelaksanaan Aqiqah putra saya menjadi berkah dengan menu yang beragam. Terima kasih.”
Erwinarti (Direktur Laboratorium Klinik Ultra Medica, Kediri) “Satenya empuk, Gulenya Lezat, Krengsengan dan Kambing Gulingnya pun OK.”

Mengapa Anda memilih Kami?
www.aqiqahberkah.com merupakan layanan Aqiqah dan Qurban via online layanan siap saji persembahan dari Badan Wakaf Zakat Infaq dan Shodaqoh Peduli Dhuafa, yang biasanya cukup disebut Peduli Dhuafa. Berawal dari Nganjuk, alhamdulillah, saat ini sudah berkembang di berbagai kota diantaranya Jombang, Kediri, Tulung Agung (mencakup Blitar dan Trenggalek), Madiun (Mencakup Ponorogo dan Magetan) dan Ngawi. Keuntungan yang anda dapatkan, antara lain :
1. Kambing berkualitas tinggi dan telah memenuhi syarat untuk aqiqah
2. Kambing disembelih oleh ahlinya sesuai syariat Islam (wajib dan sunnah)
3. Kambing dapat dilihat dan dipilih langsung di kandang
4. Kami melayani Jasa Aqiqah untuk daerah Sekarisidenan Kediri
5. GRATIS biaya pemotongan
6. Kambing potong sehat, baik/sesuai syariah
7. Menu bervariatif: Sate, Gulai, Sop, Tongseng, Semur dll.
8. Pembayaran setelah barang sampai / transfer.
9. Siap menyalurkan kepada yang berhak: pondok pesantren, panti asuhan dan fakir miskin.

Ataas dasar itu, maka sangat layak Aqiqah Berkah Bojonegoro menjadi mitra anda (Bapak/Ibu) dalam mempersiapkan tasyakuran, aqiqah, kurban, dll. Karena :

  1. Sesuai dengan syariat islam.
  2. Manfaat : hasil aqiqah akan dipergunakan untuk pembangunan PP. Al-Ihsan dan SMP Bina Insan Mandiri.
  3. Memudahkan : anda dan keluarga besar tidak perlu repot, karena kamilah mitra yang akan membantu keperluan anda.
  4. Tepak waktu : masakan akan diantar tepat waktu sesuai keinginan pelanggan.
  5. Bersertifikat : setiap pemesanan aqiqah atau tasyakuran atau qurban, akan kita terbitkan sertifikat. Sertifikat dikeluarkan oleh Badan Wakaf Peduli Dhuafa.
  6. Bonus : setiap pemesanan 1 ekor akan mendapat bonus 50 buku risalah aqiqah atau sesuai kebutuhan pelanggan.
  7. Bisa membantu mengantar makanan ke yayasan yatim piatu, ponpes dan desa terpencil sesuai permintaan.

Paket Aqiqah Berkah Bojonegoro Antara Lain :
1. Aqiqah Mandiri
? Dikirim ke rumah sohibul Aqiqah
? Wilayah Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Kediri, Tulungagung, Madiun dan Sekitarnya.
? Pilihan menu (Pengganti Sate) Lapis, Krengseng, Sate rebus, Rendang, Dendeng Ragi, Rawon

2. Aqiqah Peduli (Tebar Aqiqah Berkah)
? Dikemas dalam bentuk walimatul aqiqah.
? Masakan di antar ke panti asuhan, masyarakat yang membutuhkan, pondok pesantren, desa binaan lengkap dengan nasi, kerupuk, buah dan air mineral
? Shohibul aqiqah akan mendapatakn foto hewan aqiqah, ucapan terima kasih dari wakil penerima aqiqah, laporan dan dokumentasi pelaksaan aqiqah.

paket akikah berkah

CARA MUDAH PEMESANAN Aqiqah Berkah Bojonegoro, sebagai berikut:
1. Silahkan Anda telephone Kami, Kami akan memberikan penjelasan yang lebih detail.
WA : +6281335680602
BBM : D801E13D
TELPON/SMS : 085749622504
2. Atau juga bisa Informasikan kepada Kami lewat SMS atau email: Nama Anak, Tempat tanggal lahir, Nama Bapak & Ibu, Tanggal permintaan pelaksanaan aqiqah, Alamat pengiriman laporan Aqiqah Anda.
3. Transfer dana ke nomor rekening lembaga (a.n. Peduli Dhuafa).
Bank Syariah Mandiri Nganjuk
NO. Rek. 703-691-2191
an. Peduli Dhuafa
BRI Nganjuk
NO. Rek. 0056-01002879-53-1
an. Peduli Dhuafa
4. Konfirmasikan kepada Kami bila sudah transfer.
5. Sesuai tanggal yang disepakati, aqiqah akan Kami laksanakan.
6. H+ 3 laporan Kami kirim via pos ke alamat yang ditentukan.
7. Laporan sampai di shohibul aqiqah (perkiraan H+5 dan seterusnya, mohon konfirmasi apabila Laporan Aqiqah sudah diterima atau belum sampai di tempat Anda)

Tags: , , , , , ,