Harga Domba Tanduk

HARGA DOMBA TANDUK

Domba merupakan ruminansia dengan rambut tebal dan dikenal oleh banyak orang karena dipelihara untuk dimanfaatkan rambut (disebut wol), daging, dan susunya. Yang paling dikenal orang adalah domba peliharaan (Ovis aries).

Domba termasuk dalam kategori sub family Caprinae dan family Bovidae. Genus Ovis mencakup semua jenis domba, sedangkan domba domestikasi termasuk ke dalam spesies Ovis aries. Terdapat kurang lebih tujuh jenis domba liar yang berbeda terbagi ke dalam 40 macam varietas yang berbeda. Banyak pula terdapat ras domba yang dibagi berdasarkan manfaatnya yakni domba penghasil wol, domba pedaging, dan domba penghasil wol sekaligus pedaging.

JENIS-JENIS DOMBA

Jenis Domba di Indonesia

Domba yang asli atau berasal dari Indonesia disebut juga sebagai domba kampung atau lokal. Berikut ini karakteristik domba asli dari Indonesia :

  • Berbadan kecil, lambat dewasa
  • Warna bulu dan tanda-tanda lain tidak seragam
  • Hasil karkas rendah

Sedangkan untuk jenis domba asli Indonesia :

Domba Ekor Gemuk

Domba ekor gemuk banyak dijumpai di wilayah Jawa Timur, Madura, Lombok dan Sulawesi. Pada awalnya domba ini dibawa oleh pedagang Arab di abad ke-19. Adapun ciri-ciri dari domba ekor gemuk adalah :

  1. Bentuk badan besar, bobot domba jantan mencapai 50 kg dan domba betina 40 kg.
  2. Domba jantan memiliki tanduk, namun domba betina tidak memiliki tanduk.
  3. Ekor panjang, adapun pada bagian pangkalnya besar dan menimbun lemak yang banyak, ujung ekornya kecil tak berlemak

Informasi harga jenis domba ekor gemuk adalah :

  1. Bakalan jantan, usia 7-9 bulan, berkisar di harga Rp.1.100.000,-
  2. Bakalan betina, usia 7-9 bulan, berkisar di harga Rp.850.000,-

Domba Priangan

Domba priangan dapat disebut pula dengan domba garut. Domba priangan diperkirakan adalah hasil persilangan segitiga antara domba asli merino dan ekor gemuk dari Afrika Selatan. Adapun karakteristik dari domba priangan atau domba garut ini adalah sebagai berikut :

  1. Berbadan besar dan lebar serta leher yang kuat sehingga dapat digunakan pula sebagai domba aduan.
  2. Berat badan domba jantan mencapai hingga berat 60 kg dan domba betina mencapai berat hingga 35 kg
  3. Domba jantan bertanduk besar dan melengkung ke belakang. berbentuk spiral. Bagian pangkal tanduk kanan dan kiri hampir bersatu. Domba betina berbeda, dombabetina tidak bertanduk.
  4. Berbulu lebih panjang daripada domba asli. Memiliki warna bulu beragam, ada yang putih hitam dan cokelat atau campuran.

Perkiraan harga domba priangan atau domba garut saat ini adalah :

  1. Bakalan Jantan Penggemukan, usia 4-6 bulan, bobot 14-18 kg, harga Rp.1.650.000,-
  2. Bakalan Betina, usia 4 – 6 bulan, bobot 12-15 kg, harga Rp.1.150.000,-

Pada Jasa layanana Aqiqah Berkah tersedia Paket Qurban Murah 1437 H, berikut pilihannya :

Paket Qurban Peduli Syar’i

Pada paket qurban peduli syar’i, Aqiqah Berkah menyediakan pemesanan hewan qurban sekaligus jasa pemotongan hewan qurban secara syar’i. Untuk penyaluran daging qurban, Anda dapat memesan tempat yang dikehendaki atau yang diamanahkan seperti panti asuhan, pondok pesantren, dll sebagai tempat pembagian daging qurban. Kami menerima jasa pemesanan paket qurban dari kota Anda (seluruh Indonesia).

Paket Qurban Mandiri Syar’i

Pada paket ini kami menyediakan jasa pemesanan hewan qurban syar’i dan untuk penyembelihannya dilakukan mandiri oleh orang yang akan berqurban. Selanjutnya kami siap mengantar hewan qurban yang telah Anda pesan.

Informasi dan pemesanan hewan qurban baik kambing maupun sapi, silahkan hubungi nomor layanan Aqiqah Berkah berikut ini :

SMS : 0857 4962 2504

Whatsapp : +6281 335 680 602

Pin BB : D801E13D

Tags: , , , , , , , , , , ,