Syarat Kambing Kurban Betina

Syarat kambing kurban betina

senyum-kambing

Hai para sahabat yang berbahagiadan juga dirahmati Allah SWT. Nah kami akan mengulas mengenai syarat kambing kurban betina. Yukkk di simak….

Syarat Binatang untuk Kurban

Jenis binatang yang sah untuk kurban adalah jenis binatang ternak yang dipelihara/diternakkan untuk dimakan dagingnya. Binatang temak tersebut meliputi empat macam, yaitu kambing/ domba, sapi, kerbau, dan unta. Binatang ternak yang dipergunakan untuk melaksanakan syariat kurban itu harus memenuhi dua syarat, yaitu cukup umur dan tidak cacat. Ketentuan Umur Binatang Kurban. Binatang kurban itu dapat dikatakãn cukup umur apabila telah mencapai umur yang ditentukan syara. (1) Domba sekurang-kurangnya berumur satu tahun atau telah berganti gigi (musinnah). Rasulullah saw. berdabda dalam sebuah hadis sebagai berikut. Dari Jabir berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Janganlah engkau menyembelih (berkurban) kecuali telah berganti gigi. Kecuali apabila engkau sulit mendapatkannya maka sembelihlah yang telah berumur satu tahun dari (jenis) domba. (H.R. Muslim: 3631). (2) Kambing biasa sekurang-kurangnya berumur dua tahun. (3) Sapi atau kerbau sekurang-kurangnya berumur dua tahun. (4) Unta sekurang-kurangnya berumur lima tahun.

Kriteria Hewan Qurban

Tidak semua hewan bisa dijadikan sembelihan qurban. Sebab, ini adalah ibadah yang sudah memiliki petunjuk bakunya dalam syariat yang tidak boleh diubah, baik dikurang atau di tambah. Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah berkata tentang hal ini:
“Ulama telah ijma’ (sepakat) bahwa hewan qurban itu hanya dapat di ambil dari hewan ternak (An Na’am). Mereka juga sepakat bahwa yang lebih utama adalah unta (Ibil), lalu sapi atau kerbau (Baqar), lalu kambing (Ghanam), demikianlah urutannya. Alasannya adalah karena Unta lebih banyak manfaatnya (karena lebih banyak dagingnya) bagi fakir miskin, dan demikian juga sapi lebih banyak manfaatnya dibanding kambing”.

Dari ungkapan tersebut dapat disimpulkan bahwa hewan qurban yang paling utama adalah unta kemudian sapi untuk jatah qurban satu orang, bukan untuk patungan, kemudian domba (kibasy), lalu kambing lokal, abru kemudian satu unta untuk patungan tujuh orang (sepertujuh unta), lalu sepertujuh sapi.

Hewan-hewan tersebut dianggap memadai untuk berqurban jika dengan domba harus yang berumur menimal setengah tahun, kambing jawa yang berumur satu tahun, sapi yang berumur dua tahun, dan unta yang berumur lima tahun, abik itu jantan atau betina. Berkaitan dengan itu, Rasulullah saw dalam sebuah hadist yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim menyebutkan, “Dari Uqbah bin Amir ra, aku berkata, wahai Rasulullah saw, aku mempunyai jadza’, Rasulullah saw menjawab, berqurban dengannya” (Ishomuddin, 2014). Sementara itu, dalam hadist Muttafaq’alaih dikemukakan, “Dari Jabir bahwa Rasulullah saw bersabda, Janganlah kalian menyembelih (qurban) kecuali musinnah. Kecuali apabila itu menyulitkan bagi kalian maka kalian boleh menyembelih domba jadza’ah” (Baits, 2008).

Dari semua jenis hewan qurban, ditinjau dari kondisinya terdapat beberapa hal yang menjadikan hewan-hewan tersebut dimakruhkan atau tidak sah untuk dijadikan hewan qurban. Dalam hal ini, Rasulullah saw bersabda, “Ada empat penyakit pada binatang kurban yang dengannya kurban itu tidak mencukupi. Yaitu yang buta dengan kebutaan yang nampak sekali, dan yang sakit dan penyakitnya terlihat sekali, yang pincang sekali, dan yang kurus sekali”. (HR. Tirmidzi dalam Ishomuddin, 2008).

itulah yang dapat kami sampaikan mengenai syarat hewan kurban betina. Jika anda membutuhkan kambing qurban, kami Aqiqah Berkah siap menjadi mitra aqiqah anda dalam pelaksanaan qurban dan aqiqah.

Informasi dan Pemesanan :

WA : +6281335680602
BBM : 7C0B38CE
TELPON/SMS : 085749622504

-_-Aqiqah Berkah Siap membantu Anda dalam Qurban atau Aqiqah Anda-_-

Tags: , , , ,