Undangan Aqiqah

Aqiqah sebagai suatu penebusan diri terhadap Allah SWT. Penebusan diri tersebut dilakukan melalui bersedekah yang disebut dengan aqiqah. Apa manfaat dari aqiqah ? Terdapat banyak sekali manfaat anda melakukan aqiqah untuk buah hati atau diri anda sendiri (bagi yang belum di aqiqahi). Sementara mengenai pelaksanaan aqiqah ketika sudah dewasa, Imam Ahmad dan Imam Ibnu Qudamah berpendapat bahwa ketika sudah dewasa dan waktu kecil termasuk tidak mampu melaksanakan aqiqah, maka gugur aqiqah untuk dirinya.

Aqiqah bukan suatu kewajiban, melainkan sunnah menurut mayoritas para ahli fiqih. Bagi yang mampu menyembelihkan 2 ekor kambing untuk anak laki-laki maka harus dilakukan, namun apabila tidak mampu maka boleh menyembelih cukup satu ekor kambing saja. Intinya bahwa yang mengqiqahi anak laki-laki dengan dua ekor kambing lebih layak diterima.

Dalam melaksanakan aqiqah, penting kiranya anda untuk mengundang tetangga dan kerabat. Hal ini sebagai bentuk pemberian kabar gembira dan wujud berbagi kebahagiaan antar sesama keluarga. Undangan aqiqah biasanya berupa surat yang didalamnya berisi nama bayi yang di aqiqahi, tempat dan waktu. Ada juga yang mengundang aqiqah dengan lisan. Cara ini dialakukan dengan mendatangi dari pintu ke pintu rumah tetangga dan saudara.

Untuk memudahkan anda dalam beribadah, kami Aqiqah Berkah Nganjuk memberikan beberapa fasilitas untuk Anda sebagai Shohibul Aqiqah :

  • Sertifikat bukti pelaksanaan Aqiqah
  • Panduan praktis ibadah Aqiqah
  • Selebaran ucapan syukur dalam kardus
  • Dokumentasi proses Aqiqah
  • Menu tambahan tongseng kepala dan kaki
  • Pengantaran gratis untuk area kota Nganjuk

Bagi anda yang menginginkan souvenir seperti mug maupun buku doa aqiqah, kami dapat melayani dalam jumlah tertentu sesuai jumlah tamu undangan. Bagi anda yang ingin melakukan aqiqah anak, anda dapat segera memesan paket aqiqah ataupun kambing aqiqah.

Selain itu, Aqiqah Berkah juga melayani pemesanan hewan qurban, baik hewan kambing maupun sapi. Harga paket aqiqah dapat anda pilih sesuai keinginan anda dengan harga yang relatif murah sehingga sangat membantu anda untuk dapat melaksanakan aqiqah.

Pemesanan jasa layanan aqiqah dapat menghubungi :

SMS : 0857 4962 2504
Whatsapp : +6281 335 680 602
Pin BB : 7C0B38CE

Bagi anda yang akan memperoleh rizki berupa kelahiran anak, segera pesan jasa layanan aqiqah. Kami akan membantu anda dalam melaksanakan aqiqah. Waktu aqiqah yang disarankan adalah tujuh hari dari hari kelahiran anak, apabila tidak memungkinkan melaksanakan aqiqah di hari ke tujuh maka anda dapat melaksanakannya di hari ke empat belas atau ke dua puluh satu.

Pelaksanaan Aqiqah hendaknya dilakukan pada hari ketujuh. Dalam pelaksanaan itu, orang tua diperintahkan menggunduli rambut bayi dan memberi nama yang baik, sebagaimana disabdakan Rasulullah saw:

كُلُّ غُلاَمٍ رَهِيْـنَـةٌ بِـعَـقِـيْقَتِهِ تُذْبَحُ عَـنْـهُ يَـوْمَ سَابِـعِـهِ وَيُـسَـمَّى فِيْـهِ وَيُـحْلَـقُ رَأْسُـهُ

“Setiap anak yang lahir tergadai aqiqahnya yang disembelih pada hari ketujuh, dan pada hari itu ia diberi nama dan digunduli rambutnya.” (Hadits Sahih Riwayat Ahmad, Abu Daud, Tirmidzi, Nasa’I, Ibnu Majah, Baihaqi dan Hakim).

Waktu penyembelihan kambing atau hewan untuk aqiqah jika memungkinkan dilangsungkan pada hari ke tujuh. Jika tidak, maka pada hari ke empat belas. Dan apabila masih tidak memungkinkan, maka pada hari ke dua puluh satu dari hari kelahirannya. Jika masih tidak memungkinkan lagi maka pada kapan saja. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dikatakan:

تذبح لسبع ، و لاربع عشر ، و لاحد و عشرين
“Disembelih pada hari ketujuh, dan pada hari ke-empat belas, dan pada hari kedua puluh satu.”

Aqiqah memiliki tujuan untuk mendidik anak menjadi hamba yang dekat dengan Allah SWT. Sebab, aqiqah merupakan tindakan yang berqurban. Namun secara khusus, tujuan dan manfaat aqiqah adalah bentuk syukur atas rahmat dan anugerah Allah kepada muslim dengan kehadiran anak dalam kehidupan keluarga. Tujuan dan manfaat aqiqah akan tercapai bila upacara atau pelaksanaan aqiqah dilaksanakan dengan tulus ikhlas dan mengikuti adab aqiqah yang telah ditetapkan.

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,