Syarat Sah Sapi Qurban

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Selamat pagi sahabat AB yang dirahmati Allah,, Bagaimana kabar nya ? Semoga senantiasa dalam limpahan rahmat dan taufik-Nya, Amiin ya Rabb 🙂 Baik sahabat, dalam kesempatan ini mimin ingin berbagai ulasan ringkas mengenai syarat sah sapi qurban. Syarat sah pada hewan qurban sangat perlu diperhatikan, karena hal tersebut akan berpengaruh pada kesempurnaan ibadah qurban kita. Berikut sajian selengkapnya.

A. Jenis Hewan Sapi
Sapi merupakan jenis hewan ternak yang banyak dikembangkan oleh masyarakat Indonesia. Sapi merupakan hewan mamalia. Sapi termasuk hewan pemakan tumbuhan (herbifora). Sapi tergolong menjadi 2 tipe yaitu sapi potong atau pedaging dan sapi perah atau penghasil susu. Adapun sapi lokal di Indonesia yang biasa ditemukan adalah sapi jawa, sapi bali, sapi ongole, sapi peranakan ongole dan sapi madura. Sedangkan sapi import yang banyak ditemukan di Indonesia adalah sapi brahman, sapi simmental, dan sapi limousin.

B. Syarat Sah Sapi Qurban
1. Sapi digunakan secara kolektif maksimal 7 orang (boleh kurang), hal ini sebagaimana riwayat Jabir, bahwa ia mengatakan, “Kami menyembelih qurban bersama Nabi di Hudaibiyah, seekor unta untuk tujuh orang, begitu juga sapi(HR. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi)
2. Sehat dan gemuk
3. Tidak cacat, sebagaimana yang dijelaskan oleh Rosulullah dalam sabdanya, yaitu, “Empat macam binatang yang tidak sah dijadikan qurban: 1. Cacat matanya, 2. Sakit, 3. Pincang, 4. Kurus yang tidak berlemak lagi” (HR. Bukhari dan Muslim).
4. Kurban lebih utama hewan Jantan, sebagaimana dalam hadits Aisyah yang diriwayatkan Muslim (1967) dan Abu Daud (2792)
Hewan kurban yang afdhal (lebih utama) berupa domba jantan (gemuk) bertanduk yang berwarna putih bercampur hitam di sekitar kedua matanya dan di kaki-kakinya, karena demikian sifat hewan kurban yang disukai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam
5. Bila kurban wajib karena nazdar maka semua bagian harus dibagikan ke fakir miskin

C. Harga Sapi Qurban 2016
Untuk menyambut qurban 2016 yang jatuh pada tanggal 12 september 2016 esok, Aqiqah Berkah saat ini telah menyediakan pemesanan hewan qurban (sapi qurban, kambing qurban, domba qurban) yang dapat saudara pesan mulai dari sekarang. Adapun jenis dan harga hewan qurban 2016 yang ready stock yaitu :
1) Sapi Jawa
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
2) Sapi Bali
– Berat : Mulai dari 300 kg
– Harga : Mulai dari Rp.16.000.000,-
3) Kambing Gibas
– Berat : Mulai dari 24-29 kg
– Umur : -+ 1 tahun
– Harga : Mulai dari Rp.1.850.000,-
(Untuk jenis lebih lengkap dan terupdate bisa menghubungi kontak kami)

Harga Sapi dan Kambing qurban di atas dapat Anda pesan pada Aqiqah Berkah, melalui beberapa Paket Qurban 2016 yang kami sediakan yakni sebagai berikut :
1. Paket Qurban Peduli Syar’i
Pada paket qurban peduli syar’i, kami menyediakan pemesanan hewan qurban sekaligus jasa pemotongan hewan qurban secara syar’i. Untuk penyaluran daging qurban, Anda dapat memesan tempat yang dikehendaki atau yang diamanahkan seperti panti asuhan, pondok pesantren, dll sebagai tempat pembagian daging qurban. Kami menerima jasa pemesanan paket qurban dari kota Anda (Jawa dan Luar Jawa).
2. Paket Qurban Mandiri Syar’i
Pada paket ini kami menyediakan jasa pemesanan hewan qurban syar’i dan untuk penyembelihannya dilakukan mandiri oleh orang yang akan berqurban. Adapun kota yang kami sediakan untuk layanan paket qurban mandiri adalah
(a) Jombang
(b) Mojokerto
(c) Nganjuk
(d) Kediri
(e) Tulungagung
(f)  Ngawi
(g) Magetan
(h) Ponorogo
(i)  Madiun

aqiqah berkah dan qurban 2016

Silahkan bagi sahabat muslim yang ingin memesan hewan kurban dalam penawaran paket qurban 2016 dari kami. Karena kami Aqiqah Berkah siap menjadi mitra anda yang beramanah untuk membantu kelancaran ibadah qurban anda. Pesan paket qurban yang anda kehendaki mulai dari sekarang, untuk mendapatkan harga yang ekonomis. Berikut kontak kami yang dapat anda hubungi.

SMS : 0857 4962 2504
Whatsapp : +6281 335 680 602
Pin BB : 7C0B38CE

~ aqiqahberkah.com : Kami Hadir Untuk Melayani~

Tags: , , , , , ,