Tujuan Akikah

Apa yang menjadi tujuan adanya aqiqah ? Kenapa harus melakukan aqiqah ?

Banyak diantara kita yang masih ragu akan mensyukuri kelahiran sang anak yang diwujudkan dalam bentuk aqiqah. Padahal jika kita mengetahui lebih dalam lagi, terdapat banyak manfaat dan hikmah dilaksanakannya aqiqah. Selain itu, terdapat tujuan akikah ketika Rasul memberikan teladan adanya aqiqah.

1Hikmah aqiqah salah satunya adalah mengandung makna yang bersifat intrinsik sebagai sarana pendekatan (taqarrub) kepada Allah SWT. Sementara di sisi lainnya akikah mengandung makna instrumental sebagai usaha pendidikan pribadi dan masyarakat ke arah komitmen atau pun pengikatan batin pada amal shaleh.

Jadi makna ibadah aqiqah salah satunya adalah ibadah seorang hamba yang beriman dan hal tersebut akan memupuk serta menumbuhkan kesadaran akan tugas-tugas pribadi (hubungan hamba kepada Allah) dan tugas serta peran sosial (hubungan hamba dengan hamba lainnya). Untuk itu tujuan akikah tidak hanya terbatas pada “pesta makan” semata. Akan tetapi esensi dari ibadah aqiqah justru lebih luas daripada sekedar pengertian pesta makan.

Menurut Syekh Abdullah Nasihih Ulwan dalam kitab “Tarbiyatul Aulad Fil Islam”, aqiqah memiliki hikmah diantaranya :

  1. Menghidupkan sunnah Nabi Muhammad SAW dalam meneladani Nabi Ibrahim AS saat menebus putra tercintanya Ismail AS.
  2. Dalam aqiqah mengandung unsur perlindungan dari setan yang dapat mengganggu anak yang telah lahir itu dan ini sesuai dengan maksud hadits yang artinya “Setiap anak itu tergadai dengan aqiqahnya”.
  3. Aqiqah merupakan tebusan bagi anak untuk memberikan syafaat bagi kedua orang tuanya kelak pada hari akhir. Seperti yang diutarakan Imam Ahmad, “Dia tergadai dari memberikan syafaat bagi kedua orangtuanya (dengan aqiqahnya).”
  4. Aqiqah merupakan bentuk pendekatan diri kepada Allah SWT sekaligus sebagai wujud rasa syukur atas karunia yang dianugerahkan Allah SWT kepada kita dengan lahirnya anak.
  5. Aqiqah merupakan sarana menampakkan rasa gembira dalam melaksanakan syariat Islam dan bertambahnya keturunan mukmin yang akan memperbanyak umat Rasulullah SAW pada hari kiamat.
  6. Aqiqah dapat memperkuat ukhuwah atau persaudaraan di antara warga masyarakat.
  7. Aqiqah merupakan sarana untuk merealisasikan prinsip keadilan sosial dan menghapuskan gejela kemiskinan di dalam masyarakat. Misalnya dengan adanya masakan aqiqah yang diberikan kepada fakir miskin dan dhuafa.

ahlan_wa_sahlan_wandtattoo_1Sedangkan menurut Al-Hafizh Ibul Qayyim hikmah aqiqah antara lain :

  1. Menghidupkan sunnah Nabi
  2. Taqarrub (pendekatan diri) kepada Allah dan syukur kepada-Nya
  3. Membebaskan anak bayi dari pergadaian
  4. Penyebab kebaikan anak, pertumbuhannya, keselamatannya, panjang umurnya, dan terhindar dari gangguan setan.

Tujuan akikah pada dasarnya adalah mendidik anak menjadi hamba yang dekat dengan Allah SWT. Sebab, aqiqah merupakan tindakan yang berqurban. Namun secara khusus, tujuan dan manfaat aqiqah adalah bentuk syukur atas rahmat dan anugerah Allah kepada muslim dengan kehadiran anak dalam kehidupan keluarga. Tujuan dan manfaat aqiqah akan tercapai bila upacara atau pelaksanaan aqiqah dilaksanakan dengan tulus ikhlas dan mengikuti adab aqiqah yang telah ditetapkan.

Aqiqah Berkah

Imam Nawawi ra berkata dalam kitabnya, al-Majmu’, “Hewan yang layak atau sah disembelih sebagai hewan aqiqah adalah domba yang dewasa dan kambing dewasa yang sudah memiliki gigi seri (gigi depan).”

Menjadi catatan penting adalah hewan yang kita sembelih untuk aqiqah. Rasul dalam sabdanya menyembelih kambing atau domba untuk aqiqah. Umur dari kambing aqiqah adalah satu tahun atau lebih dari itu. Jenis kambing yang disembelih bisa kambing etawa atau kambing lokal.

Untuk info dan pemesanan paket aqiqah maupun hewan aqiqah hubungi :

Pin BB : 7C0B38CE
SMS : 085749622504
Whatsapp : +6281335680602

Tags: , , , , , , , , , , , ,