Tips Cara Memasak Daging

Saat musim hari raya qurban tiba, yang mendapat pembagian daging sampai berlebihan hingga bingung mau diapakan dagingnya. Berikut ini tips untuk saudara muslim semua cara memasak daging, kita akan mencoba membuat rendang daging (kambing, sapi maupun kerbau) empuk.

Tidak hanya saat musim qurban saja, saat penyelenggaraan aqiqah untuk anaknya terkadang ada yang masih kebingungan bagaimana memasak makanan biar enak, empuk dan lezat. Daging kambing sembelihan aqiqah harus dimasak terlebih dahulu sebelum akhirnya dibagikan kepada tetangga maupun fakir miskin. Berbeda dengan daging qurban yang dibagikan secara mentah.

Penting untuk diketahui bahwa rendang sapi termasuk salah satu menu yang paling banyak dicari orang baik di restoran ataupun dirumah makan padang. Menu ini banyak dicari dan digemari karena harganya yang terjangkau dan mempunyai daya tarik tersendiri. Apabila kita piawai dalam pengolahannya, maka kita tidak perlu membeli dirumah makan dan membuat kita hemat serta semangat makan. Resepnya membuat daging sapi yang empuk adalah seperti ini :

Dipipihkan
Pipihkan daging sapi, kambing atau kerbau sebelum dimasak, ini adalah trik yang paling sederhana. Tak seperti merebus yang membutuhkan waktu yang sangat lama. Hanya saja, trik ini hanya dapat diterapkan pada beberapa menu masakan saja, seperti rendang, daging bumbu kuning atau sejenisnya.

Intinya adalah masakan yang memakai potongan daging tidak terlalu tebal. Caranya sangat mudah, sebelum dimasak, pukul daging dengan alat pemukul daging yang bergerigi tumpuh hingga menjadi agak pipih. Setelah itu, tinggal dimasak dengan bumbu sesuai selera.

Balur dengan nanas yang sudah dihaluskan
Dengan memakai nanas yang sudah dihaluskan (bisa diparut atau diblender), kita bisa memasak jenis daging apa saja dan setebal apa saja, dijamin akan menjadi empuk. Yang paling penting, memasaknya tidak memakan waktu yang lama. Syaratnya, kita harus memakai nanas yang masih muda, bukan nanas yang sudah matang atau selai nanas.

Apabila kita memilih dibalur dengan nanas yang masih muda memiliki banyak kandungan enzim bromelin yang ampuk menguraikan serat daging sapi, kambing atau kerbau. Dengan begitu, daging yang kita masak akan cepat menjadi empuk. Caranya adalah setelah dicuci bersih, balur seluruh permukaan daging dengan nanas muda yang telah dihaluskan. Diamkan antara 20 menit hingga 30 menit. Setelah itu, dicuci bersih supaya rasa nanasnya hilang, baru dimasak. Sekadar saran, sembari menunggu tekstur daging berproses menjadi empuk, kalian bisa menyiapkan aneka bumbu yang dibutuhkan untuk memasak. Itu yang dimaksud dengan manajemen waktu yang baik dalam memasak 🙂

Balut dengan daun pepaya
Ini adalah cara yang sering dipakai oleh para orangtua saat memasak daging supaya empuk. Yaitu, membalut daging dengan daun pepaya. Agar bisa mendapatkan beberapa banyak manfaat dalam sekali kerja, alangkah lebih baik bila sebelum dibalut dengan daun tersebut, daging diberi bumbu terlebih dahulu. Bumbu yang dipakai boleh disesuaikan dengan kebutuhan. Hal itu dilakukan supaya bumbu meresap ke daging. Sebab, setelah dibungkus daun pepaya, daging harus dibiarkan terlebih dahulu lebih dari 45 menit. Sembari menunggu, kalian bisa menyiapkan bahan-bahan yang lain.

Saudara ku yang dimuliakan Allah, setelah mengetahui trik diatas, ini merupakan cara membuat rendang daging :

  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun kunyit, daun jeruk, serai dan pekak hingga harum.
  2. Masukkan daging, aduk hingga berubah warna.
  3. Tuang santan dan tambahkan kelapa parut sangrai, masak di atas api sedang sambil diaduk perlahan hingga mendidih.
  4. Kecilkan api, masak hingga daging matang, berminyak dan kecoklatan.
  5. Angkan dan sajikan.

Demikia sedikit tips berbagi memasak daging rendang, semoga bermanfaat 🙂

Tags: , , , , , , , , , ,