Tata cara Acara Aqiqah yang benar

Acara Aqiqah

Assalamu’alaikum sahabat Aqiqah Berkah, Alhamdulillah hari ini kita semua masih diberi kesehatan dan panjang umur oleh Allah SWT. 
nahhh pada artike kali ini saya akan membahas tentang cara mengadakan acara Aqiqah untuk buah hati ayah bunda, pasti semuanya ada yang belum tau bagaimana cara mengadakan acara Aqiqah untuk anak ? apakah acaranya sama dengan acara tasyakuran biasa? 
oke, mari kita bahas bersama-sama dan simak penjelasan dibawah agar ayah bunda mengerti dan bisa mengadakan acara Aqiqah sendiri untuk buah hati tercintanya.

 

  • Mengadakan Aqiqah dengan Mudah

    Hukum Aqiqah
    Kata akikah (‘aqiqah) berarti memutus atau memotong. Secara istilah, akikah berarti menyembelih kambing pada hari ketujuh dari kelahiran seorang bayi sebagai ungkapan syukur atas rahmat Allah berupa kelahirannya.

    Mayoritas ulama, seperti Imam Syafi’i, Imam Ahmad, dan Imam Malik, berdasarkan dalil di atas, sepakat dengan kesunnahan aqiqah. Akan tetapi, Imam Hasan Al-Bashri dan Imam Laits berpendapat bahwa hukum akikah adalah wajib.

    Jumlah kambing aqiqah untuk laki-laki adalah dua ekor, sedangkan untuk aqiqah anak perempuan satu ekor. Tetapi, Imam Malik berpendapat bahwa akikah anak laki-laki sama dengan akikah anak perempuan, yaitu satu ekor kambing.

    Beliau berpegang pada sebuag Hadist bahwa Rasulullah SAW melakukan akikah untuk dua cucunya, Hasan dan Husain, masing-masing dengan seekor kambing.
  • Waktu Pelaksanaan Akikah
    Rasulullah SAW bersabda tentang waktu pelaksanaan aqiqah, “seorang anak tertahan hingga ia diakikahi, (yaitu) disembelihkan (kambing) pada hari ketujuh dari kelahirannya dan diberi nama pada waktu itu juga.”

    Hadist ini menerangkan kesunnahan aqiqah jika disembelih pada hari ketujuh. Aisyah ra dan Imam Ahmad berpendapat bahwa aqiqah bisa disembelih pada hari ketujuh, keempat belas, atau keduapuluh satu.

    Imam Malik berpendapat bahwa aqiqah pada hari ketujuh hukumnya sunnah, sedangkan jika dilaksanakan pada hari keempat, kedelapan, kesepuluh, atau sesudahnya maka hal itu juga diperbolehkan.

    Jadi, jika ayah bunda mampu mengadakan aqiqah pada hari ketujuh maka hendaknya aqiqah dilaksanakan pada hari tersebut. Tetapi, jika ayah bunda belum bisa atau belum mapu, boleh untuk mengadakan aqiqah kapan saja sampai ayah dan bunda sudah bisa atau mampu.
  • Cara Menyelenggarakan Aqiqah
    Acara Aqiqah sebaiknya diselenggarakan dengan cara yang paling mudah, tetapi tetap memenuhi ketentuan yang disyariatkan Islam, yaitu :
  1. Kualitas kambing aqiqah atau domba seperti yang disyariatkan dalam qurban, yaitu sehat, tidak cacat, dan memasuki usia yang cukup untuk disembelih.
  2. Memotong hewan dengan cara yang sesuai dengan syariat. Doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW saat menyembelih adalah, “Bismillaah, Allaahummaa taqaabbal mim Muhammadin wa aali Muhammadin wa min ummati Muhammadin.” Artinya, “Dengan nama Allah, ya Allah, terimalah (kurban) dari Muhammad dan keluarganya serta dari umatnya.” (HR. Ahmad, Muslim, dan Abu Dawud)
  3. Saat aqiqah, diutamakan penyembelih kambing atau dombanya adalah ayah si bayi. Tetapi, jika ia tidak mampu melakukannya, boleh diwakilkan kepada orang lain yang dipercaya dan saleh.
  4. Tidak disyariatkan melakukan ritual atau upacara khusus sebelum penyembelihan. Misalnya, bayi harus menyentuh hewan aqiqah, hewan harus dirias dan diberi wewangian atau yang lainnya.
  5. Siapkan alat dan tenaga yang memadai untuk memasak daging hewan akikah. Daging aqiqah dibagi-bagikan dalam keadaan matang (sudah dimasak dan siap dimakan).
    Ia dimasak tanpa mematahkan tulangnya. Lalu, dimakan (oleh keluarganya) dan disedekahkan pada hari ketujuh.” (HR. Al-Baihaqi)
  6. Selenggarakan walimah aqiqah dengan mengundang tetangga dan kerabat. Dalam acara ini, para tamu dipersilahkan menikmati perjamuan daging aqiqah dan diperkenalkan dengan nama bayi.
  7. Dalam walimah ini, keluarga dianjurkan mengundang seorang ulama untuk memberikan tausyiah, mengundang beberapa orang untuk bersholawat, atau bersama-sama melantunkan zikir.
  8. Sisakan sebagian masakan daging aqiqah untuk tetangga atau fakir miskin yang tidak hadir dalam penjamuan atau walimah tersebut. Antarkan jatah ini ke rumah mereka sambil mengabarkan kelahiran dan nama bayi yang diaqiqahi.

Nah mungkin itulah yang dapat kami sampaikan mengenai acara aqiqah. Semoga bermanfaat bagi ayah bunda semuanya. Amiiiinnnnn

Untuk Informasi dan Pemesanan bisa Menghubungi :

WA : +6281335680602
TELPON/SMS : 085749622504

_-_Aqiqah Berkah Siap Membantu Pelaksanaan Aqiqah Anda_-_

Aqiqah Berkah (Mudah, Murah, dan Amanah)
Telp: 0857-4962-2504
HP/WA: 081335680602

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *