Ternak Sapi dan Qurban 2016

Ternak Sapi memang menjadi salah satu usaha yang membutuhkan ketelitian dan kesabaran khusus dalam menjalankannya. Usaha ternak sapi memeng tidak mudah, dikarenakan ada banyak sekali hal-hal yang perlu diperhatikan baik dalam kesehatan ternak, kandang ternak ataupun limbah terhadap lingkungan sekitar. Seperti salah satunya adalah kotoran sapi dimana hal ini sangat perlu diperhatikan agar tidak mengganggu aktifitas lain terutama aktifitas para penduduk di sekitar kandang. Kemudian bagi anda para pengusaha sapi agar selalu dibekali dengan pengetahuan lengkap seputar sapi dan bagaimana mengurusnya dengan baik. Karena seperti yang kita ketahui bahwa mengurus sapi memerlukan tenaga ekstra dibandingkan ternak lainnya seperti ternak ayam, kambing, cacing dan lain lainnya. Oleh karena itu mari kita bahas lebih lanjut terkait usaha ternak sapi yang baik dan benar agar usaha ternak sapi kita berjalan dengan lancar.

1. Jenis Sapi
a. Sapi Bali – Cirinya berwarna merah dengan warna putih pada kaki dari lutut ke bawah dan pada pantat, punggungnya bergaris warna hitam (garis belut). Keunggulan sapi ini dapat beradaptasi dengan baik pada lingkungan yang baru.
b. Sapi Ongole – Cirinya berwarna putih dengan warna hitam di beberapa bagian tubuh, bergelambir dan berpunuk, dan daya adaptasinya baik. Jenis ini telah disilangkan dengan sapi Madura, keturunannya disebut Peranakan Ongole (PO) cirinya sama dengan sapi Ongole tetapi kemampuan produksinya lebih rendah.
c. Sapi Brahman – Cirinya berwarna coklat hingga coklat tua, dengan warna putih pada bagian kepala. Daya pertumbuhannya cepat, sehingga menjadi primadona sapi potong di Indonesia.
d. Sapi Madura – Mempunyai ciri berpunuk, berwarna kuning hingga merah bata, terkadang terdapat warna putih pada moncong, ekor dan kaki bawah. Jenis sapi ini mempunyai daya pertambahan berat badan rendah.
e. Sapi Limousin – Mempunyai ciri berwarna hitam bervariasi dengan warna merah bata dan putih, terdapat warna putih pada moncong kepalanya, tubuh berukuran besar dan mempunyai tingkat produksi yang baik.

2. Bakalan Sapi
Pada pemilihan bakalan di bidang usaha ternak sapi menjadi salah satu faktor yang penting. Hal ini dikarenakan pada proses penggemukan sangat ditentukan oleh bakalan sapi yang dipilih. Proses pemilihan bakalan memerlukan ketelitian, kejelian dan pengalaman.  Adapun karakteristik bakalan yang baik yaitu :
a.    Berumur di atas 2,5 tahun
b.    Jenis kelamin jantan
c.    Bentuk tubuh panjang, bulat dan lebar, panjang minimal 170  cm tinggi pundak
d.    Minimal 135 cm, lingkar dada 133 cm
e.   Tubuh kurus, tulang menonjol, tetapi tetap sehat (kurus karena kurang pakan, bukan karena sakit)
f.     Pandangan mata bersinar cerah dan bulu halus
g.    Kotoran normal

3. Kandang Sapi
Pada usaha ternak sapi, kandang yang digunakan biasanya memiliki 2 jenis, yaitu kandang individu dan kandang kelompok. Pada jenis kandang jenis individu, setiap sapi memiliki tempatnya sendiri yang berukuran 2,5 X 1,5 m. Dengan tipe kandang individu ini pertumbuhan sapi dapat terpicu dengan cepat karena tidak terjadi kompetisi dalam mendapatkan pakan dan memiliki ruang gerak yang terbatas. Hal ini menyebabkan energi yang diperoleh dari pakan setiap harinya itu digunakan untuk hidup pokok dan daging dapat cepat terbentuk karena sapi juga jarang bergerak. Sedangkan pada kandang kelompok, bakalan dalam suatu periode penggemukan akan ditempatkan dalam satu kandang. Kelemahan pada jenis kandang kelompok adalah terjadinya kompetisi dalam mendapatkan pakan. Sehingga sapi yang lebih kuat cenderung dapat cepat tumbuh daripada yang lemah, dan yang lemah menjadi kurang nutrisi dan sapi yang lemah akan cenderung kurus dan lama untuk tumbuh.

4. Penyakit Sapi
a. Penyakit Anthrax
b. Penyakit Scabies
c. Penyakit Cacingan
d. Penyakit Ingusan
e. Penyakit Ngorok
f. Penyakit Demam
g. Penyakit Sapi Mubeng
h. Penyakit Sapi Kembung

aqiqah berkah

Demikian informasi yang dapat disajikan, semoga dapat bermanfaat. Selanjutnya dalam menyambut idul adha 2016, bagi anda yang membutuhkan hewan qurban, kami aqiqah berkah siap menjadi rekan anda dalam menyediakan hewan qurban. Adapun hewan yang kami sediakan adalah hewan qurban yang syar’i. Adapun kontak yang dapat dihubungi adalah sebagai berikut.

SMS : 0857 4962 2504
Whatsapp : +6281 335 680 602
Pin BB : 7C0B38CE

Tags: , , , , , , , , ,