Apakah Sudah Melaksanakan Akikah Bayi ?

APAKAH SUDAH MELAKSANAKAN AKIKAH BAYI ?

Assalamu’alaikum Sahabat Aqiqah Berkah 🙂 Semoga kita senantiasa dalam lindungan-Nya. Aamiin Ya Robbal ‘Aalamin 🙂

Sebelum menelisik lebih dalam mengenai apakah sudah melaksanakan akikah bayi, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu pengertian aqiqah. Ketika kita hendak mengetahui perintah megenai aqiqah, kita perlu mengetahui terlebih dahulu makna dilaksanakannya aqiqah.

Kenapa banyak bermunculan jasa aqiqah di berbagai daerah ? Sahabat Aqiqah Berkah yang dirahmati Allah, adanya jasa aqiqah adalah untuk membantu kelancaran dan memberikan kemudahan dalam pelaksanaan acara aqiqah. Jasa aqiqah akan membantu bagi keluarga yang memiliki waktu minim untuk persiapan aqiqah.

Seperti misalnya orang di daerah Jakarta, Depok, Bandung dan kota besar lainnya. Banyak diantara saudara muslim kita yang memiliki niat kuat untuk melaksanakan aqiqah anak mereka. Namun karena tuntunan kerja dan lain hal yang menyebabkan minimnya waktu untuk mempersiapkan hal itu semua sehingga muncullah jasa aqiqah di Depok, jasa aqiqah di Jakarta dan wilayah lainnya.

Berbagai jasa layanan aqiqah tersebut menyediakan harga paket aqiqah yang bervariasi, dari yang termurah menurut anda hingga termahal menurut banyak orang. Apakah sudah melaksanakan akikah bayi ? Seperti yang tersedia di berbagai daerah, harga paket aqiqah Surabaya, harga paket aqiqah Jakarta dan kota besar lainnya.

Sungguh, seharusnya kita mensyukuri adanya bayi yang lahir ditengah-tengah keluarga, karena suami istri akan sangat bahagia ketika diberi rizki keturunan dari-Nya. Imam Ibnul Qayyim dalam kitabnya ‘Tuhfatul Maudud’ mengatakan bahwa : Imam Jauhari berkata : Aqiqah ialah “menyembelih hewan pada hari ketujuhnya dan mencukur rambutnya.”

Menurut mayoritas ahli fiqih, aqiqah dihukumi sunnah muakad bagi penanggung nafkah bayi. Beberapa orang menyebutkan bahwa aqiqah adalah nama untuk hewan yang disembelih. Namun, secara syar’i aqiqah adalah hewan yang disembelih untuk menebus bayi yang telah lahir. Apakah sudah melaksanakan akikah bayi ?

Aqiqah menurut sunnah Nabi dilaksanakan pada hari ketujuh sejak kelahiran bayi. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dikatakan :

تذبح لسبع ، و لاربع عشر ، و لاحد و عشرين

“Disembelih pada hari ketujuh, dan pada hari ke-empatbelas, dan pada hari kedua puluh satu.”

Waktu penyembelihan hewan untuk qiqah jika memungkinkan dilangsungkan pada hari ke tujuh. Jika tidak, maka pada hari ke-14. Dan apabila masih tidak memungkinkan, maka pada hari ke-21 dari hari kelahirannya. Jika masih tidak memungkinkan lagi maka dapat dilaksanakan kapan saja hingga orangtua mampu untuk mengaqiqahi anak.

Apakah sudah melaksanakan akikah bayi ? Berikut ini dapat menjadi panduan bagi yang akan melaksanakan aqiqah. Rangkaian dalam pelaksanaan aqiqah adalah memberi nama, mencukur rambutnya, bersedekah seberat timbangan rambutnya. Adapun beberapa manfaat bagi orang lain maupun bagi shohibul aiqiqah, diantaranya :

  1. Memberikan kabar atau berita baik tentang kelahiran anak kepada sanak saudara, tetangga sekaligus memberikan informasi tentang nasab anak agar tidak terjadi prasangka buruk oleh para tetangga.
  2. Mencerminkan sikap murah hati dan dermawan.
  3. Mengikuti jejak Nabi Ibrahim ketika mau menyembelih anaknya yaitu Ismail namun diganti dengan domba.
  4. Merupakan bentuk atau wujud pengorbanan kepada Allah Swt seperti yang dilakukan Nabi Ibrahim.
  5. Melepaskan status anak yang tergadai hal ini karena anak yang baru lahir kalau belum di aqiqahi statusnya adalah tergadai. Maka kalau tergadai berarti harus ditebus terlebih dahulu agar bisa mendapatkan manfaatnya.

Sahabat Aqiqah Berkah yang dirahmati Allah, hikmah mendasar apabila kita menjalankan sunnah aqiqah adalah wujud dari rasa syukur dan rasa gembira demi tegaknya agama Islam dan lahirnya keturunan yang dikemudian hari akan memperbanyak umat Nabi Muhammad SAW. Menjadi terhubungnya tali silaturahim antar anggota masyarakat dalam menyambut kedatangan anak yang baru lahir.

Tags: , , , , , , , ,