Rukun Menyembelih dalam Qurban

Assalamu’alaykum Wr.Wb.
Sahabat AB yang dirahmati Allah, apa kabarnya hari ini ? Semoga senantiasa dalam keadaan iman dan islam, Amiin ya Rabb 🙂 Sahabat AB,, bagaimana dengan persiapan qurban 2018 ? semoga dalam keadaan yang semakin baik pula yaa,, Amin Ya Rabb 🙂 Yaah,, dalam kesempatan kali ini mimin ingin berbagi tentang artikel yang membahas rukun menyembelih hewan qurban. Berikut ulasan ringkasnya. Selamat membaca.

1. Penyembelih hendaklah orang Islam atau ahli Kitab (yang berpegang dengan Kitab Allah selain dari Al-Qur’an) dan melakukannya dengan sengaja. Hal ini sebagaimana dengan Firman Allah SWT yang berbunyi :
Makanan (sembelihan) orang-orang yang diberi Al-Kitab itu halal bagimu, dan makanan kamu halal pula bagi mereka(QS.Al-Maidah: 5).

2. Yang disembelih adalah binatang yang halal. Cara menyembelih :
a. Binatang yang dapat disembelih di lehernya hendaklah disembelih dilehernya, dipotong urat tempat lewatnya makan dan urat tempat keluar napasnya, kedua urat itu wajib putus.
b. Binatang yang tidak dapat disembelih di lehernya karena liar atau jatuh ke dalam lubang sehingga tidak dapat disembelih di lehernya. Menyembelihnya dapat dilakukan di mana saja dari badannya, asal dia bisa mati karena luka itu. Sebagaimna sabda Rosulullah SAW yang artinya :
Dari Rafi’, Ia berkata: Kami pernah beserta Rosulullah dalam perjalanan. Kami bertemu dengan seekor unta kepunyaan suatu kaum yang lari, sedangkan mereka tidak tidak membawa kuda untuk mengejarnya. Maka dilemparlah (unta itu) oleh seorang laki-laki dengan anak panahnya, lalu unta itu mati. Rosulullah bersabda, “Sesungguhnya binatang ini ada bertabiat seperti tabiat binatang liar, pada binatang-binatang yang seperti ini perbuatlah oleh kamu demikian(Riwayat Jamaah ahli hadits).
Selain hadits diatas juga didapat pada hadits Rosulullah SAW yang juga menjelaskan tentang hal tersebut, yakni :
Dari Abu Usyara, “Saya elah bertanya kepada Rasulullah, Adakah tidak sah menyembelih kecuali di kerongkongan dan di pangkal leher ?” Jawab beliau, “Kalau engaku bacok di pahanya, sesungguhnya cukuplah (memadailah) bagimu(Riwayat lima orang ahli hadits).

aqiqah berkah dan qurban 2018

3. Alat (perkakas) menyembelih, yaitu semua barang tajam, melakukan, besi, bambu, atau lain-lainnya kecuali gigi dan kuku, begitu juga segala macam tulang. Hal ini sebagaimana yang dijelaskan oleh Rosulullah SAW dalam sabdanya yang artinya :
Dari Rafi’ bin Khadij, “Alat apapun yang dapat mengalirkan darah dan yang disembelih dengan menyebut nama Allah, makanlah olehmu, kecuali karena gigi dan kuku(Riwayat Bukhari dan Muslim).
Menurut sebagian ulama’ dilarangnya menyembelih dengan gigi dan kuku itu karena keduanya bukan barang yang tajam, berarti keduanya tidak dapat ditajamkan. Jadi, binatang yang disembelih dengan keduanya berarti sama dengan binatang yang mati tercekik, yang dilarang dalam ayat di atas.

Demikianlah sahabat AB, sedikit ringkasan ulasan mengenai rukun menyembelih dalam qurban, semoga dapat menambah wawasan kita dan bermanfaat. Selanjutnya bagi sahabat AB dan saudara muslim lainnya, yang saat ini sedang membutuhkan jasa pemesanan hewan qurban, Aqiqah Berkah telah menyediakan hewan qurban 2018. Adapun hewan yang tersedia adalah :
1) Sapi Jawa
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
2) Sapi Bali
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
3) Kambing Gibas
– Berat : Mulai dari 24-29 kg
– Umur : -+ 1 tahun
– Harga : Mulai dari Rp.1.850.000,-
(Untuk jenis lebih lengkap dan terupdate bisa menghubungi kontak kami)

Sapi dan Kambing qurban di atas dapat Anda pesan melalui beberapa Paket Qurban 2018 Aqiqah Berkah yakni sebagai berikut :
1. Paket Qurban Peduli Syar’i
Pada paket qurban peduli syar’i, kami menyediakan pemesanan hewan qurban sekaligus jasa pemotongan hewan qurban secara syar’i. Untuk penyaluran daging qurban, Anda dapat memesan tempat yang dikehendaki atau yang diamanahkan seperti panti asuhan, pondok pesantren, dll sebagai tempat pembagian daging qurban. Kami menerima jasa pemesanan paket qurban dari kota Anda (Jawa dan Luar Jawa).
2. Paket Qurban Mandiri Syar’i
Pada paket ini kami menyediakan jasa pemesanan hewan qurban syar’i dan untuk penyembelihannya dilakukan mandiri oleh orang yang akan berqurban. Selanjutnya kami siap mengantar hewan qurban yang telah Anda pesan.

Silahkan bagi sahabat AB yang ingin memesan penawaran paket qurban 2018 dari kami. Karena kami Aqiqah Berkah siap menjadi mitra anda yang beramanah untuk membantu kelancaran ibadah qurban anda. Pesan paket qurban yang anda kehendaki mulai dari sekarang, untuk mendapatkan harga yang ekonomis. Berikut kontak kami yang dapat anda hubungi.

SMS : 0857 4962 2504
Whatsapp : +6281 335 680 602
Pin BB : D801E13D

~ aqiqahberkah.com : Kami Hadir Untuk Melayani~

Tags: , , , , ,