Tips Memilih Sapi Qurban yang Baik

Umat Muslim yang akan melakukan Qurban, kebanyakan memiliki pertanyaan tentang cara atau tips memilih sapi qurban yang baik. Maka, untuk menyambut hari raya Qurban 2016 yang akan datang , kita perlu menyiapkan segala kebutuhannya sejak dini. Sehingga sapi qurban yang kita beli nanti adalah sapi qurban terbaik. Mengingat Qurban ialah ibadah yang dipersembahkan untuk Allah SWT. Sehingga dengan adanya problema itu “Jasa Aqiqah Berkah” akan mencoba untuk mengulas tentang tips memilih sapi qurban yang baik. Berikut ulasannya :

  1. Memilih sapi jantan atau betina yang memiliki kecukupan umur

Hal tersebut sesuai dengan hadits nabi Muhammad SAW yaitu, “Janganlah kamu menyembelih binatang ternak untuk berqurban kecuali musinnah (telah powel atau giginya telah tanggal atau ganti), jika engkau menemui kesulitan maka boleh jadzah (berumur 1 tahun lebih) dari domba” (HR. Muslim). Adapun para ulama memberikan penjelasan bahwa untuk arti dari musinnah yaitu jika pada hewan ternak unta telah berumur 5 tahun, sapi telah berumur 2 tahun, kambing telah berumur 1 tahun, dan domba berkisar antara umur 6 bulan hingga 1 tahun. Kemudian jika anda memiliki keraguan saat membeli, maka anda bisa untuk meminta penjual ternak agar dapat menunjukkan posisi gigi seri dari hewan ternak yang anda minati.

  1. Memilih sapi yang dalam kondisi sehat dan tidak memiliki aib (cacat fisik)

Hal ini sesuai dengan hadits nabi Muhammad SAW yaitu, “Empat macam binatang yang tidak sah dijadikan qurban: 1. Cacat matanya, 2. Sakit, 3. Pincang, 4. Kurus yang tidak berlemak lagi” (HR. Bukhari dan Muslim). Adapun mengenai luka yang disebabkan penanda telinga (ear tag), luka tanda bakar dan ternak yang dikebiri, sebagian literatur memberikan penjelasan tidak termasuk aib (cacat fisik) yang dimaksudkan dalam hadist, namun alangkah baiknya jika bisa menghindari.

  1. Memilih ternak yang gemuk khususnya di bagian dada, pantat, dan leher

Adapun posisi perut harus ralativ ramping dan tidak kendor ke bawah. Anda perlu memperhatikan juga bahwa ternak dengan postur perut besar dapat diindikasikan ternak tersebut di gelonggong (adapun bahan yang digunakan oknum untuk menggelonggong sapi yaitu menggunakan singkong, jagung manis, air dan bahkan pasir). Waspadai hal ini karena ini dapat merugikan anda.

  1. Memilih ternak yang memiliki bulu yang mengkilat dan mulus

Hewan ternak yang terlihat mengkilat dan mulus dapat dijadikan satu indikasi praktis yang dapat menginformasikan bahwa kondisi ternak tersebut dalam kondisi sehat (tidak bermasalah) dan tidak cacingan.

  1. Perhatikan posisi kaki

Sapi yang kondisinya sehat memiliki tungkai yang tegak, kaki belakang sapi tidak bengkong. Selain posisi kaki, kondisi kuku juga patut diperhatikan. Kuku kaki sapi harus terlihat sehat, tidak terlalu panjang kukunya dan tidak bengkak. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kaki depan sapi. Pada sapi yang sehat, kaki depan sapi dalam kondisi yang tegak dan relatif lurus. Apabila membentuk huruf X, maka ada indikasi sapi tersebut dalam kondisi sakit.

  1. Perhatikan perilaku sapi

Kondisi sapi yang sehat memiliki sorot mata yang tajam dan reaktif, tidak diam seperti sedang sakit. Jangan memilih ternak yang mengidap penyakit ingus (flu) yang warnanya kekuningan, juga penyakit bersin-bersin dan batuk. Hal ini dikarenakan sapi dapat terindikasi terjangkit penyakit paru dan pernafasan.

Itulah ulasan mengenai tips-tips untuk memilih sapi qurban yang baik. Selanjuntya, untuk mempersiapkan sapi qurban pada hari raya idul adha 2016 anda sudah memesan atau membeli sapi qurban ? “Aqiqah Berkah” sebagai jasa layanan penyedia sapi qurban yang telah berpengalaman dan siap melayani anda dengan setulus hati dalam penyediaan sapi qurban di tahun 2016 ini. Silahkan menghubungi kontak kami di bawah ini.

SMS : 0857 4962 2504

Whatsapp : +6281 335 680 602

Pin BB : 7C0B38CE

Tags: , , , , , ,