Tips Agar Bayi Mau Minum ASI

TIPS AGAR BAYI MAU MINUM ASI

Tidak semua bayi mau meminum ASI dikarenakan payudara membuat sang bayi tersiksa, ini yang disebut dengan penolakan payudara.

Apa saja tanda-tanda sang bayi menolak untuk meminum ASI ? Tanda-tanda sang bayi menolak payudara atau meminum ASI antara lain melengkungkan punggunya, menjerit, dan mendorong saat didekatkan dengan jalan keluarnya ASI.

Hal semacam ini terjadi dapat disebabkan karena :

  • Refleks aliran susu yang lambat membuat bayi frustasi.
  • Refleks aliran susu yang terlalu kuat sehingga terlalu berlebihan bagi sang bayi.
  • Karena bayi tidak bisa bernafas dengan baik saat menyusu.
  • Ada ingatan yang tidak menyenangkan ketika menyusu.Kemungkinan pernah ada orang yang mendorong kepalanya ke payudara hingga dia kesulitan bernafas dengan baik.

 

Apabila masalah diatas dibiarkan berkepanjangan, sebaiknya segera lakukan pemerasan ASI dan meminumkannya pada bayi. Tidak jarang juga terjadi pada sang bayi yang menolak disusui dengan payudara sebelah.

Hal tersebut dikarenakan refleks aliran susu yang berbeda selain itu juga bayi merasa sakit pada salah satu sisi leher atau telinganya.

Lantas bagaimana dengan bayi yang malas menyusu atau cenderung tidak mau meminum ASI ? Sebelumnya ketahuilah terlebih dahulu beberapa penyebab bayi tidak mau menyusu.

  • Bayi mengantuk.
    Bayi premature biasanya tidak bisa menghisap dengan baik dan juga mudah lelah.
  • Bayi kuning.
    Penyakit kuning dapat menyebabkan bayi mengantuk dan malas menyusu. Ibu perlu mencoba terus setiap 2 jam.
  • Efek samping obat.
    Bila sang ibu menggunakan suntikan penghilang sakit ketika melahirkan, askibatnya mungkin sang bayi menjadi mengantuk dan kurang responsive selama beberapa hari.
  • Hipoglikemia.
    Suatu keadaan saat kadar glukosa dalam darah bayi rendah dapat disebabkan karena terlalu sedikit menyusu.

 

Nah, berikut ini enam tips agar sang bayi mau menyusu ASI :

  1. Buat bayi benar-benar terjaga sebelum mulai menyusui, ajak bermain dan berbicara.
  2. Cobalah membuat dia tetap terjaga saat menyusu. Cara seperti ini dilakukan dapat dengan mengajak bicara, mengelus pipinya, juga dengan memainkan tangan dan kakinya.
  3. Jika dia tertidur dan putting terlepas dari mulutnya, dudukkan dia sambil menepuk punggungnya, bangunkan dan ulangi menyusui.
  4. Pompa kolostrum dengan tangan dan gunakan sendok atau pipet. Ini akan memenuhi kebutuhan bayi, dan menstimulasi payudara.
  5. Coba menyusui sambil menimang-nimang. Cobalah menyusui sang bayi sambil menimang, berjalan-jalan atau sambil duduk di kursi goyang. Karena gerakan lembut dapat mengurangi emosinya untuk menolak.
  6. Cobalah ganti posisi menggendong. Cara menggendong bayi dapat menyebabkan sang bayi menolak untuk minum ASI, aturlah posisi bayi senyaman mungkin agar dia mau menyusu.

 

Diatas tadi merupakan beberapa penyebab dan tips agar bayi mau menyusu ASI. Semoga bayi bunda selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin.

This image has an empty alt attribute; its file name is Desain-128-17-1009x1024.jpg

Dan untuk Ayah Bunda yang dikaruniai buah hati, hendaknya melakukan Aqiqah ketika sang anak lahir di hari ketujuh. Apabila luput dihari ketujuh, maka dapat dilaksanakan di hari ke empat belas atau ke du puluh satu.

 

Percayakan pelaksanaan aqiqah pda Jasa Aqiqah Berkah untuk meminimalisir waktu, tenaga dan budget Anda.

Aqiqah Berkah berkantor pusat di Jl. Raya Baron Timur No. 1 Baron Nganjuk.

Aqiqah Berkah telah membuka cabang di berbagai wilayah di Jawa Timur seperti Aqiqah Berkah Jombang, Aqiqah Berkah Kediri, Aqiqah Berkah Madiun dan Aqiqah Berkah Tulungagung.

Wilayah yang terlayani baik aqiqah mandiri adalah Nganjuk, Jombang, Mojokerto, Sidoarjo, Madiun, Ponorogo, Kediri, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, dan sekitarnya. 

Sedangkan wilayah yang terlayani Aqiqah Peduli adalah seluruh Indonesia.

Aqiqah Mudah, Aqiqah Murah dan Aqiqah Berkah !!

Telp: 0857-4962-2504

HP/WA: 081335680602

Aqiqah Berkah (Murah, Mudah, dan Amanah)
Telp: 0857-4962-2504
HP/WA: 081335680602



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *